Tips dan Rekomendasi Travel Backpacker Murah di Korea

  • Indra Kurniawan
  • Nov 12, 2023
Tips dan Rekomendasi Travel Backpacker Murah di Korea

Pengenalan tentang Travel Backpacker Korea Murah

Travel backpacker Korea murah adalah sebuah konsep perjalanan yang sedang populer di kalangan para wisatawan yang ingin menjelajahi Korea dengan budget terbatas. Travel backpacker Korea murah mengacu pada gaya liburan yang hemat biaya, di mana para backpacker akan menghabiskan waktu di tempat-tempat tertentu dengan pengeluaran seefisien mungkin. Hal ini mengizinkan mereka untuk menjelajahi tempat-tempat menarik dan pengalaman budaya di Korea dengan harga yang terjangkau.

Keberhasilan travel backpacker Korea murah juga dapat dilihat dari lonjakan popularitas destinasi wisata di Korea. Banyak traveller yang ingin mengunjungi Korea karena daya tariknya yang unik dan berbeda, seperti budaya yang kaya, makanan lezat, musik K-pop, drama televisi, dan sejarah yang menarik. Korea Selatan menjadi destinasi yang sangat menarik bagi wisatawan dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dan dengan adanya konsep travel backpacker Korea murah, semakin banyak orang yang dapat mewujudkan impian mereka untuk berkunjung ke Korea tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Destinasi Wisata Populer di Korea

Korea Selatan menjadi tujuan wisata yang populer bagi para backpacker dengan budget terbatas. Negara ini menawarkan beragam pengalaman unik dan menarik, mulai dari keindahan alam, warisan budaya, hingga makanan khas yang lezat. Berikut adalah beberapa destinasi wisata populer di Korea yang cocok untuk dikunjungi oleh para backpacker dengan budget terbatas.

1. Seoul

Seoul merupakan kota metropolitan yang penuh dengan kehidupan dan keunikan budaya Korea. Para backpacker bisa mengunjungi berbagai atraksi terkenal seperti Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung Palace, dan Bukchon Hanok Village untuk menikmati keindahan arsitektur tradisional Korea. Selain itu, ada juga pasar tradisional seperti Namdaemun Market dan Gwangjang Market yang menyajikan beragam makanan lezat dengan harga terjangkau. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Myeongdong, pusat perbelanjaan terkenal di Seoul.

2. Busan

Busan merupakan destinasi wisata menarik yang terletak di pantai timur Korea Selatan. Kota ini terkenal dengan pantainya yang indah, seperti Haeundae Beach dan Gwangalli Beach. Para backpacker juga bisa mengunjungi Jagalchi Fish Market, pasar ikan terbesar di Korea, dan Taejongdae Park yang menawarkan pemandangan laut yang spektakuler. Jangan lewatkan pula untuk mencoba makanan laut segar di Jagalchi Market dengan harga terjangkau.

3. Jeju Island

Jeju Island adalah pulau vulkanik yang terletak di selatan Korea Selatan. Pulau ini menawarkan keindahan alam yang memukau, seperti Hallasan, gunung tertinggi di Korea, dan Jusangjeolli Cliffs yang terbentuk dari batuan vulkanik. Para backpacker juga bisa menjelajahi pantai-pantai yang indah seperti Hamdeok Beach dan Jungmun Beach. Selain itu, Jeju juga terkenal dengan taman-tamannya yang cantik, seperti Hallim Park dan Jeju Stone Park.

4. Gyeongju

Gyeongju merupakan kota bersejarah yang kaya akan warisan budaya Korea. Di kota ini, Anda dapat mengunjungi situs bersejarah seperti Bulguksa Temple, yang merupakan salah satu dari Warisan Dunia UNESCO, serta Gyeongju National Museum yang menampilkan artefak budaya Korea. Jangan lewatkan pula untuk mengunjungi Anapji Pond, Tumuli Park, dan Cheomseongdae Observatory untuk menikmati keindahan alam dan sejarah kuno.

5. Incheon

Incheon adalah kota yang terletak di sebelah barat Seoul dan merupakan gerbang utama bagi wisatawan yang datang ke Korea Selatan melalui bandara internasional Incheon. Kota ini menawarkan berbagai atraksi menarik, seperti Incheon Chinatown yang merupakan Chinatown pertama di Korea, Incheon Grand Park yang indah, dan Wolmido Island yang memiliki taman hiburan yang seru. Backpacker juga bisa menikmati pemandangan laut yang indah dari Songdo Central Park.

Dengan banyaknya destinasi wisata populer di Korea yang cocok untuk backpacker dengan budget terbatas, tidak ada alasan untuk melewatkan kesempatan untuk mengunjungi negara ini. Selamat menjelajahi Korea dengan hemat dan seru!

Tips Mengatur Rencana Perjalanan

Jika Anda berencana untuk melakukan backpacker ke Korea, mengatur rencana perjalanan yang efektif dan hemat biaya sangatlah penting. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips mengatur rencana perjalanan yang memungkinkan Anda menikmati pengalaman backpacker ke Korea dengan nyaman tanpa harus menghabiskan uang yang banyak.

1. Buat Rencana Perjalanan yang Terperinci

Sebelum berangkat, buatlah rencana perjalanan yang terperinci. Tentukan destinasi yang ingin Anda kunjungi, lama perjalanan, serta anggaran yang tersedia. Dengan memiliki rencana yang jelas, Anda dapat mengatur waktu perjalanan dengan baik dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Usahakan untuk membuat daftar tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi dan kelompokkan berdasarkan lokasinya. Selain itu, teliti juga transportasi umum yang tersedia di kota tersebut sehingga Anda dapat mengatur rute perjalanan dengan efisien. Jangan lupa untuk memperhitungkan waktu tempuh dan biaya transportasi antara satu destinasi dengan destinasi lainnya.

2. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Saat backpacker, penghematan biaya penginapan dapat menjadi faktor yang sangat penting. Pilihlah penginapan yang terjangkau seperti guesthouse, hostel, atau losmen. Biasanya, penginapan-penginapan tersebut menawarkan tarif yang lebih murah jika Anda berbagi kamar dengan beberapa orang lainnya. Selain itu, menginap di penginapan-penginapan tersebut juga memberikan kesempatan untuk bertemu dengan backpacker lainnya dan berbagi pengalaman serta tips perjalanan.

Sebelum memesan penginapan, pastikan untuk membaca ulasan dari tamu sebelumnya. Periksa juga fasilitas yang disediakan, seperti akses internet, dapur bersama, atau sarapan gratis. Dengan memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat menghemat lebih banyak uang untuk keperluan lainnya selama perjalanan.

3. Cicipi Kuliner Lokal

Salah satu cara untuk menghemat biaya makanan saat backpacker ke Korea adalah dengan mencicipi kuliner lokal. Hindari restoran-restoran mewah yang biasanya lebih mahal, dan cari makanan di warung atau gerai makanan jalanan. Korea terkenal dengan makanan jalanan yang lezat, seperti tteokbokki, kimbap, atau bibimbap. Cicipi juga hidangan khas lokal seperti samgyetang (sup ayam ginseng) atau bulgogi (daging panggang). Anda bisa mencari informasi tentang warung atau gerai makanan jalanan yang populer di daerah yang Anda kunjungi melalui ulasan online atau bertanya kepada penduduk lokal.

Jika Anda ingin mencoba masakan Korea yang lebih autentik, Anda juga dapat mengunjungi pasar tradisional. Di pasar tradisional, Anda akan menemukan berbagai macam makanan dan bahan makanan segar dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, belanja di pasar tradisional juga dapat menjadi pengalaman yang menarik dan akan menghemat banyak uang dibandingkan dengan berbelanja di supermarket atau toko swalayan.

Dengan mengatur rencana perjalanan yang efektif dan hemat biaya, Anda dapat menikmati pengalaman backpacker ke Korea tanpa harus merasa khawatir dengan anggaran Anda. Ingatlah untuk membuat rencana perjalanan yang terperinci, memilih penginapan yang terjangkau, dan mencicipi kuliner lokal. Selamat backpacker di Korea!

Akomodasi Murah di Korea

Jika Anda seorang backpacker yang sedang merencanakan perjalanan ke Korea, berikut ini adalah beberapa rekomendasi akomodasi murah yang dapat sesuai dengan gaya traveling Anda.

1. Guesthouse

Jika Anda ingin merasakan pengalaman lokal yang autentik, menginap di guesthouse bisa menjadi pilihan yang baik. Guesthouse adalah akomodasi yang disediakan oleh penduduk lokal, biasanya dengan harga yang terjangkau. Di sini, Anda dapat bertemu dengan backpacker dari berbagai negara dan berbagi pengalaman serta tips perjalanan. Beberapa guesthouse bahkan menawarkan kamar tidur bersama dengan harga yang lebih murah. Selain itu, Anda juga dapat memasak sendiri di dapur yang tersedia, sehingga dapat menghemat biaya makanan.

2. Hostel

Hostel juga merupakan pilihan akomodasi yang populer di kalangan backpacker. Dalam hostel, Anda dapat menginap di kamar tidur bersama dengan orang lain dengan harga yang terjangkau. Terdapat berbagai fasilitas yang biasanya disediakan oleh hostel, seperti dapur bersama, ruang tamu, dan ruang makan. Beberapa hostel bahkan menawarkan aktivitas sosial, seperti tur keliling kota atau acara baru di malam hari, yang membuat Anda dapat dengan mudah bertemu dan bersosialisasi dengan backpacker lain.

3. Homestay

Jika Anda ingin merasakan kehidupan sehari-hari Korea secara langsung, homestay bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam homestay, Anda akan tinggal bersama keluarga Korea dan dapat belajar tentang budaya dan tradisi lokal. Biasanya, biaya homestay lebih murah dibandingkan dengan hotel atau apartemen. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sarapan setiap pagi dan bisa mencoba masakan tradisional Korea yang lezat. Namun, perlu diingat bahwa fasilitas yang disediakan dalam homestay mungkin tidak se-lengkap hotel.

4. Couchsurfing

Jika Anda mencari akomodasi yang benar-benar gratis, maka couchsurfing bisa menjadi pilihan yang menarik. Couchsurfing merupakan sebuah platform online di mana Anda dapat mencari orang yang bersedia untuk menyediakan tempat tidur atau sofa untuk Anda di rumah mereka secara gratis. Selain mendapatkan tempat tinggal gratis, couchsurfing juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal dan mendapatkan insight tentang budaya dan kehidupan sehari-hari Korea yang tidak bisa Anda dapatkan di akomodasi lainnya. Namun, sebagai tamu, penting untuk menjaga sopan santun dan menghormati aturan yang ada di rumah tuan rumah.

Semua akomodasi di atas memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Pilihlah yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda. Selamat menjelajah Korea!

Transportasi Hemat di Korea

Jika Anda berencana untuk backpacker ke Korea, salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah transportasi. Korea memiliki sistem transportasi yang sangat baik dan efisien, sehingga memudahkan wisatawan untuk berkeliling negara ini dengan mudah dan hemat. Berikut ini adalah beberapa opsi transportasi hemat yang dapat Anda gunakan saat berada di Korea:

1. Bus

Salah satu opsi transportasi hemat yang populer di Korea adalah menggunakan bus. Korea memiliki jaringan bus yang luas dan menghubungkan berbagai kota besar di negara ini. Anda bisa bepergian antar kota dengan menggunakan bus umum atau bus antar kota yang disebut dengan “express bus”. Tiket bus umum biasanya lebih murah daripada tiket kereta api atau pesawat, sehingga cocok untuk backpacker dengan anggaran terbatas. Selain itu, bus juga dapat membawa Anda langsung ke tujuan wisata terkenal di Korea, seperti Gyeongbokgung Palace, Myeongdong, atau Namsan Tower.

2. Subway

Jika Anda ingin berkeliling kota dengan cepat dan hemat, maka menggunakan subway adalah pilihan yang tepat. Korea memiliki sistem subway yang sangat baik dan menghubungkan hampir setiap sudut kota. Tiket subway bisa dibeli dengan harga terjangkau, terutama jika Anda menggunakan T-Money, kartu transit yang bisa digunakan untuk membayar transportasi umum di Korea. T-Money juga dapat digunakan untuk membayar di toko atau toko kelontong tertentu, sehingga sangat praktis bagi backpacker.

3. Sewa Sepeda

Salah satu cara unik untuk berkeliling Korea dengan hemat adalah dengan menyewa sepeda. Korea memiliki jalur sepeda yang luas dan nyaman untuk berkeliling kota. Anda bisa menyewa sepeda di beberapa kota besar seperti Seoul, Busan, atau Jeju. Harga sewa sepeda biasanya terjangkau, dan Anda bisa menikmati pemandangan indah dan udara segar saat bersepeda di sepanjang jalur wisata yang ditawarkan oleh Korea.

4. Kereta Api

Bagi backpacker yang ingin berkeliling Korea dengan lebih nyaman, menggunakan kereta api bisa menjadi opsi yang baik. Korea memiliki jaringan kereta api yang luas dan modern, yang menghubungkan berbagai kota di negara ini. Anda bisa memilih antara kereta regional atau kereta cepat KTX jika Anda ingin berpergian dengan cepat. Tiket kereta api biasanya lebih mahal daripada bus, tetapi dengan menggunakan kartu transit seperti T-Money, Anda bisa mendapatkan diskon khusus sehingga tetap hemat dalam perjalanan Anda.

5. Penyewaan Mobil

Bagi backpacker yang menginginkan kebebasan untuk menjelajahi tempat-tempat di Korea dengan lebih fleksibel, menyewa mobil bisa menjadi opsi yang bagus. Meskipun harga penyewaan mobil bisa lebih mahal daripada transportasi umum lainnya, tetapi jika Anda berbagi biaya dengan teman travel, maka biaya per orang dapat menjadi lebih terjangkau. Selain itu, dengan menyewa mobil, Anda bisa mengatur sendiri jadwal perjalanan Anda dan mengeksplorasi tempat-tempat di Korea yang sulit dijangkau dengan transportasi umum.

Itulah beberapa opsi transportasi hemat yang dapat digunakan oleh para backpacker saat berkeliling Korea. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, sehingga Anda dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan dan berkesan di negara ini.

Makanan dan Kuliner Korea yang Terjangkau

Ketika berbicara tentang perjalanan sebagai seorang backpacker di Korea, satu aspek yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicipi makanan dan kuliner lokal. Meski terkenal dengan masakan yang lezat, Korea juga memiliki banyak pilihan kuliner yang terjangkau bagi para backpacker yang ingin mengeksplorasi kota ini tanpa menguras kantong. Berikut adalah beberapa makanan dan kuliner Korea yang dapat dinikmati dengan harga terjangkau.

Bibimbap

Salah satu makanan Korea yang populer dan terjangkau adalah bibimbap. Bibimbap adalah nasi yang diaduk dengan berbagai jenis sayuran, daging, dan telur. Hidangan ini biasanya disajikan dalam mangkuk besar dan dapat dinikmati dengan saus pedas. Harganya relatif murah dan mudah ditemukan di berbagai restoran dan warung makan di Korea.

Tteokbokki

Tteokbokki adalah makanan Korea yang terbuat dari olahan tepung beras yang dicampur dengan saus pedas. Makanan ini biasanya dijual di gerobak jalanan atau restoran pinggir jalan dengan harga yang sangat terjangkau. Rasanya pedas, gurih, dan sedikit manis, menjadikannya salah satu makanan favorit di kalangan backpacker.

Kimbap

Bagi para backpacker yang ingin makanan ringan dan mudah dibawa saat berkeliling kota, kimbap adalah pilihan yang tepat. Kimbap adalah jenis sushi Korea yang terdiri dari nasi, sayuran, dan daging yang digulung dengan nori. Makanan ini bisa dijumpai di toko kue dan toko makanan jajanan di seluruh kota Korea dengan harga yang terjangkau.

Jajangmyeon

Bagi pecinta mie, jajangmyeon adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Mie ini disajikan dengan saus hitam yang terbuat dari kacang kedelai dan daging babi. Rasanya gurih dan lezat, serta harganya terjangkau bagi para backpacker. Jajangmyeon dapat ditemukan di restoran-restoran di kota-kota besar Korea, terutama di area terjangkau seperti Hongdae dan Myeongdong.

Kimbap Cheonguk

Jika Anda ingin menikmati kimbap dengan variasi yang lebih banyak, Kimbap Cheonguk adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Restoran ini menyajikan berbagai jenis kimbap dengan harga yang terjangkau. Anda dapat memilih kimbap dengan isian daging, sayuran, atau makanan laut sesuai selera Anda.

Budae Jjigae

Jika Anda ingin mencoba hidangan yang khas dan unik di Korea, Budae Jjigae adalah pilihan yang menarik. Budae Jjigae adalah semacam sup dengan campuran berbagai bahan seperti sosis, ham, kimchi, kacang polong, dan tteok. Hidangan ini terinspirasi dari masa-masa kelangkaan bahan makanan di Korea Selatan dan menjadi populer di kalangan tentara Amerika Serikat yang berada di Korea pada saat itu. Hidangan ini biasanya disajikan dalam panci besar dan bisa dinikmati bersama teman-teman dengan harga yang terjangkau.

Demikianlah beberapa makanan dan kuliner Korea yang dapat dinikmati dengan harga terjangkau bagi para backpacker. Selama menjelajahi Korea, jangan lupa mencoba hidangan-hidangan ini yang tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan bagian dari pengalaman budaya yang unik.

Tips Keuangan untuk Backpacker di Korea

Perjalanan backpacker ke Korea dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Namun, sebagai seorang backpacker, penting untuk mengatur keuangan dengan bijak agar perjalanan tetap hemat dan efisien. Berikut ini adalah beberapa tips keuangan untuk backpacker di Korea:

1. Rencanakan anggaran perjalanan

Sebelum berangkat, penting untuk membuat rencana anggaran perjalanan. Tentukan berapa banyak uang yang ingin Anda habiskan untuk transportasi, akomodasi, makanan, dan kegiatan lainnya. Dengan memiliki anggaran yang jelas, Anda dapat mengendalikan pengeluaran dan memastikan uang Anda cukup sepanjang perjalanan.

2. Pilih akomodasi yang terjangkau

Salah satu cara untuk menghemat uang adalah dengan memilih akomodasi yang terjangkau. Korea memiliki banyak hostel dan guesthouse yang ramah kantong, terutama di daerah-daerah wisata. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan layanan booking online atau aplikasi untuk mendapatkan diskon atau promo khusus.

3. Jelajahi tempat-tempat wisata dengan transportasi umum

Transportasi umum di Korea sangat efisien dan dapat menjadi pilihan yang lebih murah dibandingkan menyewa mobil atau taksi. Gunakan kartu transportasi publik seperti T-Money atau Korea Tour Card untuk mendapatkan harga tiket yang lebih murah dan menghemat uang Anda saat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

4. Cari restoran lokal yang terjangkau

Salah satu cara untuk menghemat uang makanan adalah dengan mencari restoran lokal yang terjangkau. Jauhkan diri Anda dari restoran mewah atau restoran wisata yang biasanya lebih mahal. Coba beberapa makanan tradisional Korea di warung kecil atau food court untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang lezat dengan harga yang terjangkau.

5. Hindari makanan dan minuman yang mahal di tempat wisata

Jika Anda sedang berkunjung ke tempat wisata populer, hindari membeli makanan atau minuman yang mahal di sekitar area tersebut. Biasanya, harga makanan dan minuman di tempat-tempat wisata cenderung lebih tinggi dari harga normal di luar area tersebut. Bawa bekal sendiri atau cari tempat makan di luar area wisata untuk menghemat uang Anda.

6. Manfaatkan promo dan diskon

Korea sering memiliki berbagai promo dan diskon khusus untuk turis. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan tiket wisata, makanan, atau barang-barang lainnya dengan harga yang lebih murah. Jangan lupa untuk memeriksa informasi promo dan diskon di brosur atau situs web resmi tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi.

7. Pergunakanlah kartu kredit dengan bijak

Jika Anda menggunakan kartu kredit saat perjalanan, pastikan untuk menggunakan kartu dengan bijak. Cari tahu tentang biaya konversi mata uang dan biaya lainnya yang mungkin dikenakan saat Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit. Selalu ingat untuk membayar tagihan kartu kredit tepat waktu guna menghindari denda atau bunga yang meningkat.

Itulah beberapa tips keuangan yang dapat membantu Anda mengatur keuangan saat melakukan perjalanan backpacker ke Korea. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati perjalanan Anda tanpa harus khawatir tentang pengeluaran berlebihan.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *