Panduan Perjalanan ke Bandung Sumedang

  • Indra Kurniawan
  • Nov 07, 2023
Panduan Perjalanan ke Bandung Sumedang

Tentang Bandung dan Sumedang

Bandung dan Sumedang adalah dua kota di Jawa Barat yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan serta berbagai tempat wisata yang menarik.

Sejarah Bandung dan Sumedang

Bandung, yang juga dikenal sebagai “Kota Kembang”, adalah ibu kota Jawa Barat. Kota ini memiliki sejarah yang kaya, mulai dari masa kolonial Belanda hingga perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bandung dikenal dengan arsitektur ala Eropa pada masa penjajahan, terlihat dari bangunan-bangunan bersejarah seperti Gedung Sate.

Sementara itu, Sumedang adalah kota kecil yang terletak di sebelah timur Bandung. Kota ini telah ada sejak abad ke-10 dan memiliki warisan sejarah yang kaya. Sumedang dikenal dengan budaya dan kesenian tradisionalnya, seperti tarian Jaipong yang memukau.

Tempat Wisata di Bandung

Bandung adalah surganya para pecinta alam. Ada banyak tempat wisata yang dapat dijelajahi, mulai dari pegunungan hingga danau-danau yang indah. Puncak, misalnya, menawarkan pemandangan yang luar biasa dari ketinggian dan juga menjadi tempat favorit untuk berjemur dan bersantai.

Bagi pecinta sejarah dan budaya, Museum Geologi dan Museum Pos Indonesia adalah tempat yang wajib dikunjungi. Kedua museum ini menampilkan koleksi unik dan menarik tentang sejarah dan kehidupan di Bandung.

Tempat Wisata di Sumedang

Sumedang juga tidak kalah menarik dengan Kota Bandung. Salah satu tempat wisata terkenal di Sumedang adalah Grojogan Sewu, sebuah air terjun spektakuler yang terletak di kaki Gunung Ciremai. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan cocok untuk berfoto bersama keluarga atau teman-teman.

Untuk para pecinta sejarah, Goa Jepang adalah tempat yang harus dikunjungi. Goa ini digunakan sebagai markas oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II dan sekarang telah dijadikan museum dan monumen sejarah.

Kuliner Khas Bandung dan Sumedang

Ketika mengunjungi Bandung dan Sumedang, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner khas daerah ini. Bandung terkenal dengan makanan “sundanese”, seperti nasi timbel, sate maranggi, dan lotek. Di sisi lain, Sumedang terkenal dengan makanan tradisional seperti tahu sumedang, lontong kari, dan cireng.

Jadi, jika Anda mencari liburan yang indah dan unik, Bandung dan Sumedang adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi. Dengan keindahan alamnya, tempat-tempat wisata menarik, dan kuliner khasnya, Anda pasti akan merasa terkesan. Selamat menjelajahi!

Transportasi Menuju Bandung dan Sumedang

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Bandung dan Sumedang, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan layanan transportasi umum seperti kereta api atau bus.

Kendaraan Pribadi

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan mobil atau motor untuk menuju ke Bandung dan Sumedang. Jalur utama yang dapat Anda tempuh adalah melalui jalan tol. Terdapat beberapa pintu tol yang dapat Anda gunakan, misalnya pintu tol Kopo, Padalarang, atau Cileunyi. Meskipun Anda harus membayar tol, menggunakan kendaraan pribadi dapat memberikan Anda kebebasan dalam menentukan waktu perjalanan dan tempat yang ingin dikunjungi di sepanjang perjalanan.

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan siap untuk perjalanan yang jauh. Periksa keadaan mesin, ban, dan pastikan semua perangkat keamanan seperti sabuk pengaman dan lampu-lampu kendaraan dalam kondisi baik. Juga, perhatikan aturan lalu lintas dan patuhi semua rambu-rambu yang ada demi keselamatan perjalanan Anda.

Kereta Api

Jika Anda tidak ingin repot membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan layanan kereta api untuk menuju ke Bandung dan Sumedang. Di Bandung, terdapat beberapa stasiun kereta api, seperti Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Gedebage. Anda dapat membeli tiket kereta api secara online atau langsung di stasiun sebelum keberangkatan. Perjalanan dengan kereta api dapat memberikan Anda kenyamanan dan juga pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

Jika Anda ingin mengunjungi Sumedang dari Bandung, Anda dapat menggunakan layanan kereta api dengan rute Bandung-Sumedang. Ada beberapa jadwal keberangkatan yang dapat Anda pilih, jadi pastikan Anda memeriksa jadwal terbaru sebelum pergi. Perjalanan dengan kereta api juga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

Bus

Jika Anda ingin mencoba pengalaman perjalanan yang lebih terjangkau, Anda dapat menggunakan layanan bus untuk menuju ke Bandung dan Sumedang. Terdapat banyak perusahaan bus yang melayani rute ini dengan berbagai pilihan jadwal keberangkatan. Anda dapat membeli tiket bus di agen penjualan tiket atau langsung di terminal bus sebelum keberangkatan.

Perjalanan dengan bus juga dapat memberikan Anda kesempatan untuk melihat pemandangan di sepanjang jalan. Namun, perlu diingat bahwa perjalanan dengan bus bisa lebih lama dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kereta api. Pastikan Anda merencanakan waktu perjalanan dengan baik dan memperhatikan jadwal bus untuk menghindari keterlambatan.

Dengan berbagai pilihan transportasi yang tersedia, Anda dapat memilih cara perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan dengan baik agar Anda dapat menikmati liburan di Bandung dan Sumedang dengan nyaman.

Tempat Wisata di Bandung

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Mulai dari objek wisata alam, budaya, hingga sejarah, Bandung memiliki banyak pilihan untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bandung yang bisa menjadi tujuan liburan yang menyenangkan.

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata alam yang terkenal di Bandung. Gunung yang berada dalam kawasan ini memiliki bentuk yang unik, menyerupai perahu terbalik. Pengunjung bisa naik ke puncak gunung dan menikmati pemandangan yang spektakuler. Selain itu, ada juga beberapa kawah yang bisa dikunjungi seperti Kawah Ratu dan Kawah Upas. Tangkuban Perahu menjadi tempat yang tepat untuk menikmati udara segar dan indahnya alam Bandung.

Saung Angklung Udjo

Apabila Anda ingin merasakan suasana budaya di Bandung, Anda bisa mengunjungi Saung Angklung Udjo. Tempat ini menghadirkan pertunjukan angklung, alat musik tradisional khas Sunda. Anda tidak hanya bisa menonton pertunjukan, tetapi juga ikut serta dalam bermain angklung. Selain itu, Saung Angklung Udjo juga memiliki museum yang menampilkan berbagai jenis angklung. Suasana yang ramah dan hangat di Saung Angklung Udjo akan membuat pengalaman wisata Anda menjadi lebih berkesan.

Jalan Braga

Jalan Braga adalah salah satu tempat yang paling terkenal di Bandung. Jalan ini memiliki bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur klasik yang masih terjaga hingga saat ini. Di sepanjang Jalan Braga, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas seperti restoran, kafe, toko souvenir, dan masih banyak lagi. Jalan Braga sangat cocok untuk dijelajahi sambil menikmati suasana kota Bandung yang khas.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Bandung yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bandung, pastikan untuk meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Selamat berlibur!

Situ Patengan

Situ Patengan adalah salah satu tempat wisata terkenal di Sumedang. Terletak di kawasan pegunungan, situ ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan danau yang tenang dan hutan hijau yang indah di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan naik perahu di danau atau berjalan-jalan di sekitar situ untuk menyaksikan keberagaman flora dan fauna.

Situ Ciburuy

Situ Ciburuy adalah sebuah danau alami yang terletak di Sumedang. Danau ini dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau dan indah. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar danau atau berlibur di salah satu vila yang tersedia di sekitarnya. Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat memancing di danau atau sekadar bersantai di pinggir danau sambil menikmati pemandangan yang menenangkan.

Candi Cangkuang

Candi Cangkuang merupakan candi Hindu tertua yang terletak di Jawa Barat. Candi ini terletak di pulau kecil di tengah Danau Situ Cangkuang. Untuk mencapai candi ini, pengunjung harus naik perahu tradisional dari tepi danau. Candi Cangkuang memiliki arsitektur yang indah dan menjadi saksi bisu dari sejarah Islamisasi di Jawa Barat. Di sekitar candi, terdapat sebuah desa dengan rumah-rumah adat Sunda yang masih berdiri kokoh.

Tempat Wisata Lainnya

Di Sumedang, terdapat banyak tempat wisata menarik lainnya yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Gunung Tampomas yang cocok untuk pendaki pemula karena memiliki jalur pendakian yang terbilang mudah. Puncak Gunung Tampomas menawarkan panorama yang spektakuler dengan pemandangan kota Sumedang yang indah.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Pemandian Air Panas Gunung Aseupan yang terkenal dengan kandungan mineral alaminya yang menyehatkan. Air panas tersebut diyakini memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Bagi pecinta sejarah, pengunjung dapat mengunjungi Museum Harahap yang merupakan museum khusus tentang sejarah Sumedang. Museum ini menyimpan berbagai koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang menceritakan perjalanan sejarah kota Sumedang.

Untuk mencicipi kuliner khas Sumedang, pengunjung dapat mengunjungi Pasar Palasari. Di pasar ini, pengunjung dapat menemukan berbagai makanan tradisional Sumedang seperti nasi tutug oncom, mie koclok, dan tahu gejrot.

Kesimpulan

Sumedang memiliki banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Dari danau yang indah hingga situs sejarah yang bersejarah, Sumedang memiliki berbagai pilihan untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan sejarah Jawa Barat. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Sumedang saat liburan selanjutnya!

Kuliner Khas Bandung dan Sumedang

Bandung dan Sumedang adalah dua kota di Jawa Barat yang terkenal dengan kelezatan kuliner tradisionalnya. Jika Anda berada di wilayah ini, jangan lewatkan untuk mencoba beberapa hidangan khas Bandung dan Sumedang yang akan memanjakan lidah Anda.

Nasi Timbel

Nasi timbel adalah salah satu makanan tradisional Sunda yang menjadi ikon kuliner Bandung. Hidangan ini terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan lauk pauk serta sambal. Biasanya, lauk pauk yang disajikan adalah ayam goreng, ikan goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan sayur asem. Nasi timbel memiliki aroma daun pisang yang khas dan rasanya yang gurih membuatnya menjadi hidangan yang sangat disukai dalam budaya makan Sunda.

Pepes Ikan

Pepes ikan juga merupakan kuliner khas Bandung yang patut dicoba. Hidangan ini terbuat dari ikan yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Sunda seperti bawang merah, bawang putih, cabai, daun jeruk, dan daun salam. Ikan yang telah dibumbui kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang atau dikukus. Proses pemanggangan atau pengukusan membuat rempah-rempah menyerap ke dalam ikan, memberikan cita rasa yang kaya dan lezat.

Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah kuliner khas dari Sumedang yang terkenal di seluruh Indonesia. Tahu ini dibuat dengan teknik khusus menggunakan air pegedegan yang berasal dari kelapa yang muda. Air kelapa muda tersebut dicampur dengan asam jawa dan mengendap selama beberapa jam. Setelah mengendap, air kelapa digunakan sebagai pengganti air pada proses pembuatan tahu. Tahu Sumedang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Hidangan ini cocok disajikan dengan sambal dan lalapan segar.

Surabi

Surabi adalah makanan tradisional Indonesia yang juga populer di Sumedang. Surabi terbuat dari adonan tepung beras, gula kelapa cair, dan santan. Adonan tersebut kemudian dituang ke dalam cetakan khusus dan dipanggang hingga matang. Surabi memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Terdapat beberapa jenis surabi, seperti surabi oncom, surabi bandros, dan surabi cilembu. Setiap jenis surabi memiliki karakteristik dan rasa yang unik.

Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke Bandung dan Sumedang, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas dari dua kota ini. Nasi Timbel dan pepes ikan adalah kuliner khas Bandung yang menawarkan cita rasa Sunda yang autentik. Di sisi lain, Tahu Sumedang dan surabi adalah hidangan khas Sumedang yang akan memanjakan lidah Anda. Selamat menikmati!

Belanja Oleh-oleh di Bandung dan Sumedang

Anda dapat membeli oleh-oleh khas sunda seperti manisan kacang, batik, dan juga kerajinan tangan di Bandung dan Sumedang.

Bagi Anda yang suka membeli oleh-oleh saat berwisata, Bandung dan Sumedang menawarkan berbagai pilihan produk khas sunda yang tidak hanya enak, namun juga bisa menjadi buah tangan yang istimewa. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas sunda yang bisa Anda temukan di kedua kota ini.

1. Manisan Kacang

Manisan kacang adalah salah satu oleh-oleh khas sunda yang paling populer di Bandung dan Sumedang. Manisan kacang yang terbuat dari kacang tanah renyah dan gurih ini menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Anda bisa menemukan manisan kacang ini di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di kota-kota tersebut.

2. Batik

Salah satu warisan budaya Indonesia yang paling terkenal adalah batik. Di Bandung dan Sumedang, Anda dapat menemukan berbagai macam batik khas sunda dengan desain dan motif yang cantik. Batik ini bisa dijadikan oleh-oleh yang eksklusif dan memiliki nilai seni tinggi. Ada banyak toko atau pusat kerajinan tangan di kedua kota ini yang menjual batik dengan harga yang beragam.

3. Kerajinan Tangan

Jika Anda mencari oleh-oleh yang unik dan kreatif, Anda bisa membeli kerajinan tangan khas sunda di Bandung dan Sumedang. Terdapat berbagai macam kerajinan tangan seperti tas rajut, aksesoris dari kulit, patung kayu, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan kerajinan tangan ini di pasar seni atau toko oleh-oleh di sekitar kota-kota tersebut.

4. Makanan Khas Sunda

Tentu saja, jangan lupa untuk membeli makanan khas sunda sebagai oleh-oleh. Bandung dan Sumedang memiliki banyak makanan lezat yang bisa Anda bawa pulang, seperti keripik tempe, sale pisang, dodol, dan peuyeum. Anda bisa membeli makanan khas sunda ini di berbagai toko oleh-oleh atau pasar tradisional di kota tersebut.

5. Souvenir Unik

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh yang berbeda dari yang lain, Anda bisa mencari souvenir unik di Bandung dan Sumedang. Terdapat berbagai macam souvenir yang bisa Anda pilih, mulai dari kaos, gantungan kunci, hingga miniatur alat musik tradisional sunda. Anda bisa menemukan souvenir ini di toko-toko oleh-oleh yang ada di pusat perbelanjaan atau jalan-jalan wisata di kota-kota tersebut.

6. Kopi dan Teh

Bagi pecinta kopi dan teh, Bandung dan Sumedang adalah surga bagi Anda. Anda bisa menemukan berbagai jenis kopi dan teh khas sunda yang memiliki rasa yang khas dan unik. Kopi dan teh ini bisa dijadikan oleh-oleh yang cocok untuk dinikmati di rumah. Anda bisa membeli kopi dan teh ini di toko-toko kopi atau pasar tradisional di kedua kota tersebut.

Hotel Mewah di Bandung dan Sumedang

Untuk Anda yang mencari pengalaman menginap yang mewah dan berkualitas, Bandung dan Sumedang menawarkan berbagai pilihan hotel mewah yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Hotel mewah ini dilengkapi dengan fasilitas modern, layanan yang ramah, dan kenyamanan yang tak tertandingi.

Salah satu hotel mewah yang disarankan di Bandung adalah The Trans Luxury Hotel. Hotel ini terkenal karena kemewahannya yang terlihat dari desain interior yang elegan dan kamar-kamar yang luas. Hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, pusat kebugaran, dan restoran mewah yang menawarkan masakan internasional.

Di Sumedang, Anda dapat mencoba menginap di Hotel Santika Sumedang. Hotel ini menawarkan fasilitas yang tidak kalah mewah seperti akses internet Wi-Fi gratis, kolam renang, pusat kebugaran, dan layanan kamar 24 jam. Selain itu, lokasinya yang strategis membuat hotel ini menjadi pilihan terbaik bagi wisatawan yang mengunjungi Sumedang.

Penginapan Budget di Bandung dan Sumedang

Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas, Bandung dan Sumedang juga menyediakan penginapan budget yang nyaman dan terjangkau. Penginapan budget ini beragam, mulai dari guest house, homestay, hingga hostel yang menawarkan tarif yang ramah di kantong Anda.

Salah satu penginapan budget yang populer di Bandung adalah Buton Backpacker Lodge. Penginapan ini menawarkan konsep backpacker yang cocok bagi wisatawan yang ingin berhemat namun tetap nyaman. Selain itu, lokasinya yang strategis di pusat kota Bandung membuat penginapan ini banyak diminati oleh wisatawan.

Di Sumedang, Anda bisa mencoba menginap di Penginapan Cemara yang juga menawarkan tarif yang ramah di kantong Anda. Penginapan ini memberikan fasilitas sederhana namun nyaman seperti kamar yang bersih, akses internet Wi-Fi gratis, dan parkir gratis. Penginapan ini juga memiliki lokasi yang strategis dekat dengan pusat kota Sumedang, sehingga memudahkan wisatawan untuk menjelajahi tempat-tempat menarik di sekitarnya.

Apartemen dan Villa di Bandung dan Sumedang

Bagi Anda yang mencari pengalaman menginap yang berbeda, Bandung dan Sumedang juga menyediakan pilihan apartemen dan villa yang dapat disewa. Apartemen dan villa ini biasanya menawarkan ruangan yang lebih luas dan fasilitas yang lengkap, sehingga cocok untuk keluarga besar atau rombongan.

Salah satu apartemen yang direkomendasikan di Bandung adalah Daily Home Apartment. Apartemen ini menawarkan berbagai tipe kamar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, apartemen ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan restoran. Lokasinya yang strategis di pusat kota Bandung menjadikan apartemen ini sebagai pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Bandung dengan mudah.

Di Sumedang, Anda bisa mencoba menginap di Villa Zamrud. Villa ini menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dan tenang dengan suasana pedesaan yang asri. Villa ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, ruang tamu, dapur, dan taman yang luas. Dengan pemandangan alam yang indah, villa ini merupakan destinasi penginapan yang cocok untuk liburan keluarga atau untuk mengadakan acara-acara spesial seperti pernikahan atau gathering perusahaan.

Dengan berbagai macam pilihan penginapan di Bandung dan Sumedang, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jangan lupa untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar penginapan yang Anda inginkan tersedia saat Anda berkunjung ke Bandung dan Sumedang.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *