Panduan Wisata di Surabaya: Petualangan Seru di Kota Pahlawan

  • Indra Kurniawan
  • Dec 15, 2023
Panduan Wisata di Surabaya: Petualangan Seru di Kota Pahlawan

Tentang Surabaya

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur, dengan populasi yang ramai dan memiliki sejarah yang kaya. Kota ini terkenal dengan julukan “Kota Pahlawan” karena peran pentingnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya menawarkan berbagai atraksi menarik dan tempat wisata yang patut dikunjungi.

Sejarah Surabaya

Surabaya memiliki sejarah panjang yang bermula sejak abad ke-12. Pada awalnya, kota ini merupakan pelabuhan penting di Jawa Timur yang menjadi pusat perdagangan internasional. Selama masa kolonial Belanda, Surabaya menjadi salah satu kota terpenting di Hindia Belanda.

Selama masa penjajahan Jepang, Surabaya menjadi tempat perlawanan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi di Surabaya adalah Peristiwa 10 November 1945, di mana rakyat Surabaya memberontak melawan pasukan Sekutu yang mencoba merebut kota ini. Peristiwa ini menjadi salah satu tonggak penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tempat Wisata di Surabaya

Surabaya menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu tempat wisata terkenal di Surabaya adalah Masjid Cheng Ho, sebuah masjid megah yang didedikasikan untuk seorang penjelajah Tiongkok, Cheng Ho. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan merupakan salah satu landmark kota Surabaya.

Kemudian, ada juga Taman Bungkul, sebuah taman yang populer di kalangan penduduk Surabaya. Taman ini menjadi tempat rekreasi keluarga yang nyaman, dilengkapi dengan area bermain anak, jogging track, dan tempat duduk yang teduh.

Tidak lengkap rasanya jika ke Surabaya tanpa mengunjungi Monumen Kapal Selam, sebuah monumen yang dibangun di atas kapal selam kelas Whiskey yang pernah digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Wisatawan dapat mengunjungi dalam kapal selam ini dan mengeksplorasi bagian dalam kapal untuk merasakan atmosfer yang unik.

Selain itu, Surabaya juga memiliki pusat perbelanjaan yang modern dan mewah seperti Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall, dan Surabaya Town Square. Bagi pecinta kuliner, Surabaya juga menawarkan beragam makanan lezat, mulai dari makanan tradisional Jawa Timur hingga makanan internasional.

Kesimpulan

Surabaya adalah ibu kota Jawa Timur yang memiliki sejarah yang kaya dan atraksi menarik bagi wisatawan. Dengan berbagai tempat wisata menarik seperti Masjid Cheng Ho, Taman Bungkul, dan Monumen Kapal Selam, serta pusat perbelanjaan yang modern dan makanan yang lezat, Surabaya adalah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Surabaya dan menikmati semua yang ditawarkannya!

Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah salah satu tempat wisata yang populer di Surabaya. Terletak di Jalan Darmo, taman ini menawarkan suasana yang nyaman dan hijau di tengah kota yang sibuk. Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti taman bermain anak-anak, area bersepeda, dan tempat duduk yang nyaman.

Taman ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai acara seperti konser musik, bazaar, dan festival seni. Setiap hari Jumat malam, Taman Bungkul menjadi tempat populer bagi para pecinta kuliner dengan adanya lapak makanan dan minuman yang beragam. Selain itu, taman ini juga memiliki air mancur dan hutan kota yang menambah keindahan suasana.

House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum yang berlokasi di Jalan Taman Sampoerna. Museum ini didirikan pada tahun 1932 dan berada di dalam kompleks pabrik rokok terkenal Sampoerna. Pengunjung dapat menikmati pengalaman unik dalam mengenal sejarah industri rokok di Indonesia.

Di sini, pengunjung dapat melihat proses pembuatan rokok tradisional menggunakan tangan oleh para perajin rokok berpengalaman. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi ruang pameran yang menampilkan berbagai koleksi dan artefak terkait industri rokok. Ada juga kafe yang menyajikan minuman khas Surabaya dan toko suvenir yang menjual produk-produk khas dari Sampoerna.

House of Sampoerna juga memiliki area perpustakaan yang menawarkan berbagai informasi mengenai industri rokok dan Sampoerna. Pengunjung dapat membaca buku dan majalah yang tersedia atau mengikuti tur yang disediakan oleh museum untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam adalah tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi di Surabaya. Terletak di Jalan Pemuda, monumen ini merupakan bekas kapal selam bernama KRI Pasopati yang telah dipensiunkan dari dinas aktif. Kapal selam ini kemudian diubah menjadi museum untuk memberikan pengalaman mendalam tentang kehidupan di dalam kapal selam bagi pengunjung.

Pengunjung dapat melihat secara langsung bagian dalam kapal selam, seperti kamar tidur awak kapal, ruang kontrol, dan komunikasi. Ada juga berbagai pameran dan foto yang menjelaskan sejarah dan peran kapal selam dalam pertahanan laut Indonesia.

Monumen Kapal Selam juga menyediakan panduan audio yang menjelaskan setiap bagian kapal selam dengan detail. Pengunjung dapat mempelajari berbagai aspek kehidupan kapal selam, mulai dari sistem navigasi hingga persenjataan yang digunakan.

Setelah mengunjungi kapal selam, pengunjung dapat menikmati area taman yang indah di sekitarnya. Ada juga warung makan yang menyajikan makanan tradisional Indonesia sehingga pengunjung dapat merasa puas dengan belumnya.

Kuliner Khas Surabaya

Surabaya dikenal sebagai kota yang kaya akan kuliner khas yang lezat dan menggugah selera. Bagi Anda yang berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa makanan tradisional yang terkenal di kota ini. Berikut adalah tiga kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba:

1. Rawon

Rawon adalah salah satu hidangan khas Jawa Timur yang sangat terkenal. Hidangan ini berupa sup daging yang berwarna hitam pekat karena menggunakan bumbu rempah khusus. Dalam hidangan ini, daging sapi yang empuk disajikan bersama dengan nasi putih dan beberapa lauk-pauk tambahan seperti tauge, telur asin, dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan kaya rempah membuat Rawon sangat populer di kalangan masyarakat Surabaya.

Jika Anda ingin mencicipi Rawon yang terkenal di Surabaya, beberapa warung makan terkenal yang menyajikannya antara lain Warung Rawon Nguling dan Rawon Setan Jembatan Merah. Pastikan Anda mencoba hidangan yang otentik dan lezat ini selama kunjungan Anda di Surabaya!

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan tradisional Surabaya yang terbuat dari campuran buah-buahan segar seperti mangga, kedondong, nanas, dan timun yang disajikan dengan bumbu rujak yang pedas dan sedikit asam. Yang membuat Rujak Cingur unik adalah tambahan cingur, yaitu potongan hidung sapi yang telah direbus. Cingur memberikan rasa gurih yang khas dan tekstur yang kenyal pada hidangan ini.

Jika Anda ingin mencoba Rujak Cingur yang enak di Surabaya, beberapa tempat yang direkomendasikan di antaranya adalah Rujak Cingur Lidah Wetan dan Rujak Cingur Cut Nyak Dien. Pastikan Anda mencicipi hidangan yang segar dan nikmat ini saat berada di Surabaya!

3. Lontong Balap

Lontong Balap adalah hidangan street food yang populer di Surabaya. Hidangan ini terdiri dari lontong (nasi ketan yang dibungkus dalam daun pisang), tahu goreng, lentho, tauge, dan kerupuk dengan tambahan kuah kacang yang gurih. Rasanya yang lezat dan tekstur yang renyah membuat Lontong Balap menjadi favorit di antara masyarakat Surabaya.

Beberapa tempat yang terkenal dengan Lontong Balap di Surabaya antara lain Lontong Balap Peneleh, Lontong Balap Pak Gendut, dan Lontong Balap Kikil. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hidangan yang menggugah selera ini ketika Anda berkunjung ke Surabaya!

Dalam kunjungan ke Surabaya, jangan ragu untuk mencicipi kuliner khas yang terkenal di kota ini. Rawon, Rujak Cingur, dan Lontong Balap adalah beberapa hidangan yang harus Anda coba. Nikmati kelezatan kuliner Surabaya dan rasakan pengalaman tak terlupakan saat menjelajahi kota ini!

Mengunjungi Surabaya dengan Pesawat

Secara internasional, Surabaya dapat dicapai melalui Bandara Internasional Juanda yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Ada banyak maskapai penerbangan yang melayani rute internasional dan domestik ke Surabaya, sehingga mudah mencari penerbangan yang sesuai dengan jadwal perjalanan Anda.

Meskipun terletak di luar kota, Bandara Juanda dapat diakses dengan mudah melalui taksi, transportasi online, atau bus bandara. Terdapat juga layanan kereta api bandara yang menghubungkan Bandara Juanda dengan Stasiun Surabaya Gubeng.

Mengunjungi Surabaya dengan Kereta Api

Surabaya memiliki dua stasiun utama, yaitu Stasiun Surabaya Gubeng dan Stasiun Surabaya Pasar Turi. Stasiun Surabaya Gubeng merupakan stasiun kereta api terbesar di kota ini dan melayani banyak rute kereta api dari berbagai kota di Jawa Timur dan luar Jawa Timur.

Jika Anda ingin mengunjungi Surabaya dengan kereta api, Anda dapat mencari jadwal dan memesan tiket melalui situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) atau menggunakan aplikasi pemesanan tiket kereta api. Stasiun kereta api juga dapat diakses dengan mudah menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau taksi.

Mengunjungi Surabaya dengan Bis

Jika Anda ingin mengunjungi Surabaya dengan biaya lebih terjangkau, Anda dapat menggunakan bis antarkota. Terdapat banyak perusahaan otobus yang melayani rute Surabaya dari berbagai kota di pulau Jawa dan luar Jawa. Sebagian besar bis antarkota beroperasi di Terminal Bungurasih, yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Surabaya.

Anda dapat mencari jadwal dan memesan tiket bis melalui situs resmi perusahaan otobus atau dengan datang langsung ke terminal. Transportasi umum yang tersedia di Kota Surabaya, seperti angkutan kota atau taksi, juga dapat digunakan untuk mencapai terminal bis.

Transportasi di Surabaya

Surabaya, ibu kota Jawa Timur, adalah salah satu kota terbesar di Indonesia. Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan banyaknya atraksi wisata yang menarik, Surabaya menjadi tujuan favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang ingin berkeliling di Surabaya, kota ini menawarkan berbagai pilihan transportasi yang mudah diakses dan efisien.

Angkutan Umum

Salah satu cara terbaik untuk berkeliling di Surabaya adalah dengan menggunakan angkutan umum seperti bus dan taksi online. Kota ini memiliki sistem transportasi yang baik dan terorganisir dengan baik. Bus Trans-Surabaya, misalnya, merupakan salah satu angkutan umum yang populer dan dapat membawa Anda ke berbagai tujuan di Surabaya dan sekitarnya.

Bus Trans-Surabaya beroperasi dengan jadwal yang teratur dan memiliki rute yang mencakup sebagian besar wilayah Surabaya. Tiket bus ini juga terjangkau, sehingga merupakan pilihan yang baik bagi wisatawan dengan anggaran terbatas. Namun, jika Anda ingin lebih fleksibel dan nyaman, Anda dapat menggunakan taksi online seperti Grab atau Gojek. Anda dapat memesan taksi online melalui aplikasi di smartphone Anda dan akan langsung dijemput di lokasi yang Anda tentukan.

Ojek Online

Ojek online adalah salah satu mode transportasi yang populer di Surabaya. Jika Anda tidak ingin repot mencari taksi atau berjalan kaki, Anda dapat menggunakan jasa ojek online untuk berkeliling kota. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ojek online seperti Gojek atau Grab, memesan pengendara, dan mereka akan menjemput Anda di lokasi yang Anda tentukan. Biaya perjalanan dengan ojek online juga terjangkau dan tidak ada tarif negosiasi, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan dialihkan oleh pengemudi taksi yang tidak bertanggung jawab.

Keuntungan lain dari menggunakan ojek online adalah Anda dapat menghindari kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di Surabaya. Jika Anda mengunjungi Surabaya pada jam sibuk, menggunakan ojek online dapat membantu Anda sampai ke tujuan dengan lebih cepat dan efisien.

Penyewaan Sepeda dan Motor

Jika Anda ingin merasakan petualangan yang berbeda saat berkeliling Surabaya, Anda dapat menyewa sepeda atau motor. Surabaya memiliki banyak penyedia jasa penyewaan sepeda dan motor yang dapat Anda temui di berbagai titik di kota ini.

Dengan menyewa sepeda atau motor, Anda dapat dengan leluasa menjelajahi Surabaya dan menikmati keindahan lanskap serta atmosfer yang unik. Sepeda dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengeksplorasi area-area tertentu di Surabaya yang tidak dapat dijangkau dengan angkutan umum. Sementara itu, menyewa motor dapat memberikan kebebasan dan kenyamanan lebih dalam berkeliling kota.

Bagi Anda yang ingin menyewa sepeda atau motor di Surabaya, pastikan untuk membawa identitas diri yang sah dan bertransaksi di tempat penyewaan yang resmi. Selalu patuhi peraturan lalu lintas dan pastikan Anda memiliki izin mengemudi yang valid jika ingin menyewa motor.

Selamat Menikmati Perjalanan Anda di Surabaya!

Dengan begitu banyak pilihan transportasi yang tersedia, berkeliling di Surabaya tidak perlu menjadi hal yang sulit atau membingungkan. Pilihlah mode transportasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, serta pastikan Anda menikmati setiap momen menjelajahi keindahan Surabaya.

Tempat Menginap di Surabaya

Surabaya menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel bintang lima hingga guesthouse yang nyaman.

Jika Anda mencari pengalaman menginap yang mewah dan kemewahan, Surabaya memiliki sejumlah hotel bintang lima yang menawarkan fasilitas lengkap dan layanan yang memuaskan. Beberapa hotel mewah terkenal di Surabaya termasuk Hotel Majapahit, Hotel JW Marriott Surabaya, dan Hotel Shangri-La Surabaya. Hotel-hotel ini menawarkan kamar-kamar yang elegan dan dilengkapi dengan fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran, restoran berkualitas, dan spa mewah. Para tamu juga akan menikmati pelayanan yang ramah dan profesional dari staf hotel.

Bagi budget traveler atau mereka yang mencari akomodasi yang lebih terjangkau, Surabaya juga memiliki sejumlah pilihan guesthouse yang nyaman. Guesthouse biasanya menawarkan kamar-kamar yang sederhana namun nyaman dengan harga yang lebih terjangkau. Beberapa guesthouse terkenal di Surabaya termasuk Rumah Kebun Guest House, Homestay Surabaya, dan RedDoorz Guest House. Meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak sebanyak hotel bintang lima, guesthouse ini biasanya memiliki layanan yang ramah dan lokasinya yang strategis.

Selain hotel dan guesthouse, Surabaya juga memiliki sejumlah apartemen yang dapat disewa untuk menginap dalam jangka waktu yang lebih lama. Apartemen ini biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti dapur, ruang tamu, dan kamar tidur yang nyaman. Beberapa apartemen populer di Surabaya termasuk Somerset Surabaya Hotel & Serviced Residence, Ascott Waterplace Surabaya, dan Grand Sungkono Lagoon Apartment. Menginap di apartemen dapat menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin merasakan kenyamanan dan kebebasan seperti di rumah.

Selain memilih jenis akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, penting juga untuk mempertimbangkan lokasi akomodasi Anda di Surabaya. Beberapa daerah yang populer untuk menginap di Surabaya termasuk daerah pusat kota seperti Jalan Tunjungan, Jalan Raya Darmo, Jalan Basuki Rahmat, dan Jalan Embong Malang. Daerah-daerah ini memiliki akses mudah ke pusat perbelanjaan, restoran, dan atraksi wisata utama di Surabaya.

Jadi, apapun jenis akomodasi yang Anda pilih di Surabaya, pastikan untuk melakukan reservasi sebelumnya terutama dalam musim liburan atau saat ada acara khusus di kota ini. Nikmati pengalaman menginap yang nyaman dan akses mudah ke segala yang ditawarkan oleh kota ini.

Pesan Penting untuk Wisatawan

Pada saat melakukan perjalanan ke Surabaya, ada beberapa pesan penting yang perlu diperhatikan oleh para wisatawan. Hal ini bertujuan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama berada di kota ini. Berikut ini adalah beberapa pesan yang perlu diingat:

1. Perlengkapan yang Sesuai

Saat melakukan perjalanan ke Surabaya, pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan. Jika Anda berencana untuk menjelajahi kota ini secara aktif, seperti berjalan-jalan atau bersepeda, pastikan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan pakaian yang cocok untuk cuaca. Selain itu, jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau tempat ibadah, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Ini adalah bagian penting dari menghormati budaya setempat.

2. Menjaga Kebersihan

Selama berada di Surabaya, penting bagi wisatawan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan dan pastikan untuk menggunakan tempat sampah yang telah disediakan. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan diri sendiri dengan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum makan atau setelah melakukan kegiatan yang kotor. Dengan menjaga kebersihan, kita juga ikut menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan sekitar.

3. Menghormati Budaya Setempat

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh wisatawan adalah menghormati budaya setempat. Surabaya merupakan kota yang kaya akan tradisi dan adat istiadat. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dan menghormati adat istiadat serta aturan yang berlaku di Surabaya. Misalnya, ketika mengunjungi tempat ibadah, jangan lupa untuk berpakaian sopan dan menghormati ritual yang sedang berlangsung. Selain itu, juga penting untuk menghormati penduduk setempat dengan berbicara dengan hormat dan sopan.

4. Mencari Informasi Tentang Tempat Wisata

Sebelum melakukan perjalanan ke Surabaya, sebaiknya mencari informasi tentang tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi. Surabaya memiliki banyak tempat menarik seperti taman-taman kota, museum-museum, dan tempat bersejarah. Dengan mencari informasi sebelumnya, Anda dapat merencanakan perjalanan dengan baik dan memanfaatkan waktu dengan efisien. Selain itu, mencari informasi juga membantu dalam memahami sejarah dan budaya Surabaya yang dapat membuat kunjungan menjadi lebih bermakna.

5. Menyiapkan Rencana Perjalanan

Sebelum mengunjungi Surabaya, penting untuk membuat rencana perjalanan dengan baik. Tentukan tujuan wisata yang ingin dikunjungi, waktu yang akan dihabiskan di masing-masing tempat, dan transportasi yang akan digunakan. Dengan membuat rencana perjalanan, Anda dapat mengatur waktu dengan baik dan meminimalisir kebingungan atau kehilangan arah selama berada di Surabaya. Selain itu, pastikan juga untuk mencatat nomor telepon penting seperti nomor darurat atau nomor kontak hotel tempat Anda menginap.

6. Berhati-hati terhadap Kejahatan

Selama berada di Surabaya, penting untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap kejahatan. Seperti kota-kota besar lainnya, Surabaya juga dapat menghadapi masalah kejahatan seperti kantong kosong atau penipuan. Pastikan untuk menjaga barang-barang berharga Anda dengan aman, jangan menunjukkan tanda-tanda kekayaan yang mencolok, dan hindari tempat-tempat yang memiliki reputasi buruk. Selain itu, penting juga untuk melaporkan kejadian kejahatan kepada pihak berwenang jika Anda menjadi korban.

7. Menghargai Waktu

Penting untuk menghargai waktu selama berada di Surabaya. Jika Anda memiliki janji atau reservasi di tempat tertentu, pastikan untuk datang tepat waktu. Hal ini tidak hanya menunjukkan sopan santun, tetapi juga memaksimalkan waktu Anda selama berada di Surabaya. Jika terlambat, cobalah memberi tahu pihak yang dituju secara segera atau minta maaf atas keterlambatan Anda. Ingatlah bahwa menghargai waktu adalah salah satu bentuk penghormatan kepada orang lain dan budaya setempat.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *