Panduan Perjalanan dari Bandung ke BSD

  • Indra Kurniawan
  • Dec 21, 2023
Panduan Perjalanan dari Bandung ke BSD

Destinasi Populer di Bandung untuk Dikunjungi

Bandung merupakan kota yang kaya akan destinasi populer yang cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Dengan banyaknya tempat menarik, Bandung menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa destinasi populer di Bandung yang wajib dikunjungi.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (THRI) adalah salah satu tempat wisata populer di Bandung. Terletak di Lembang, taman ini menawarkan keindahan alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati udara segar, hijaunya pepohonan, dan suara riak air sungai yang menenangkan. Terdapat juga berbagai macam flora dan fauna yang dapat ditemukan di taman ini. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau piknik bersama keluarga atau teman-teman. Taman ini menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat sejenak dari keramaian perkotaan.

Kawah Putih

Kawah Putih adalah destinasi populer lainnya di Bandung yang menakjubkan. Terletak di daerah Ciwidey, Kawah Putih memiliki panorama alam yang eksotis. Kawah ini terkenal dengan air danau yang berwarna putih kehijauan yang terbentuk akibat asap belerang yang keluar dari dalam tanah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan, menghirup udara segar, serta berfoto di sekitar kawah. Terdapat juga jalan menuju kawah yang bisa dilewati dengan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Jangan lupa untuk membawa jaket, karena suhu di sekitar Kawah Putih cenderung dingin.

Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland adalah destinasi wisata yang cocok untuk keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama-sama. Terletak di Lembang, tempat ini menawarkan berbagai macam atraksi dan wahana yang menarik. Pengunjung dapat menikmati permainan air, taman bermain, kolam renang, serta berbagai wahana lainnya. Terdapat juga mini zoo di Kampung Gajah Wonderland, di mana pengunjung dapat melihat berbagai hewan seperti gajah, kuda, burung, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga restoran dan kafe di tempat ini untuk memenuhi kebutuhan kuliner pengunjung.

Pasar Baru Bandung

Pasar Baru Bandung merupakan salah satu destinasi populer untuk berbelanja di Kota Bandung. Pasar ini terkenal dengan beragam produk busana, tekstil, dan kerajinan tangan. Pengunjung dapat menemukan berbagai macam pakaian, sepatu, tas, dan aksesoris dengan harga yang terjangkau. Pasar ini juga menjadi tempat yang cocok untuk mencari oleh-oleh khas Bandung seperti Batik Tulis, brownies, dan keripik tempe. Selain itu, terdapat juga restoran dan kedai kopi di sekitar pasar untuk melepas penat setelah berbelanja.

Farmhouse Susu Lembang

Farmhouse Susu Lembang adalah tempat wisata yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Terletak di Lembang, tempat ini menawarkan pengalaman peternakan dengan suasana seperti di Eropa. Pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan-hewan di peternakan, seperti domba, kambing, kelinci, dan sapi. Terdapat juga fasilitas lainnya seperti taman bermain, restoran, dan kedai susu. Tempat ini menjadi destinasi favorit bagi pecinta alam dan keluarga yang ingin mengajak anak-anak untuk belajar tentang hewan-hewan ternak.

Demikianlah beberapa destinasi populer di Bandung yang patut dikunjungi. Setiap tempat menarik ini memiliki pesonanya masing-masing dan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Jelajahi keindahan alam, berbelanja di Pasar Baru, atau berinteraksi dengan hewan-hewan di Farmhouse Susu Lembang, pilihlah destinasi yang paling sesuai dengan minat dan keinginan Anda. Selamat berlibur di Bandung!

Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Bandung

Bandung terkenal dengan kekayaan kuliner yang dapat memanjakan lidah para pengunjung. Selain terkenal dengan kulinernya yang lezat, Bandung juga terkenal dengan harga makanannya yang terjangkau, sehingga para wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan yang lezat tanpa perlu khawatir akan biaya yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata kuliner yang wajib dicoba saat berlibur ke Bandung.

1. Makanan Khas Bandung

Salah satu wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Bandung adalah mencoba berbagai makanan khas daerah ini. Beberapa makanan khas Bandung yang terkenal antara lain batagor, siomay, bubur ayam, nasi timbel, dan masih banyak lagi. Makanan-makanan ini memiliki cita rasa yang unik dan otentik, sehingga akan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda bagi para pengunjung.

Batagor, singkatan dari baso tahu goreng, adalah makanan yang terdiri dari baso ikan yang digoreng dengan tahu dan disajikan dengan saus kacang. Sedangkan siomay adalah makanan yang terbuat dari campuran ikan dan tepung, kemudian dikukus dan disajikan dengan saus kacang yang khas. Bubur ayam adalah makanan yang terbuat dari nasi bubur yang lembut dengan topping daging ayam, telur, dan bawang goreng. Sedangkan nasi timbel adalah nasi yang dimasak dengan daun pisang dan disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, ikan bakar, tahu goreng, dan sambal terasi.

2. Cireng

Kuliner khas Bandung yang juga sangat terkenal adalah cireng. Cireng singkatan dari aci digoreng, yaitu makanan yang terbuat dari tepung tapioka yang digoreng dengan minyak panas. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus pedas. Cireng memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih, sehingga banyak disukai oleh para pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Cireng dapat ditemukan di berbagai warung dan pedagang kaki lima di Bandung. Beberapa tempat yang terkenal dengan cirengnya antara lain Cireng Mang Ade dan Cireng Cipaganti. Para pengunjung dapat memilih berbagai variasi cireng, seperti cireng isi keju, cireng isi sosis, cireng isi cokelat, dan masih banyak lagi. Harga cireng juga terjangkau, sehingga cocok untuk dinikmati sebagai camilan di tengah perjalanan.

3. Es Durian

Untuk para pecinta durian, Bandung juga menyediakan hidangan es durian yang lezat. Es durian adalah hidangan yang terbuat dari daging durian segar yang dihaluskan dan dicampur dengan susu, gula, dan es serut. Es durian memiliki rasa yang manis, krimi, dan segar.

Salah satu tempat yang terkenal dengan hidangan es durian di Bandung adalah Warung Pojok Durian. Warung ini menawarkan berbagai variasi es durian, seperti es durian dengan susu kental manis, es durian dengan krim kocok, dan es durian dengan bubur ketan hitam. Hidangan ini cocok untuk dinikmati saat cuaca sedang panas, karena kesegarannya dapat menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh.

Bagi para pecinta kuliner, Bandung adalah tempat yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai hidangan lezat. Selain tempat-tempat wisata di Bandung yang menarik, wisata kuliner juga tidak kalah menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai kuliner enak di Bandung saat liburan nanti ya!

Tempat Belanja Seru di Bandung

Sebagai salah satu kota wisata paling populer di Indonesia, Bandung tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga sebagai surga belanja. Terdapat berbagai pusat perbelanjaan yang menarik dan menawarkan beragam pilihan produk untuk memuaskan para wisatawan. Inilah beberapa tempat belanja seru di Bandung yang wajib dikunjungi.

1. Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Trade Center merupakan pusat perbelanjaan yang legendaris di Bandung. Tempat ini menawarkan berbagai macam barang seperti pakaian, sepatu, tas, kain, dan banyak lagi. Anda juga dapat menemukan produk-produk fashion dengan kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau di sini. Pasar Baru Trade Center juga memiliki banyak warung makanan dan kafe yang menawarkan hidangan lezat khas Bandung.

2. Paris Van Java

Paris Van Java adalah pusat perbelanjaan mewah yang terletak di jantung Bandung. Tempat ini menawarkan pengalaman berbelanja yang unik dengan arsitektur yang menarik dan suasana yang elegan. Anda dapat menemukan merek-merek terkenal, restoran cepat saji, butik-butik eksklusif, dan bioskop di sini. Paris Van Java tidak hanya dibuat untuk berbelanja, tetapi juga untuk bersantai dan menikmati suasana yang nyaman.

3. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk atau yang biasa disebut CiWalk merupakan pusat perbelanjaan yang terkenal dengan produk-produk fashion dan tekstil. Tempat ini menawarkan berbagai toko yang menjual celana jeans, baju, sepatu, dan aksesoris dengan berbagai gaya dan merek. Anda juga dapat menemukan beragam kuliner khas Bandung di area makanan CiWalk.

Cihampelas Walk juga memiliki keunikan lain yaitu adanya jalan pejalan kaki yang dikenal sebagai “Jeans Street”. Jalan ini dipenuhi dengan toko-toko yang menjual celana jeans dengan berbagai macam model dan warna. Para pengunjung dapat dengan nyaman berjalan-jalan sambil berbelanja dan mencari celana jeans yang sesuai dengan selera mereka.

Cihampelas Walk juga sering menjadi tempat untuk pertunjukan seni dan acara budaya. Tempat ini menjadi pusat kegiatan komunitas seni dan budaya di Bandung, sehingga sering diadakan berbagai acara menarik seperti pameran seni, konser musik, dan fashion show.

4. Factory Outlet Dago

Factory Outlet Dago adalah tempat belanja terkenal di Bandung yang menawarkan produk-produk fashion dengan harga diskon. Tempat ini adalah surga bagi pecinta belanja karena Anda dapat menemukan produk-produk fashion terbaru dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pusat perbelanjaan lainnya. Terdapat berbagai toko yang menjual pakaian, sepatu, tas, dan aksesoris dari merek terkenal di sini.

Factory Outlet Dago juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, sehingga Anda dapat menikmati suasana yang segar dan nyaman saat berbelanja. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang ingin mendapatkan produk fashion berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Dalam perjalanan berbelanja di Bandung, jangan lupa untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik dan menyediakan waktu yang cukup. Selamat berbelanja dan menikmati pengalaman belanja yang seru di Bandung!

Tempat Wisata Alam Menarik di Sekitar Bandung

Bandung, selain terkenal dengan keindahan alam dan udaranya yang sejuk, juga memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang mencari petualangan dan ingin melihat keindahan alam sekitar Bandung, berikut ini adalah beberapa tempat wisata alam yang dapat Anda kunjungi.

Tebing Keraton

Tebing Keraton adalah destinasi wisata alam yang populer di Bandung. Terletak di daerah Lembang, Tebing Keraton menawarkan pemandangan yang spektakuler. Dari sini, Anda dapat melihat keindahan Kota Bandung dan juga pegunungan sekitarnya. Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan matahari terbit dan terbenam yang indah. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen berharga Anda di Tebing Keraton.

Ranca Upas

Ranca Upas adalah sebuah kawasan wisata alam di Ciwidey, Bandung Selatan. Tempat ini terkenal dengan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di dalamnya. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar danau yang indah, menyusuri hutan pinus yang rimbun, atau bahkan berkemah di area perkemahan yang tersedia. Ranca Upas juga memiliki kebun binatang mini yang menarik untuk dikunjungi dengan keluarga.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, atau yang biasa dikenal dengan Taman Hutan Raya (Tahura), adalah salah satu tempat wisata alam terbesar di Bandung. Tempat ini memiliki luas sekitar 590 hektar dan menawarkan berbagai kegiatan alam, seperti hiking, bersepeda, dan piknik. Anda juga dapat menikmati pemandangan yang indah dari atas menara pandang yang ada di Tahura. Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, termasuk berbagai spesies burung endemik.

Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di daerah Ciwidey, sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung. Tempat ini terkenal dengan danau berwarna putih kehijauan yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Anda dapat menikmati pemandangan indah danau Kawah Putih, serta menjelajahi area sekitarnya yang dipenuhi dengan pepohonan dan udara segar. Jangan lupa untuk membawa jaket karena suhu di Kawah Putih cenderung dingin.

Tebing Ciumbuleuit

Tebing Ciumbuleuit adalah sebuah spot wisata alam yang sangat populer di Bandung. Terletak di daerah Ciumbuleuit, tempat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Dari atas tebing, Anda dapat melihat panorama Kota Bandung yang memukau. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menikmati matahari terbenam yang indah. Tempat ini juga menjadi favorit para pecinta fotografi untuk mengabadikan momen-momen yang tak terlupakan.

Itulah beberapa tempat wisata alam yang menarik di sekitar Bandung. Jika Anda ingin melarikan diri sejenak dari kepenatan kota dan menjelajahi keindahan alam, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi-destinasi di atas. Selamat menikmati liburan Anda!

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Bandung

Selain mengunjungi tempat wisata, Bandung juga menawarkan berbagai kegiatan seru yang bisa membuat liburan Anda di kota ini menjadi lebih menyenangkan. Mulai dari bersepeda hingga hiking, ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di Bandung.

Bersepeda di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Salah satu kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di Bandung adalah bersepeda di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Taman ini merupakan tempat yang cocok bagi pecinta alam dan olahraga. Terdapat banyak jalur sepeda yang bisa Anda pilih, mulai dari yang cocok untuk pemula hingga yang lebih menantang untuk para pengendara berpengalaman. Nikmati segarnya udara dan keindahan alam Bandung sambil bersepeda di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Berkunjung ke Taman Buru Gunung Manglayang

Taman Buru Gunung Manglayang juga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur di Bandung. Anda dapat melakukan kegiatan hiking sambil menikmati keindahan dan keasrian alam di sekitar gunung ini. Taman Buru Gunung Manglayang memiliki jalur hiking yang berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang diinginkan. Jangan lupa untuk membawa bekal dan perlengkapan hiking yang cukup agar perjalanan Anda semakin nyaman dan aman.

Mengunjungi Desa Wisata Kampung Cikondang

Jika Anda ingin merasakan suasana pedesaan yang tenang dan tradisional, maka mengunjungi Desa Wisata Kampung Cikondang adalah pilihan yang tepat. Di desa ini, Anda dapat menjelajahi kehidupan sehari-hari penduduk setempat, melihat proses pembuatan kerajinan tangan seperti batik, dan menikmati keindahan alam yang masih asri. Anda juga dapat mencoba berbagai aktivitas seperti memetik buah dan berkebun. Desa Wisata Kampung Cikondang memberikan pengalaman yang berbeda dan unik bagi para pengunjungnya.

Menyaksikan Pertunjukan Seni Saung Angklung Udjo

Salah satu kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Bandung adalah menyaksikan pertunjukan seni angklung di Saung Angklung Udjo. Saung Angklung Udjo merupakan tempat yang menyajikan pertunjukan musik angklung yang meriah dan menghibur. Anda dapat menikmati berbagai jenis pertunjukan, mulai dari tari-tarian hingga musik angklung yang dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jangan lewatkan kesempatan untuk ikut serta dalam pertunjukan ini dan merasakan pengalaman bermain angklung secara langsung.

Mencoba Berbagai Kuliner Khas Bandung

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bandung tanpa mencicipi berbagai kuliner khasnya. Kota ini terkenal dengan berbagai makanan yang lezat dan unik, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern. Cobalah berbagai makanan seperti batagor, siomay, nasi timbel, sate maranggi, dan masih banyak lagi. Jangan lupa juga mencicipi berbagai jenis minuman tradisional seperti bandrek dan teh poci. Nikmati kelezatan kuliner khas Bandung dan buatlah perjalanan kuliner Anda menjadi tak terlupakan.

Demikianlah beberapa kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Bandung. Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan minat dan preferensi Anda untuk membuat liburan Anda di Bandung menjadi lebih berkesan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam merencanakan perjalanan ke Bandung!

1. Kendaraan Pribadi

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi, opsi terbaik untuk perjalanan dari BSD ke Bandung adalah dengan membawa mobil sendiri atau menyewa mobil. Rute yang biasa digunakan adalah melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek lalu keluar di gerbang tol Cikarang Barat dan melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Pantura. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2-3 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

2. Bus Antar Kota

Alternatif lain untuk perjalanan dari BSD ke Bandung adalah dengan menggunakan bus antar kota. Terdapat beberapa perusahaan bus yang melayani rute ini, seperti XTrans, Cipaganti, dan DayTrans. Bus ini biasanya berangkat dari Terminal BSD atau Terminal Poris. Perjalanan dengan bus antar kota memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung lalu lintas dan jumlah pemberhentian di sepanjang perjalanan.

3. Kereta Api

Bagi yang ingin mencoba pengalaman perjalanan dengan kereta api, ada juga opsi untuk menggunakan kereta api dari BSD ke Bandung. Kamu bisa naik KRL dari Stasiun Rawa Buntu atau Stasiun Serpong ke Stasiun Tanah Abang, kemudian pindah ke kereta api menuju Stasiun Bandung. Perjalanan dengan kereta api memakan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi atau bus, sekitar 4-5 jam.

4. Ojek Online

Bagi yang ingin perjalanan yang lebih cepat dan fleksibel, ojek online juga bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Gojek atau Grab untuk memesan ojek dari BSD ke Bandung. Perjalanan dengan ojek online ini memakan waktu sekitar 1,5-2,5 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

5. Travel atau Shuttle

Ada juga layanan travel atau shuttle yang melayani perjalanan dari BSD ke Bandung. Kamu bisa memesan tempat di travel atau shuttle ini dan biasanya akan dijemput di lokasi yang telah ditentukan. Perjalanan dengan travel atau shuttle memakan waktu sekitar 3-4 jam, tergantung lalu lintas dan jumlah pemberhentian di sepanjang perjalanan.

6. Pesawat

Bagi yang ingin perjalanan yang lebih cepat dan tidak ingin ribet dengan macet di jalan, kamu juga bisa memilih untuk terbang langsung dari Jakarta ke Bandung. Terdapat beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute ini, seperti Garuda Indonesia dan Citilink. Penerbangan ini biasanya mendarat di Bandara Husein Sastranegara. Perjalanan dengan pesawat memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Dengan banyaknya opsi transportasi yang tersedia, perjalanan dari BSD ke Bandung menjadi semakin mudah dan nyaman. Kamu bisa memilih opsi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *