Panduan Perjalanan dari Kediri ke Tulungagung

  • Indra Kurniawan
  • Feb 13, 2024
Panduan Perjalanan dari Kediri ke Tulungagung

Destinasi Wisata Populer di Kediri Tulungagung

Kediri Tulungagung menawarkan beragam destinasi wisata yang populer dikunjungi oleh wisatawan. Dari keindahan alam hingga tempat-tempat bersejarah, Kediri Tulungagung memiliki daya tarik yang memikat bagi para pengunjung.

Pantai Ngliyep

Salah satu destinasi wisata populer di Kediri Tulungagung adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini terkenal dengan pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan ombak yang cukup besar. Pengunjung bisa menikmati keindahan panorama pantai sambil bermain air atau bersantai di pinggir pantai. Pantai Ngliyep juga memiliki spot foto yang instagramable, seperti mercusuar dan pohon-pohon kelapa yang rindang.

Bagi pengunjung yang menyukai petualangan, Pantai Ngliyep juga memiliki tebing-tebing curam yang bisa didaki. Dari puncak tebing, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan seluruh pantai dan laut yang spektakuler. Jangan lupa membawa perlengkapan yang tepat ketika ingin mendaki tebing ini!

Candi Penataran

Salah satu peninggalan sejarah yang terkenal di Kediri Tulungagung adalah Candi Penataran. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-13 oleh Kerajaan Singosari. Candi Penataran adalah salah satu candi Hindu terbesar di Jawa Timur dengan arsitektur yang megah dan indah.

Pengunjung yang datang ke Candi Penataran bisa menikmati keindahan arsitektur candi, seperti relief-relief yang menggambarkan kisah-kisah epik dari kitab Mahabharata dan Ramayana. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar tentang sejarah dan budaya Indonesia sambil menikmati keindahan lingkungan sekitar candi.

Air Terjun Glimpang

Jika Anda pecinta alam dan petualangan, maka Air Terjun Glimpang wajib masuk dalam daftar destinasi wisata di Kediri Tulungagung. Air terjun ini terletak di Desa Glimpang, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Untuk mencapai Air Terjun Glimpang, pengunjung harus melakukan trekking sejauh sekitar 1,5 kilometer. Meskipun terbilang perjalanan yang menantang, namun pemandangan yang disajikan di sepanjang perjalanan akan membuat lelah terbayar lunas. Air Terjun Glimpang juga memiliki kolam alami di bawahnya, sehingga pengunjung bisa berenang atau bermain air.

Gunung Wilis

Bagi para pendaki dan pecinta alam, Gunung Wilis adalah destinasi wisata yang populer di Kediri Tulungagung. Dengan ketinggian mencapai 2.169 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

Para pendaki yang menaklukkan Gunung Wilis biasanya memulai perjalanan dari Desa Sumberjo, Kecamatan Ringinrejo, Kediri. Rute pendakian yang paling populer adalah melalui jalur Kalisat, yang menawarkan pemandangan hutan pegunungan yang hijau dan udara segar.

Di puncak Gunung Wilis, pengunjung akan disuguhkan pemandangan matahari terbit atau terbenam yang indah. Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di puncak gunung atau menikmati keindahan alam sekitar.

Itulah beberapa destinasi wisata populer di Kediri Tulungagung. Setiap destinasi menawarkan keunikan dan keindahan yang berbeda-beda, sehingga mampu memikat hati para pengunjung yang datang. Jadi, rencanakan perjalanan Anda ke Kediri Tulungagung dan nikmati keindahan alam dan budaya yang ditawarkan.

Gunung Kelud: Tempat Wisata dengan Keindahan Alam yang Memukau

Gunung Kelud adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan kegiatan pendakian yang seru. Terletak di antara Kabupaten Kediri dan Kabupaten Blitar, Gunung Kelud memiliki ketinggian sekitar 1.731 meter di atas permukaan laut.

Gunung Kelud memiliki keindahan alam yang memukau dengan pemandangan yang luar biasa. Di puncak gunung, pengunjung dapat menyaksikan panorama yang luas dan indah. Dari sini, Anda dapat melihat kawah yang terkenal dengan kepulan asap putih yang terlihat seperti awan. Pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit atau terbenam yang mempesona.

Tidak hanya pemandangan yang menakjubkan, Gunung Kelud juga menawarkan kegiatan pendakian yang seru. Terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih oleh pendaki, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Para pendaki akan melewati hutan-hutan yang rindang dan menghadapi tantangan medan yang menantang. Namun, setelah mencapai puncaknya, usaha dan keringat yang dikeluarkan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa.

Bagi yang tidak memiliki pengalaman mendaki, Gunung Kelud juga menyediakan pengalaman hiking yang lebih santai. Anda dapat menjelajahi jalur-jalur hiking yang lebih mudah dan menikmati keindahan alam sekitar. Terdapat juga beberapa air terjun yang bisa ditemui selama perjalanan hiking, yang menambah keindahan tempat ini.

Selain keindahan alamnya, Gunung Kelud juga memiliki nilai sejarah yang penting. Di kawasan Gunung Kelud terdapat Candi Kelud, sebuah candi Hindu yang dibangun pada abad ke-10. Candi ini menjadi bukti adanya kehidupan agama Hindu pada masa lampau. Pengunjung dapat melihat reruntuhan candi yang masih tersisa dan merasakan suasana bersejarah yang unik.

Untuk mencapai Gunung Kelud, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dari kota terdekat. Terdapat juga angkutan umum yang dapat mengantarkan Anda ke basecamp pendakian. Sebelum melakukan pendakian, pastikan Anda telah mempersiapkan diri dengan baik, termasuk membawa perlengkapan pendakian yang sesuai dan memperhatikan kondisi cuaca dan jalan.

Jadi, jika Anda mencari tempat wisata dengan keindahan alam yang memukau dan kegiatan pendakian yang seru, Gunung Kelud adalah pilihan yang tepat. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa dan menghadapi tantangan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menikmati segala keindahan yang ditawarkan oleh Gunung Kelud.

Taman Wisata Ria Tulungagung: Taman Keluarga yang Menarik

Taman Wisata Ria Tulungagung adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga. Di sini, pengunjung dapat menikmati beragam fasilitas yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Taman ini dilengkapi dengan berbagai wahana yang cocok untuk anak-anak, seperti permainan air, kolam renang, dan taman bermain. Selain itu, terdapat juga area piknik yang nyaman dan teduh, tempat yang sempurna untuk makan siang bersama keluarga.

Salah satu wahana yang populer di taman ini adalah taman bermain air. Di sini, anak-anak dapat menikmati bermain perosotan air, berenang di kolam air, dan bermain dengan air semprotan yang menyegarkan. Wahana ini sangat menyenangkan dan akan membuat anak-anak betah berlama-lama di taman ini.

Selain taman bermain air, Taman Wisata Ria Tulungagung juga memiliki kolam renang. Kolam renang ini terdiri dari beberapa ukuran, sehingga dapat diakses oleh pengunjung dari segala usia. Selain berenang, pengunjung juga dapat duduk-duduk santai di tepi kolam sambil menikmati minuman segar yang tersedia di sekitar area kolam renang.

Taman Wisata Ria Tulungagung juga memiliki taman bermain yang lengkap. Di sini, anak-anak dapat bermain ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Selain permainan tradisional tersebut, ada juga permainan modern seperti trampolin dan flying fox. Semua wahana ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain yang penuh keseruan dan kegembiraan.

Taman ini juga dilengkapi dengan area piknik yang nyaman, lengkap dengan meja dan kursi. Di sini, pengunjung dapat membawa bekal dan bersantap bersama keluarga di bawah naungan pepohonan yang rindang. Udara segar dan pemandangan yang indah akan membuat piknik bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Taman Wisata Ria Tulungagung sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Harga tiket masuk ke taman ini juga terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Di sini, pengunjung dapat menciptakan kenangan indah yang akan dikenang sepanjang masa.

Jadi, jika Anda mencari tempat rekreasi yang cocok untuk sekeluarga, Taman Wisata Ria Tulungagung adalah pilihan yang sempurna. Dengan berbagai fasilitas yang menyenangkan dan suasana yang nyaman, taman ini akan menjadi tempat bermain yang tak terlupakan.

Pusat Kerajinan Batik Kediri: Mengenal Seni Batik Tradisional

Pusat Kerajinan Batik Kediri merupakan tempat yang ideal untuk mengetahui lebih lanjut tentang seni batik tradisional.

Batik adalah jenis kain yang dihasilkan melalui teknik penyemprotan lilin di atas kain, diikuti dengan pewarnaan dan pemrosesan yang cermat. Seni batik telah menjadi bagian penting dari budaya Indonesia selama berabad-abad, dan Kediri adalah salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan dan keahlian batik tradisional.

Di Pusat Kerajinan Batik Kediri, Anda dapat mempelajari sejarah batik Kediri, melihat dan membeli berbagai macam produk batik, serta mengamati proses pembuatan batik secara langsung. Pusat ini menawarkan pengalaman edukatif yang unik bagi para pengunjung, karena mereka dapat melihat bagaimana batik dibuat dengan tangan oleh para pengrajin yang berbakat.

Di dalam pusat kerajinan ini, Anda akan menemukan berbagai motif batik Kediri yang indah dan unik, seperti pola geometris yang rumit, motif alam seperti bunga dan daun, atau desain tradisional dengan sentuhan modern. Setiap motif batik memiliki cerita dan makna tersendiri, yang sering kali terkait dengan budaya dan tradisi Kediri.

Tak hanya berbelanja, Anda juga dapat bergabung dalam kelas batik di Pusat Kerajinan Batik Kediri. Kelas ini cocok untuk semua tingkat pemula hingga tingkat lanjutan, dan Anda akan diajari oleh pengrajin yang berpengalaman dalam seni batik. Dalam kelas ini, Anda akan belajar teknik dasar batik, seperti pembuatan pola, penggunaan lilin, pemilihan warna, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Kediri, Pusat Kerajinan Batik juga merupakan tempat yang tepat. Anda dapat membawa pulang berbagai produk batik seperti kemeja, sarung, tas, aksesori, dan lainnya sebagai kenang-kenangan atau hadiah untuk orang terkasih.

Pusat Kerajinan Batik Kediri buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00, dan terbuka untuk umum. Harga tiket masuk sangat terjangkau, sehingga Anda dapat melihat dan menjelajahi keindahan seni batik tradisional tanpa harus mengeluarkan biaya banyak.

Jadi, jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang seni batik tradisional Kediri, atau bahkan ingin mencoba membuat batik dengan tangan sendiri, jangan lewatkan kunjungan ke Pusat Kerajinan Batik Kediri. Anda akan menemukan keindahan dan keunikan seni batik dalam pengalaman yang tak terlupakan.

Goa Agop Batu Kapur: Menyelami Keindahan Alam Bawah Tanah

Goa Agop Batu Kapur merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan dalam menjelajahi gua yang memukau. Terletak di wilayah Kediri, Jawa Timur, goa ini menjadi spot favorit bagi para pecinta alam dan petualang.

Goa Agop Batu Kapur memiliki keunikan tersendiri dengan formasi batu kapur yang indah dan unik. Gua ini memberikan pengalaman yang menakjubkan saat menyelami keindahan alam bawah tanah. Pengunjung dapat merasakan sensasi petualangan yang seru dan mengagumkan di dalam goa ini.

Salah satu hal yang membuat Goa Agop Batu Kapur begitu istimewa adalah adanya air terjun di dalam gua. Air terjun ini memberikan nuansa dingin dan segar di dalam gua yang gelap. Pengunjung dapat menikmati suara gemericik air terjun sambil mendapatkan sensasi menyelami aliran air yang jernih dan segar.

Di samping air terjun, terdapat juga stalaktit dan stalagmit yang mempercantik gua ini. Formasi-formasi batu ini terbentuk selama ribuan tahun akibat proses alami yang berlangsung secara perlahan. Keindahan stalaktit dan stalagmit tersebut menambah pesona Goa Agop Batu Kapur dan menjadikannya destinasi yang begitu menarik untuk dikunjungi.

Bagi pecinta fotografi, Goa Agop Batu Kapur juga menyuguhkan pemandangan yang sangat fotogenik. Cahaya yang tembus melalui celah gua menciptakan kombinasi warna yang cantik di dalam gua ini. Hal ini menjadikan goa ini sebagai spot foto yang populer bagi para pengunjung. Tidak heran jika banyak wisatawan mengabadikan momen mereka di goa ini sebagai kenang-kenangan yang indah.

Untuk menuju Goa Agop Batu Kapur, pengunjung harus melakukan perjalanan pendakian yang menantang. Rute pendakian ini melewati pemandangan alam yang mempesona dengan trek yang cukup terjal. Meski perjalanan membutuhkan usaha ekstra, kerja keras ini pasti terbayar ketika sampai di goa ini. Pengunjung akan disambut dengan pesona gua yang menakjubkan dan memukau.

Tidak hanya sekadar menjelajahi goa, pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan menarik lainnya di area sekitar Goa Agop Batu Kapur. Anda dapat melakukan trekking di lereng-lereng sekitar goa untuk menikmati pemandangan alam yang begitu memesona. Selain itu, ada juga kegiatan camping yang dapat dilakukan untuk menghabiskan malam di alam terbuka bersama teman-teman atau keluarga.

Bagi Anda yang mencari petualangan dan keindahan alam yang spektakuler, Goa Agop Batu Kapur adalah destinasi yang tepat. Dengan keunikan gua yang memukau, Anda akan merasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan di dalamnya. Jelajahi goa ini dan nikmati keindahan alam bawah tanah yang mengagumkan.

Wisata Kuliner Khas Kediri Tulungagung

Kediri Tulungagung tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan kuliner khasnya. Bagi para pecinta kuliner, kunjungan ke Kediri Tulungagung akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Kediri Tulungagung yang wajib Anda coba.

Nasi Pecel

Nasi pecel adalah hidangan khas Jawa Timur yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang, dan tauge, serta dilengkapi dengan sambal pecel yang pedas dan gurih. Di Kediri Tulungagung, Anda bisa menikmati nasi pecel dengan cita rasa yang autentik dan menggunakan bahan-bahan segar yang terbuat dari rempah-rempah alami.

Tahu Campur

Tahu campur adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng yang disajikan dengan irisan daging sapi, taoge, dan mie kuning. Selain itu, tahu campur juga dilengkapi dengan kuah kaldu yang gurih. Rasanya yang lezat dan tekstur yang kenyal membuat tahu campur menjadi salah satu kuliner favorit di Kediri Tulungagung.

Nasi Pindang

Nasi pindang adalah hidangan nasi yang dimasak dengan menggunakan bumbu pindang yang khas. Bumbu pindang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan cengkeh. Nasi pindang biasanya disajikan dengan irisan ayam atau daging sapi, serta dilengkapi dengan telur rebus dan tahu goreng. Rasanya yang gurih dan aroma rempah-rempahnya yang sedap membuat nasi pindang menjadi hidangan yang sangat digemari di Kediri Tulungagung.

Tahu Tek

Tahu tek adalah hidangan yang terdiri dari tahu yang digoreng kering dan disajikan dengan irisan mentimun, taoge, dan potongan ketupat. Hidangan ini kemudian dilumuri dengan bumbu jajanan seperti petis, kacang tanah, dan bawang goreng. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat tahu tek menjadi kuliner yang cocok untuk disantap sebagai makanan ringan atau sebagai lauk untuk nasi.

Kerupuk Kalakai

Kerupuk kalakai adalah kerupuk yang terbuat dari ikan kalakai yang diblender halus dan kemudian dijadikan adonan yang dicetak dan dikeringkan. Selain ikan, kerupuk kalakai juga terbuat dari bahan-bahan seperti kanji, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Rasanya yang renyah dan gurih membuat kerupuk kalakai menjadi camilan yang sangat populer di Kediri Tulungagung.

Tiwel

Tiwel adalah makanan khas Kediri Tulungagung yang terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan air. Adonan tersebut kemudian digoreng dengan api kecil sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal. Tiwel biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih, serta diberi taburan bawang goreng dan daun bawang. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat tiwel menjadi hidangan yang unik dan lezat.

Nikmati kelezatan kuliner khas Kediri Tulungagung yang menggoda selera. Perjalanan kuliner Anda di wilayah ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mencoba semua kuliner khas yang telah disebutkan di atas saat Anda berkunjung ke Kediri Tulungagung!

Teh Wonosari: Menikmati Keunikan Teh Kediri Tulungagung

Teh Wonosari adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati teh khas Kediri Tulungagung yang lezat dan unik.

Teh merupakan minuman yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dari segala jenis teh yang ada, teh dari daerah Kediri Tulungagung dikenal memiliki rasa yang khas dan unik. Dan salah satu tempat terbaik untuk menikmati teh tersebut adalah Teh Wonosari.

Teh Wonosari terletak di Kediri Tulungagung, dua kota yang terkenal dengan keindahan alam dan budaya tradisionalnya. Tempat ini telah menjadi ikon wisata kuliner bagi pecinta teh dan masyarakat setempat. Pelancong dari berbagai daerah juga sering datang ke Teh Wonosari untuk mencicipi teh khas Kediri Tulungagung yang legendaris.

Salah satu keunikan Teh Wonosari adalah proses pembuatannya yang masih menggunakan teknik tradisional. Teh ini dipetik dari perkebunan teh di sekitar Kediri Tulungagung, lalu disuling dan diolah dengan hati-hati oleh para pengrajin teh yang telah berpengalaman. Proses tersebut memberikan rasa yang sangat autentik pada teh Wonosari.

Rasa teh Wonosari memiliki kombinasi yang unik antara rasa manis, pahit, dan sedikit astringen. Ini dikarenakan daerah Kediri Tulungagung memiliki kondisi tanah dan cuaca yang ideal untuk pertumbuhan tanaman teh. Kualitas airnya yang bersih dan segar juga berkontribusi pada cita rasa teh yang sempurna.

Selain rasanya yang menggugah selera, teh Wonosari juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Teh ini kaya akan antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Minum teh Wonosari secara teratur juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan jantung dan otak.

Teh Wonosari hadir dalam berbagai varian, seperti teh hitam, teh hijau, dan teh herbal. Setiap jenis teh memiliki cita rasa dan keistimewaan tersendiri. Pengunjung Teh Wonosari dapat memilih teh sesuai dengan selera dan kebutuhan kesehatan mereka.

Tempat ini juga menyediakan suasana yang nyaman dan meriah untuk menikmati teh. Terdapat area terbuka yang indah dengan hamparan perkebunan teh yang memukau. Pengunjung dapat menikmati teh sambil menikmati pemandangan alam yang menenangkan. Selain itu, Teh Wonosari juga menyediakan berbagai makanan ringan yang cocok sebagai teman menikmati teh, seperti pisang goreng dan bakso.

Bagi pecinta teh, mengunjungi Teh Wonosari adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan. Selain bisa menikmati teh khas Kediri Tulungagung yang lezat, pengunjung juga bisa merasakan atmosfer yang menyenangkan dan alami. Jadi, jika Anda berencana untuk mengunjungi Kediri Tulungagung, pastikan untuk mampir ke Teh Wonosari dan cicipi tehnya yang istimewa.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *