Biaya Travelling ke Yogyakarta: Panduan Lengkap untuk Liburan Hemat di Kota Wisata Ini

  • Indra Kurniawan
  • Nov 10, 2023
Biaya Travelling ke Yogyakarta: Panduan Lengkap untuk Liburan Hemat di Kota Wisata Ini

Transportasi ke Yogyakarta

Yogyakarta, kota yang terletak di pulau Jawa, merupakan destinasi wisata populer di Indonesia. Bagi para wisatawan, salah satu pertimbangan penting sebelum melakukan perjalanan ke Yogyakarta adalah biaya transportasi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai biaya perjalanan ke Yogyakarta berdasarkan moda transportasi yang dipilih.

Pesawat

Transportasi udara adalah opsi yang sering dipilih oleh para wisatawan yang ingin cepat dan nyaman sampai ke Yogyakarta. Bandara Internasional Adisutjipto merupakan bandara utama di Yogyakarta yang melayani penerbangan domestik maupun internasional. Biaya tiket pesawat menuju Yogyakarta bervariasi tergantung pada waktu keberangkatan, maskapai penerbangan, dan ketersediaan promo. Secara rata-rata, harga tiket pesawat domestik menuju Yogyakarta berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000 per orang untuk penerbangan sekali jalan, tergantung dari kota asal dan maskapai yang dipilih. Jika Anda ingin lebih hemat, sebaiknya memantau promo tiket pesawat atau memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Kereta Api

Kereta api juga menjadi pilihan transportasi yang populer untuk menuju ke Yogyakarta. Stasiun Tugu Yogyakarta merupakan stasiun utama yang melayani perjalanan kereta api ke berbagai kota di pulau Jawa. Harga tiket kereta api menuju Yogyakarta sangat bervariasi, tergantung pada kelas kereta yang dipilih seperti ekonomi, bisnis, atau eksekutif. Secara rata-rata, harga tiket kereta api dari Jakarta ke Yogyakarta dibanderol mulai dari Rp200.000 hingga Rp400.000 per orang untuk kereta api ekonomi, sedangkan untuk kereta kelas bisnis atau eksekutif dapat lebih mahal. Biasanya, tiket kereta api sudah termasuk dalam kelompok biaya yang lebih murah dibandingkan dengan tiket pesawat. Namun, harga tiket dapat berubah-ubah seiring waktu dan ketersediaan tempat duduk. Oleh karena itu, pastikan untuk memesan tiket kereta api jauh hari sebelum keberangkatan agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Bus

Bagi Anda yang ingin mencari alternatif lain untuk transportasi ke Yogyakarta yang lebih murah, bus bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak perusahaan bus yang melayani rute ke Yogyakarta dari berbagai kota di Jawa. Harga tiket bus menuju Yogyakarta tergantung pada jarak tempuh dan kelas bus yang dipilih. Secara umum, harga tiket bus dari kota-kota di Jawa ke Yogyakarta dibanderol mulai dari Rp100.000 hingga Rp300.000 per orang. Namun, perlu diingat bahwa waktu tempuh menggunakan bus dapat lebih lama dibandingkan dengan pesawat atau kereta api.

Setelah mengetahui beberapa pilihan transportasi ke Yogyakarta, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran perjalanan Anda. Pesawat memberikan kecepatan dan kenyamanan, namun harganya cenderung lebih tinggi. Kereta api menawarkan alternatif yang lebih terjangkau dengan waktu tempuh yang cukup nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Sementara itu, bus bisa menjadi pilihan yang lebih murah untuk perjalanan dengan waktu tempuh yang lebih lama. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam merencanakan biaya perjalanan ke Yogyakarta.

Hotel Berbintang

Bagi Anda yang menginginkan kenyamanan dan fasilitas lengkap, hotel berbintang di Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menemukan hotel dengan berbagai kategori bintang, mulai dari tiga hingga lima bintang. Harga kamar di hotel berbintang biasanya lebih tinggi daripada penginapan lainnya, tetapi Anda akan mendapatkan fasilitas yang memadai serta pelayanan yang berkualitas.

Hotel bintang tiga biasanya menawarkan kamar yang cukup luas dengan fasilitas seperti AC, TV, dan kamar mandi dalam. Beberapa hotel bintang tiga juga dilengkapi dengan kolam renang dan restoran. Untuk hotel bintang empat, Anda akan mendapatkan fasilitas yang lebih mewah seperti spa, pusat kebugaran, dan layanan kamar 24 jam. Sedangkan hotel bintang lima biasanya menawarkan segala yang Anda butuhkan, mulai dari kolam renang pribadi, klub malam, hingga akses langsung ke pantai.

Penginapan Murah

Bagi wisatawan dengan budget terbatas, penginapan murah di Yogyakarta adalah pilihan yang tepat. Anda dapat menemukan banyak penginapan murah di sekitar kawasan Malioboro dan sekitarnya. Tarif penginapan murah di Yogyakarta bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah per malam.

Penginapan murah biasanya memiliki fasilitas yang sederhana, seperti kamar tidur bersama, kipas angin, dan kamar mandi luar. Beberapa juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti dapur bersama dan area santai. Meskipun tidak sefasilitas hotel berbintang, penginapan murah di Yogyakarta umumnya bersih dan nyaman untuk menginap.

Selain itu, ada juga homestay dan guest house yang bisa menjadi pilihan penginapan murah yang nyaman. Biasanya pemilik homestay atau guest house akan memberikan pelayanan yang ramah dan hangat, sehingga membuat Anda merasa seperti tinggal di rumah sendiri.

Kuliner Khas Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan budayanya yang kaya, tetapi juga kuliner khasnya yang lezat. Saat Anda berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa hidangan khas yang terkenal di daerah ini seperti gudeg, bakpia, dan makanan pinggir jalan yang menggugah selera. Tentu saja, menikmati kuliner khas Yogyakarta juga memerlukan pengeluaran uang yang perlu diperhitungkan.

Gudeg adalah salah satu makanan tradisional Yogyakarta yang wajib untuk dicoba. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah seperti bawang merah, daun salam, dan kemiri. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, tahu, dan sambal goreng krecek. Biaya untuk menikmati sepiring gudeg di warung atau restoran khas Yogyakarta berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000, tergantung pada tempat yang Anda kunjungi dan porsi yang Anda pesan.

Selain gudeg, Yogyakarta juga terkenal dengan bakpia. Bakpia merupakan camilan khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan berbagai macam bahan seperti kacang hijau, cokelat, keju, dan kacang tanah. Anda dapat membeli bakpia sebagai oleh-oleh atau sekedar camilan selama berada di Yogyakarta. Harga untuk sebuah kotak bakpia berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000, tergantung pada merek dan isiannya. Beberapa toko bakpia terkenal di Yogyakarta antara lain Sari Mulia, Pathuk 25, dan Monggo.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa mencicipi makanan pinggir jalan yang legendaris. Di Yogyakarta, Anda dapat menemukan berbagai macam makanan pinggir jalan yang lezat seperti angkringan, warung sate, dan gele. Angkringan adalah tempat makan yang menjadi favorit warga Yogyakarta untuk menikmati makanan khas seperti nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, dan masih banyak lagi dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000 per porsi.

Warung sate adalah tempat favorit untuk menikmati sate yang berkualitas dengan harga terjangkau. Anda dapat menikmati sate ayam, sate kambing, atau sate sapi di warung sate terkenal seperti Sate Klathak Pak Pong dan Sate Buntel Mas Pras. Harga satu porsi sate biasanya berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 50.000 tergantung pada jenis dan jumlah sate yang Anda pesan.

Terakhir, jangan lupa mencicipi gele, minuman tradisional khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran santan, gula merah, dan cincau. Gele sangat menyegarkan terutama saat cuaca panas. Anda dapat menikmati gele di warung-warung kecil di sekitar kota dengan harga sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per gelas.

Jadi, saat berkunjung ke Yogyakarta, setidaknya sisihkan sebagian anggaran untuk menikmati kuliner khasnya. Dengan berbagai variasi hidangan dan harga yang terjangkau, kuliner khas Yogyakarta pasti akan memanjakan lidah Anda.

Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Yogyakarta terkenal sebagai salah satu kota budaya di Indonesia. Selain keindahan alamnya yang memikat, Yogyakarta juga memiliki beragam oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta seperti batik, kerajinan tangan, atau makanan ringan dapat menjadi tambahan biaya yang perlu diperhitungkan.

Salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang paling terkenal adalah batik. Batik merupakan kain khas Indonesia yang dikenal dengan motif-motif indah dan proses pembuatannya yang rumit. Di Yogyakarta, Anda dapat menemukan banyak toko atau pasar yang menjual batik. Ada berbagai macam jenis batik mulai dari yang tradisional hingga modern. Anda bisa memilih batik sesuai dengan selera dan budget Anda. Harga batik bervariasi tergantung pada kualitas dan desainnya.

Selain batik, kerajinan tangan juga merupakan oleh-oleh khas yang populer di Yogyakarta. Seperti batik, Yogyakarta juga memiliki beragam kerajinan tangan yang indah dan unik. Ada berbagai jenis kerajinan tangan seperti keramik, perak, dan anyaman bambu. Anda bisa memilih kerajinan tangan yang sesuai dengan selera Anda. Harga kerajinan tangan juga bervariasi tergantung pada bahan dan ukurannya.

Tidak hanya itu, Yogyakarta juga terkenal dengan makanan ringannya yang lezat. Salah satu makanan ringan yang terkenal adalah bakpia. Bakpia adalah kue kering berisi kacang hijau atau pasta kacang yang dibungkus dengan kulit yang renyah. Selain bakpia, ada juga makanan ringan lainnya seperti wingko, gudeg, dan yang lainnya. Anda bisa membeli makanan ringan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman di rumah.

Jika Anda ingin berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Malioboro. Malioboro adalah salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Yogyakarta yang menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas. Di Malioboro, Anda akan menemukan banyak toko-toko dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang seperti batik, kerajinan tangan, dan makanan ringan. Namun, harga barang di Malioboro bisa sedikit lebih mahal karena popularitasnya. Jadi, pastikan Anda bisa menawar dengan baik sebelum membeli barang di sana.

Ketika berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta, ingatlah untuk membuat anggaran belanja yang sesuai dengan keuangan Anda. Tentukan jumlah uang yang ingin Anda habiskan dan prioritaskan oleh-oleh mana yang ingin Anda beli. Anda juga bisa mencari tahu harga barang terlebih dahulu sehingga Anda bisa membandingkannya saat berbelanja. Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan tips dan trik kepada penduduk lokal tentang tempat-tempat terbaik untuk berbelanja oleh-oleh di Yogyakarta.

Berbelanja oleh-oleh khas Yogyakarta bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Dengan memperhitungkan biaya belanja oleh-oleh dalam perjalanan ke Yogyakarta, Anda bisa membawa pulang kenang-kenangan yang istimewa dari kota ini. Selamat berbelanja!

Biaya Transportasi Lokal di Yogyakarta

Selain biaya akomodasi dan tiket masuk tempat wisata, biaya untuk menggunakan transportasi lokal di Yogyakarta juga perlu diperhitungkan dalam perjalanan Anda. Berikut ini adalah beberapa pilihan transportasi lokal yang umum digunakan di Yogyakarta beserta perkiraan biayanya.

Ojek

Ojek merupakan salah satu sarana transportasi yang populer di Yogyakarta. Anda dapat dengan mudah menemukan ojek di berbagai sudut kota, terutama di sekitar tempat wisata. Tarif ojek biasanya disesuaikan dengan jarak tempuh dan negosiasi dengan pengemudi. Biaya rata-rata untuk perjalanan sekitar 5-10 kilometer adalah sekitar Rp 15.000 – Rp 30.000.

Angkutan Umum

Angkutan umum seperti bus dan TransJogja juga menjadi pilihan yang ekonomis untuk berkeliling Yogyakarta. Tarif bus umum bervariasi tergantung rute dan jarak tempuh, namun kisaran harga untuk perjalanan dalam kota adalah sekitar Rp 3.000 – Rp 10.000. Sementara itu, tarif TransJogja yang merupakan bus khusus jalur TransJogja biasanya sekitar Rp 4.000 – Rp 6.500 per perjalanan.

Taksi

Taksi merupakan opsi yang lebih nyaman dan fleksibel, tetapi biaya perjalanan dengan taksi di Yogyakarta cenderung lebih mahal dibandingkan dengan ojek atau angkutan umum. Tarif taksi dihitung berdasarkan jarak tempuh dan waktu perjalanan. Biaya perjalanan dalam kota biasanya berkisar antara Rp 25.000 – Rp 100.000.

Sewa Motor

Jika Anda ingin lebih leluasa dan independen dalam menjelajahi Yogyakarta, menyewa motor bisa menjadi pilihan yang tepat. Harga sewa motor harian bervariasi tergantung jenis motor dan lama penyewaan, namun perkiraan biaya untuk menyewa motor harian berkisar antara Rp 70.000 – Rp 150.000.

Sewa Mobil

Bagi Anda yang berwisata bersama keluarga atau rombongan, menyewa mobil bisa menjadi opsi yang lebih nyaman. Harga sewa mobil di Yogyakarta bervariasi tergantung jenis mobil dan lama penyewaan. Biaya sewa mobil per hari berkisar antara Rp 300.000 – Rp 700.000, termasuk sopir dan bahan bakar.

Perjalanan Tur

Jika Anda lebih memilih untuk mengikuti tur paket, biaya transportasi sudah termasuk dalam paket tersebut. Biaya tur paket di Yogyakarta bervariasi tergantung pada durasi perjalanan, objek wisata yang dikunjungi, serta fasilitas yang diberikan. Namun, dalam memilih tur paket, pastikan Anda menghitung dengan teliti apa saja yang termasuk dalam biaya tersebut.

Dalam merencanakan perjalanan ke Yogyakarta, penting untuk menganggarkan biaya transportasi lokal dari awal agar perjalanan Anda berjalan lancar tanpa kekhawatiran keuangan. Pilihlah opsi transportasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat menjelajahi Yogyakarta!

Tips Menghemat Biaya saat Traveling ke Yogyakarta

Yogyakarta, juga dikenal sebagai Jogja, merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini menawarkan berbagai pesona budaya, alam, dan kuliner yang menarik untuk dijelajahi. Namun, seperti halnya dalam perjalanan ke mana pun, menghemat biaya selama liburan ke Yogyakarta bisa menjadi prioritas penting bagi banyak wisatawan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghemat biaya saat traveling ke Yogyakarta.

Mencari Promo Tiket atau Akomodasi

Salah satu cara terbaik untuk menghemat biaya perjalanan ke Yogyakarta adalah dengan mencari promo tiket atau akomodasi. Ada banyak situs web dan aplikasi yang menawarkan penawaran khusus untuk penerbangan dan penginapan di Yogyakarta. Anda dapat memantau situs-situs ini secara teratur atau mengaktifkan notifikasi agar tidak melewatkan promo terbaru. Selain itu, memilih waktu yang tepat untuk berlibur juga dapat membantu Anda mendapatkan harga yang lebih murah.

Mencoba Makan di Warung atau Kedai Makanan Murah

Ketika berlibur ke Yogyakarta, mencicipi makanan lokal merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Namun, restoran formal dan tempat makan yang populer seringkali memiliki harga yang lebih tinggi. Untuk menghemat biaya makan, pertimbangkan untuk mencoba makan di warung atau kedai makanan murah yang dikelola oleh penduduk lokal. Di sini, Anda dapat menikmati hidangan autentik dengan harga yang lebih terjangkau. Jangan khawatir tentang rasa atau kebersihan, karena Yogyakarta terkenal dengan masakan lezat dan warung makan yang bersih.

Memilih Transportasi Lokal yang Lebih Terjangkau

Transportasi adalah salah satu faktor utama dalam menentukan biaya perjalanan. Untuk menghemat biaya saat traveling ke Yogyakarta, Anda dapat memilih transportasi lokal yang lebih terjangkau. Misalnya, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta api untuk berkeliling kota. Selain itu, Anda juga dapat memilih menggunakan jasa ojek online yang saat ini telah menjadi tren di Indonesia. Jika Anda merencanakan perjalanan ke tempat-tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh, menyewa sepeda atau berjalan kaki juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghemat biaya saat traveling ke Yogyakarta tanpa mengurangi pengalaman liburan Anda. Selamat berlibur!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *