Panduan Lengkap Liburan ke Jogja dan Bekasi

  • Indra Kurniawan
  • Nov 08, 2023
Panduan Lengkap Liburan ke Jogja dan Bekasi

Destinasi Wisata Jogja Bekasi yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Jogja Bekasi adalah tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi bagi para pecinta wisata alam dan budaya daerah. Di sini, kamu akan menemukan beragam destinasi yang menawarkan keindahan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa destinasi wisata Jogja Bekasi yang wajib kamu kunjungi:

 

Taman Sari Jogja Bekasi

Taman Sari Jogja Bekasi adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di Jogja Bekasi. Taman ini dulunya merupakan kompleks pengawalan keraton yang dibangun pada abad ke-18. Saat ini, Taman Sari telah menjadi tempat rekreasi yang menarik dengan bangunan bersejarah, kolam, dan area taman yang indah. Kamu bisa menjelajahi kompleks ini sambil menikmati pemandangan yang memukau.

 

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang terkenal di Jogja Bekasi. Pantai ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan pasir putih yang luas, ombak yang kuat, dan tebing-tebing batu yang indah. Kamu bisa menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai, atau mencoba berbagai aktivitas seperti surfing, paragliding, atau menunggang kuda di pasir pantai yang lembut.

 

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu situs warisan dunia UNESCO yang berlokasi di Jogja Bekasi. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata religius terpopuler di Indonesia. Kamu bisa menjelajahi kompleks candi yang megah ini sambil mengagumi relief-relief yang indah dan pemandangan yang spektakuler dari atas candi.

 

Kuliner Malioboro

Malioboro adalah salah satu area yang paling terkenal di Jogja Bekasi, terutama untuk kuliner. Di sini, kamu akan menemukan berbagai warung makan dan restoran yang menyajikan berbagai hidangan lezat khas Jogja Bekasi. Kamu juga bisa mencoba berbagai makanan khas seperti gudeg, bakpia, dan wedang ronde. Jangan lupa untuk mencicipi “angkringan” di Malioboro, yakni tradisi masyarakat Jogja Bekasi yang merujuk pada berkumpulnya orang untuk makan dan minum di atas tikar.

 

Kawasan Wisata Taman Pelangi

Kawasan Wisata Taman Pelangi adalah tempat yang seru untuk dikunjungi oleh seluruh keluarga. Di sini, kamu akan menemukan berbagai wahana permainan seperti roller coaster, taman air, dan flying fox. Ada juga berbagai atraksi dan pertunjukan yang diadakan di dalam kawasan wisata ini. Kamu dan keluarga dapat menikmati berbagai keseruan dan menambah kenangan indah di Jogja Bekasi.

2. Taman Sari Yogyakarta, Istana Bergaya Eropa di Tengah Kota

Taman Sari Yogyakarta adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Jogja. Terletak di tengah kota, kompleks Taman Sari menawarkan suasana yang unik dengan gabungan arsitektur Jawa dan Eropa yang menakjubkan.

Taman Sari dulunya merupakan tempat pribadi bagi Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat dan keluarganya. Bangunan-bangunan yang dibangun di kompleks ini sangat indah dan menampilkan pengaruh gaya arsitektur Eropa pada masa itu.

Ketika mengunjungi Taman Sari, Anda akan melihat berbagai bangunan menarik seperti Sumur Gumuling, Tamansari, dan Bangsal Kencono. Sumur Gumuling adalah sebuah terowongan bawah tanah yang digunakan sebagai kolam renang pribadi oleh sultan dan ratu. Tamansari adalah area yang luas dengan taman dan kolam yang indah, tempat keluarga sultan berkumpul dan bersantai. Bangsal Kencono adalah bangunan dengan desain gaya Eropa yang digunakan untuk acara-acara istimewa keluarga kerajaan.

Di Taman Sari juga terdapat sebuah masjid bernama Masjid Agung Taman Sari. Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat menyelenggarakan upacara keagamaan dan kebudayaan.

Tidak hanya bangunan-bangunan yang menarik, di Taman Sari Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni tradisional seperti tari-tarian Jawa, wayang kulit, dan gamelan. Pertunjukan-pertunjukan ini akan memberikan Anda pengalaman budaya yang autentik dari Yogyakarta.

Anda juga dapat menjelajahi area sekitar Taman Sari, di mana terdapat banyak toko-toko souvenir dan restoran yang menawarkan makanan khas Jogja. Jadi, setelah menikmati keajaiban arsitektur dan kebudayaan di Taman Sari, Anda juga dapat mencoba berbagai hidangan lezat yang membuat Yogyakarta terkenal.

Jadi, pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Taman Sari saat berlibur di Jogja. Anda akan terpesona oleh keindahan dan sejarah yang dihadirkan oleh kompleks bangunan ini. Dapatkan pengalaman yang tidak terlupakan dan rasakan pesona Yogyakarta yang unik.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis di Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia. Pantai ini menawarkan pesona keindahan alam yang memikat dengan pasir putihnya yang luas dan ombak yang cocok untuk aktivitas berselancar.

Pesona Pantai Parangtritis tidak hanya terlihat pada keindahan alamnya, tetapi juga kebudayaan dan tradisi yang kental di sini. Pantai ini merupakan tempat yang penting dalam mitologi Jawa, dan terdapat berbagai mitos dan cerita rakyat yang melekat pada pantai ini.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Parangtritis untuk menikmati pesona matahari terbenam yang memukau. Saat matahari hampir terbenam, warna langit dan laut menjadi perpaduan yang indah, menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Banyak pengunjung yang duduk di pantai sambil menikmati keindahan alam ini dan mengabadikan momen tersebut dengan foto-foto yang memukau.

Selain menikmati keindahan alam, Pantai Parangtritis juga menawarkan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan. Anda dapat menyewa perahu untuk menjelajahi pesisir pantai, atau bermain layang-layang di pantai yang terbuka. Bagi yang menyukai tantangan, Anda juga dapat mencoba berselancar di ombak yang tinggi di Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis juga memiliki nuansa mistis yang menarik. Terdapat Gunung Kidul yang berada di sebelah selatan pantai, yang dipercaya memiliki energi spiritual yang kuat. Banyak orang yang datang ke pantai ini untuk melakukan meditasi atau berdoa. Jika Anda tertarik untuk merasakan kehadiran energi spiritual ini, Anda dapat mengunjungi Goa Selarong yang terletak di sekitar Pantai Parangtritis. Goa ini merupakan tempat kediaman para raja-raja Jawa kuno, dan di dalamnya terdapat beberapa tempat suci yang dipercaya memiliki kekuatan magis.

Tidak hanya keindahan alam dan nuansa mistis, Pantai Parangtritis juga menawarkan berbagai warung makan dan pedagang kaki lima yang menyajikan kuliner lokal. Anda dapat mencicipi berbagai hidangan lezat seperti nasi kucing, gudeg, atau bakpia. Selain itu, Anda juga dapat membeli oleh-oleh khas Jogja seperti batik, kerajinan tangan, atau produk makanan khas.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menyaksikan keindahan alam, merasakan nuansa mistis, dan menikmati kuliner khas Jogja, Pantai Parangtritis adalah destinasi yang tepat. Jangan lewatkan untuk mengunjungi pantai ini ketika Anda berkunjung ke Jogja!

3. Keraton Yogyakarta

Kunjungi Keraton Yogyakarta yang menjadi simbol budaya dan sejarah kota ini. Di dalam kompleks keraton yang megah ini, Anda dapat mengagumi keunikan arsitektur yang menakjubkan. Bangunan-bangunan di sini memancarkan kemegahan masa lalu dan memiliki keindahan yang memikat. Terutama, coba lihatlah Istana Bangsal Sri Manganti yang terkenal dengan taman yang indah dan kolam-kolam renangnya. Di sini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan suasana istana yang megah.

Tidak hanya itu, di Keraton Yogyakarta Anda juga dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional yang menarik. Pertunjukan seni yang sering diadakan di keraton ini antara lain wayang kulit, tari Jawa, dan musik gamelan. Wayang kulit dipentaskan dengan menggunakan bayangan boneka yang diproyeksikan pada layar putih. Tari Jawa menampilkan gerakan yang lemah gemulai dan penuh keselarasan. Musik gamelan yang memadukan berbagai alat musik tradisional menghasilkan suara yang khas dan merdu.

Keraton Yogyakarta memiliki peran yang penting dalam sejarah dan budaya Jawa. Di antara fasilitas di dalam kompleks ini adalah museum yang menampilkan berbagai artefak dan benda-benda bersejarah yang terkait dengan kerajaan. Anda dapat menemukan koleksi berupa barang-barang pusaka, seperti pakaian kerajaan, perhiasan, senjata tradisional, serta dokumen-dokumen penting yang berhubungan dengan kerajaan.

Tak hanya itu, di dalam Keraton Yogyakarta, terdapat juga dua buah masjid yang bernama Masjid Gedhe Kauman dan Masjid Agung Suhada. Kedua masjid ini merupakan bangunan sakral dengan arsitektur yang megah dan indah. Masjid Gedhe Kauman memiliki sejarah yang panjang dan dikenal sebagai masjid tertua di Yogyakarta.

Berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Anda akan merasakan atmosfer kerajaan yang kental dan dapat melihat langsung kekayaan budaya dan sejarah kota ini. Dengan arsitektur yang megah, pertunjukan seni yang menarik, serta koleksi-koleksi artefak bersejarah di dalamnya, tak heran jika Keraton Yogyakarta menjadi daya tarik utama bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Jogja.

Floating Market Lembang

Jika Anda mencari tempat unik untuk berbelanja dan menikmati pemandangan alam yang memesona, Floating Market Lembang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Lembang, Floating Market Lembang menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda dari pasar tradisional biasa.

Didirikan pada tahun 2012, Floating Market Lembang menghadirkan suasana seperti pasar terapung yang memberikan sensasi berbeda bagi pengunjungnya. Pemandangan alam yang indah menjadi latar belakang yang memukau, sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Salah satu daya tarik utama Floating Market Lembang adalah adanya perahu-perahu yang terapung di atas kolam. Perahu-perahu ini dikenal sebagai “rakit” oleh penduduk setempat. Di setiap perahu terdapat pedagang yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman khas Jawa Barat. Pengunjung dapat naik ke perahu dan memesan makanan atau minuman yang diinginkan langsung dari pedagang. Sensasi berbelanja yang berbeda ini membuat pengunjung merasa seperti berada di tengah pasar tradisional yang terapung di atas air.

Tidak hanya itu, Floating Market Lembang juga menawarkan berbagai kegiatan yang bisa dinikmati pengunjung. Anda dapat menikmati makanan lezat di area restoran yang terletak di sekitar kolam atau menyewa sepeda air untuk berkeliling kolam dengan cara yang unik. Para pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan musik atau tari tradisional yang diadakan secara berkala di area ini.

Tak hanya menawarkan pengalaman berbelanja dan kegiatan rekreasi, Floating Market Lembang juga menjadi tempat yang ideal untuk mencoba berbagai makanan khas Jawa Barat. Beberapa hidangan yang populer diantaranya adalah batagor (baso tahu goreng), mie kocok, dan seblak. Selain itu, ada juga minuman tradisional seperti es dawet ayu atau es cendol yang dapat dinikmati untuk menyegarkan diri di tengah cuaca yang panas.

Untuk mencapai Floating Market Lembang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor. Untuk tiket masuk, harga yang dikenakan cukup terjangkau, sehingga tidak akan menguras kantong Anda. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat akhir pekan atau hari libur, tempat ini mungkin akan lebih ramai dikunjungi pengunjung, jadi disarankan untuk datang lebih awal untuk menghindari antrian panjang.

Dengan suasana yang begitu menyenangkan dan pemandangan alam yang indah, Floating Market Lembang menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Nikmati pengalaman berbelanja yang berbeda dan lezatnya makanan khas Jawa Barat di Floating Market Lembang. Jangan lupa untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh untuk keluarga dan teman setelah mengunjungi tempat ini!

5. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Jogja. Tempat ini merupakan miniatur dari budaya dan keindahan Indonesia yang lengkap dengan atraksi tari-tarian, pakaian adat, dan kemajuan kuliner.

Taman Mini Indonesia Indah terletak di bekasi, dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Indonesia. Tempat ini dirancang untuk memperkenalkan keberagaman budaya dan keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia kepada pengunjung. Dalam perjalanan menuju Taman Mini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan menawan, sehingga membuat perjalanan Anda semakin berkesan.

Setibanya di Taman Mini Indonesia Indah, Anda akan disuguhkan dengan berbagai miniatur bangunan dan budaya dari seluruh Indonesia. Anda dapat menikmati tari-tarian tradisional dari masing-masing daerah, mulai dari tarian Jawa, Bali, Sumatra, hingga Papua. Anda juga dapat melihat berbagai pakaian adat yang khas dari daerah-daerah tersebut. Selain itu, terdapat juga atraksi seperti pertunjukan kuliner tradisional yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia dari berbagai daerah.

Setelah melihat-lihat miniatur bangunan dan atraksi budaya, Anda dapat mengunjungi berbagai museum yang ada di sini. Taman Mini Indonesia Indah memiliki beberapa museum yang menampilkan berbagai koleksi seni dan budaya Indonesia. Salah satu museum yang populer adalah Museum Indonesia, yang menampilkan berbagai benda-benda bersejarah dan artefak kebudayaan Indonesia. Anda juga dapat mengunjungi Museum Mobile Legend yang menampilkan koleksi mobil-mobil antik Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah juga menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk kegiatan wisata. Anda dapat menyewa sepeda atau kereta keliling untuk menjelajahi seluruh kompleks Taman Mini. Selain itu, tersedia juga kolam renang, taman bermain, dan wahana permainan air yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Bagi Anda yang ingin berbelanja oleh-oleh atau mencicipi kuliner khas dari berbagai daerah Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki pusat perbelanjaan dan area makan dengan berbagai jenis kuliner tradisional. Anda dapat menemukan berbagai oleh-oleh khas dari berbagai daerah, seperti kerajinan tangan, pakaian adat, dan makanan khas.

Jadi, jika Anda sedang berada di Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Anda akan merasakan pengalaman yang unik dan mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang kekayaan budaya dan keindahan Indonesia. Selamat menikmati perjalanan Anda!

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang sangat indah dan menarik di Indonesia. Terletak di kota Bogor, kebun raya ini memiliki luas area hijau yang sangat luas dan mengagumkan. Kebun raya ini memiliki beragam flora yang indah, membuat pengunjungnya terpukau dengan keindahan alam.

Salah satu daya tarik utama dari kebun raya ini adalah pemandangan air mancur yang berada di tengah taman. Air mancur ini memberikan nuansa yang segar dan menenangkan, membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati suasana kebun raya.

Di kebun raya ini, Anda akan menemukan berbagai macam jenis tumbuhan, mulai dari tanaman hias, tanaman obat, hingga tanaman langka yang hanya ada di kebun raya ini. Koleksi tanaman yang lengkap dan beragam membuat kebun raya ini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh pecinta alam dan penggemar botani.

Terdapat juga fasilitas pendukung yang membuat pengunjung nyaman dan mudah mengakses kebun raya ini. Misalnya, tersedia layanan transportasi dalam bentuk mobil kuda yang dapat digunakan untuk berkeliling kebun raya. Selain itu, ada juga restoran dan kafe yang menyajikan berbagai makanan dan minuman lezat.

Jika Anda ingin mengunjungi kebun raya ini, pastikan untuk mengatur jadwal dengan baik. Sebaiknya datang pada pagi hari agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk menikmati kebun raya secara menyeluruh. Jangan lupa juga untuk membawa kamera karena Anda akan menemukan banyak spot foto yang Instagramable di kebun raya ini.

Bagi para pecinta alam, mengunjungi Kebun Raya Bogor adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam mengelilingi kebun raya ini, menikmati keindahan alam, dan juga belajar mengenai berbagai macam tumbuhan yang ada di sana. Kebun raya ini juga menjadi tempat yang tepat untuk melepas penat dan menghilangkan stres.

Jadi, jika Anda berencana untuk berlibur ke Bogor, jangan lupa untuk mengunjungi Kebun Raya Bogor. Anda akan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda dan tak terlupakan di tengah keindahan alam dan flora yang indah.

7. Gunung Gede Pangrango

Jika Anda seorang pendaki yang mencari petualangan di Jogja Bekasi, maka mendaki Gunung Gede Pangrango adalah pilihan yang tepat. Terletak di Taman Nasional Gede Pangrango, gunung ini menawarkan pemandangan spektakuler dari puncaknya.

Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu destinasi hiking yang populer di Indonesia. Banyak pendaki dari seluruh penjuru Indonesia maupun mancanegara datang ke sini untuk menaklukkan puncak gunung yang memiliki ketinggian mencapai 2.958 meter di atas permukaan laut.

Petualangan menuju puncak Gunung Gede Pangrango memang membutuhkan stamina dan persiapan yang matang. Pendaki harus melewati berbagai rintangan, seperti medan yang terjal, sungai yang mengalir deras, dan jalur berbatu yang terjal. Namun, setiap keringat dan usaha yang dikeluarkan akan terbayar lunas ketika Anda mencapai puncak gunung dan disambut dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Di sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Gede Pangrango, Anda juga akan melalui berbagai lanskap yang menakjubkan, seperti hutan tropis yang rimbun, air terjun yang indah, dan danau yang mempesona. Jadi, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama perjalanan.

Bagi Anda yang merupakan pendaki pemula, ada beberapa jalur yang lebih mudah untuk diambil. Jalur Cibodas misalnya, merupakan jalur yang paling populer dan sering digunakan oleh pendaki pemula. Selain itu, terdapat juga jalur Selabintana dan Putri yang lebih pendek dan tidak terlalu sulit.

Sebelum mendaki Gunung Gede Pangrango, pastikan Anda sudah melakukan persiapan dengan baik. Bawa perlengkapan hiking yang lengkap, seperti tenda, sleeping bag, pakaian yang sesuai, dan juga makanan dan minuman yang cukup. Jangan lupa juga untuk mempelajari rute pendakian dan informasi tentang kondisi cuaca di Gunung Gede Pangrango sebelum berangkat.

Gunung Gede Pangrango juga memiliki beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh pendaki. Misalnya, untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam, pendaki diwajibkan membawa kembali sampah yang dihasilkan selama perjalanan. Selain itu, dilarang juga memetik tumbuhan atau melakukan aktivitas yang dapat merusak keberlangsungan ekosistem di area gunung.

Jadi, jika Anda mencari petualangan di Jogja Bekasi, tidak ada salahnya mencoba mendaki Gunung Gede Pangrango. Nikmati perjalanan yang menguji stamina Anda dan saksikan pemandangan spektakuler dari puncak gunung yang luar biasa indah. Siapkan diri dengan baik, dan jangan lupa untuk menjadi pendaki yang bertanggung jawab dan menjaga kelestarian alam di sekitar Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *