Destinasi Liburan Murah di Malang yang Wajib Dikunjungi

  • Indra Kurniawan
  • Dec 22, 2023
Destinasi Liburan Murah di Malang yang Wajib Dikunjungi

Pesona Wisata Malang: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Malang memiliki keindahan alam yang memukau, mulai dari gunung, pantai, air terjun, hingga kebun bunga yang menarik wisatawan dari seluruh penjuru.

1. Gunung Bromo

Salah satu keindahan alam yang menjadi ikon Malang adalah Gunung Bromo. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, gunung ini memiliki pemandangan yang sangat memesona. Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit yang memukau di atas Gunung Bromo, serta menikmati keindahan padang pasir yang luas di sekitarnya.

Untuk mencapai puncak Gunung Bromo, wisatawan harus melakukan perjalanan pendakian sekitar 1-2 jam. Namun, usaha ini akan terbayar dengan pemandangan yang spektakuler. Selain itu, wisatawan juga dapat mengeksplorasi kawah Gunung Bromo dan mengunjungi tempat suci umat Hindu, yaitu Pura Luhur Poten.

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi di Malang. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Di tengah laut, terdapat sebuah pulau kecil dengan sebuah pura yang menjulang tinggi, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berfoto di sana.

Wisatawan juga dapat menikmati pesona ombak pantai yang indah sambil bersantai di bibir pantai yang luas. Pantai Balekambang juga menyediakan fasilitas seperti wahana permainan air, tempat bermain anak-anak, serta penginapan dan restoran yang menghadap langsung ke pantai.

3. Air Terjun Coban Rais

Jika Anda menyukai petualangan dan keindahan alam, jangan lewatkan keindahan Air Terjun Coban Rais di Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan terletak di tengah hutan pinus yang rindang.

Untuk mencapai Air Terjun Coban Rais, wisatawan harus menempuh perjalanan mendaki sekitar 30 menit. Namun, usaha tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan. Air terjun ini juga memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam.

4. Kebun Bunga Selecta

Bagi pecinta bunga, Kebun Bunga Selecta adalah tempat yang wajib dikunjungi di Malang. Terletak di kaki Gunung Arjuno, Kebun Bunga Selecta menawarkan kebun bunga yang indah dan segar.

Wisatawan dapat menikmati beragam jenis bunga, mulai dari bunga tulip, mawar, anggrek, hingga bunga matahari. Selain menikmati keindahan bunga, wisatawan juga dapat berjalan-jalan di kebun alpukat yang ada di sekitar kebun bunga.

5. Air Terjun Tumpak Sewu

Salah satu keindahan alam tersembunyi di Malang adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Untuk mencapai Air Terjun Tumpak Sewu, wisatawan harus melakukan perjalanan pendakian sekitar 1-2 jam. Namun, kesulitan perjalanan akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam dan hijau yang menambah keindahan alamnya.

Demikianlah beberapa keindahan alam yang menakjubkan di Malang. Dengan keanekaragaman destinasi wisata alamnya, Malang menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Wisata Murah di Malang: Alternatif Liburan Hemat

Jika ingin berlibur dengan biaya terbatas, Malang menawarkan berbagai pilihan wisata murah seperti wisata alam, kuliner, dan juga wisata budaya.

2. Objek Wisata Alam yang Terjangkau

Malang memiliki banyak objek wisata alam yang dapat dikunjungi dengan harga terjangkau. Salah satu pilihan yang recommended adalah Gunung Bromo. Meski terkenal sebagai destinasi wisata yang populer, biaya untuk mengunjungi Gunung Bromo tidak terlalu mahal. Anda dapat menikmati keindahan alam Gunung Bromo dengan mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh berbagai agen perjalanan lokal. Paket wisata tersebut biasanya termasuk transportasi, penginapan, dan guide lokal yang akan membantu Anda menjelajahi kawasan Gunung Bromo. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk melakukan pendakian sendiri, tanpa menggunakan jasa agen wisata. Namun, pastikan Anda telah melakukan persiapan yang matang dan memiliki pengetahuan tentang rute perjalanan, karena ini akan lebih menghemat biaya.

Selain Gunung Bromo, ada juga objek wisata alam lainnya yang dapat Anda kunjungi di Malang dengan biaya terjangkau. Salah satunya adalah Coban Rondo. Coban Rondo merupakan air terjun yang terletak di daerah Batu, Malang. Anda dapat menikmati keindahan air terjun tersebut dengan membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Di sekitar Coban Rondo juga terdapat berbagai wahana permainan dan area piknik yang dapat Anda gunakan untuk beristirahat. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Coban Talun, yang terkenal dengan keindahan air terjunnya. Dengan membayar tiket masuk yang murah, Anda dapat menikmati keindahan alam dan kesegaran udara di Coban Talun.

Objek wisata alam lainnya yang patut Anda kunjungi adalah Taman Selecta. Taman Selecta merupakan salah satu objek wisata di Malang yang menawarkan keindahan alam nan eksotis. Anda dapat menikmati berbagai macam bunga yang tumbuh di taman ini. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti kolam renang, wahana permainan, dan taman bermain untuk anak-anak. Harga tiket masuk ke Taman Selecta juga tergolong terjangkau sehingga cocok untuk liburan hemat.

Itulah beberapa objek wisata alam di Malang yang dapat Anda kunjungi dengan biaya terjangkau. Jangan biarkan keterbatasan anggaran menghalangi Anda untuk menikmati keindahan alam Malang. Nikmati liburan hemat dengan menjelajahi berbagai objek wisata yang menarik tanpa harus menguras kantong.

Rasakan Sensasi Petualangan di Wisata Trekking Malang

Bagi pecinta petualangan, Malang memiliki banyak tempat untuk trekking yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan adrenalin yang mendebarkan.

1. Kawasan Gunung Bromo

Salah satu destinasi trekking yang paling populer di Malang adalah Kawasan Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Trekking di Gunung Bromo akan memberikan Anda pengalaman tak terlupakan dengan pemandangan matahari terbit yang spektakuler dan panorama pegunungan yang menakjubkan. Anda juga dapat menjelajahi lautan pasir dan kawah aktif di sekitar gunung ini. Untuk mencapai puncak Gunung Bromo, Anda dapat naik kuda atau berjalan kaki melalui jalur pendakian yang tersedia.

2. Air Terjun Coban Rais

Bagi pecinta alam, trekking di sekitar Air Terjun Coban Rais adalah pilihan yang tepat. Air Terjun Coban Rais terletak di Dusun Jugo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Trekking menuju air terjun ini akan membawa Anda melalui jalur yang menantang namun menawarkan pemandangan alam yang indah. Saat tiba di air terjun, Anda dapat menikmati keindahan air jatuh dan mandi di kolam air yang segar. Coban Rais juga dikelilingi oleh vegetasi yang subur, memberikan pengalaman trekking yang menyegarkan di tengah alam.

3. Kawasan Wisata Gunung Semeru

Bagi yang mencari tantangan lebih berat, trekking di Kawasan Wisata Gunung Semeru merupakan pilihan yang tepat. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut. Trekking di Gunung Semeru akan membawa Anda melintasi hutan yang rimbun dan melalui jalur yang curam. Selama perjalanan, Anda akan melihat keindahan alam yang tidak terlupakan, termasuk lautan pasir ‘Ranu Kumbolo’ yang indah. Namun, trekking di Gunung Semeru memerlukan persiapan yang matang dan kondisi fisik yang baik, karena jalur pendakian yang terjal dan cuaca yang berubah-ubah.

Bagi pecinta petualangan, Malang menawarkan pengalaman trekking yang tak terlupakan. Dengan keindahan alam yang spektakuler dan adrenalin yang mendebarkan, Anda akan merasakan sensasi petualangan yang sesungguhnya. Siapkan diri Anda dan nikmati keindahan alam Malang melalui wisata trekking ini!

Paralayang di Bukit Gantole: Mengudara di Atas Langit Malang

Jika ingin merasakan sensasi terbang di atas kota Malang, Anda dapat mencoba paralayang di Bukit Gantole yang menawarkan pemandangan indah dan pengalaman tak terlupakan.

Bukit Gantole merupakan salah satu tempat terbaik untuk melakukan aktivitas paralayang di Malang. Terletak di Desa Bumiaji, kecamatan Bumiaji, Bukit Gantole menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan juga kondisi angin yang cocok untuk penerjunan. Para pecinta paralayang dari berbagai penjuru dunia biasanya datang ke Bukit Gantole untuk menikmati keindahan alam dan mencoba terbang bebas di atas langit Malang.

Para penerjun paralayang dapat menikmati pemandangan indah kota Malang dari ketinggian. Dari atas, Anda dapat melihat pemandangan hijau perbukitan, kebun apel yang tersebar, dan jajaran pegunungan yang memukau. Udara segar dan sejuk di ketinggian membuat pengalaman ini semakin menyenangkan.

Untuk mencoba paralayang di Bukit Gantole, Anda tidak perlu memiliki pengalaman terbang sebelumnya. Pemandu yang berpengalaman akan membantu Anda mulai dari awal, memberikan instruksi, dan pemahaman dasar tentang keselamatan dalam melakukan aktivitas paralayang. Selain itu, perlengkapan keselamatan yang lengkap dan terjamin juga disediakan untuk memastikan keamanan Anda selama terbang bebas di Bukit Gantole.

Bagi Anda yang tertarik mencoba paralayang di Bukit Gantole, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan kondisi cuaca memungkinkan untuk terbang. Cuaca yang buruk atau angin yang terlalu kencang dapat membuat aktivitas paralayang dihentikan sementara waktu demi keamanan. Kedua, perhatikan waktu terbang yang dianjurkan. Biasanya, para penerjun paralayang terbang pada pagi atau sore hari karena kondisi angin lebih stabil dan cuaca lebih bersahabat.

Selain paralayang, Bukit Gantole juga menawarkan aktivitas lain seperti pendakian dan camping. Bagi Anda yang menyukai petualangan dan menjelajahi alam, Anda dapat mencoba mendaki bukit ini dan menikmati pemandangan yang memukau di sekitarnya. Camping juga menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu di Bukit Gantole. Anda dapat membawa tenda sendiri atau menyewa tenda yang telah disediakan di lokasi.

Kesimpulannya, Bukit Gantole di Malang adalah tempat yang cocok untuk mencoba aktivitas paralayang. Dengan pemandangan alam yang indah dan pengalaman terbang bebas di atas langit Malang, Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Jika Anda ingin merasakan sensasi terbang dan menikmati keindahan alam sekaligus, jangan lewatkan kesempatan ini!

Coban Rondo: Keindahan Air Terjun yang Menawan

Coban Rondo merupakan air terjun yang memukau dengan suasana yang menenangkan dan panorama alam yang menawan. Air terjun ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan ketinggian sekitar 84 meter, Coban Rondo menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Malang.

Keindahan air terjun Coban Rondo terletak pada pesona alam sekitarnya yang masih alami dan terjaga. Ketika mengunjungi Coban Rondo, Anda akan disambut dengan pemandangan pepohonan hijau yang rindang dan udara segar yang membuat Anda seolah-olah berada di surga tersembunyi.

Untuk mencapai Coban Rondo, Anda harus melewati jalan setapak yang menanjak namun cukup aman dan terawat. Selama perjalanan menuju air terjun, Anda akan melewati hamparan perkebunan teh yang memikat mata. Pemandangan alam yang indah ini akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Setibanya di Coban Rondo, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang memukau. Air terjun ini memiliki dua sumber air yang berbeda dan bersatu menjadi satu di bawahnya. Air terjun ini mengalir deras dengan suara gemuruh yang menenangkan hati.

Coban Rondo juga memiliki kolam alami di bawahnya yang menawarkan kesegaran dan keindahan tersendiri. Anda dapat berendam di kolam ini sambil menikmati semilir angin dan suara gemericik air terjun. Di sekitar kolam, terdapat batu-batu yang menambah keunikan dan pesona Coban Rondo.

Untuk mencapai bagian bawah air terjun, Anda harus menuruni anak tangga yang sudah disediakan. Meskipun sedikit menantang, usaha Anda akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang luar biasa. Di sekitar Coban Rondo juga terdapat berbagai spot foto yang menarik, sehingga Anda dapat mengabadikan momen indah selama liburan di Malang.

Selain menikmati keindahan air terjun, Coban Rondo juga menawarkan berbagai fasilitas untuk pengunjung. Anda dapat menyewa perahu bambu untuk menikmati kolam atau menyewa kuda untuk berkeliling sekitar area wisata. Selain itu, terdapat juga area bermain yang cocok untuk anak-anak dan warung makan yang menyajikan makanan lezat khas Malang.

Bagi pecinta camping, Coban Rondo juga menyediakan area camping yang nyaman dan aman. Anda dapat menginap semalam di tengah alam dengan suara gemericik air terjun sebagai latar belakang. Rasakan kesegaran dan kedamaian yang diberikan Coban Rondo saat Anda tidur di bawah bintang-bintang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat berkunjung ke Coban Rondo, Anda disarankan untuk membawa peralatan dan persediaan yang cukup, seperti makanan dan minuman, karena fasilitas di sekitar air terjun cukup terbatas. Anda juga disarankan untuk membawa jaket dan alas kaki yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk menuruni anak tangga menuju bagian bawah air terjun.

Coban Rondo adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang sibuk dan menikmati kedamaian alam. Bersama keluarga atau teman, Anda dapat menikmati keindahan air terjun, bermain di kolam, atau sekadar bersantai di tepi air terjun yang menenangkan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Coban Rondo saat liburan di Malang!

Explore Wisata Kuliner Malang: Lezat dan Terjangkau

Malang juga terkenal dengan berbagai kuliner lezat yang bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau, mulai dari makanan khas hingga makanan modern.

1. Rujak Cingur

Salah satu kuliner khas Malang yang wajib dicoba adalah rujak cingur. Rujak cingur merupakan campuran antara sayur-sayuran seperti ketimun, kol, tauge, dan tahu dengan cingur sapi yang dimasak secara khas. Rujak cingur juga disajikan dengan bumbu petis yang memberikan rasa khas. Anda dapat menikmati rujak cingur ini di banyak warung makan yang tersebar di Malang dengan harga yang terjangkau.

2. Bakso Malang

Jika Anda mengunjungi Malang, jangan lewatkan untuk mencicipi bakso Malang yang terkenal enak. Bakso Malang terbuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu spesial sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan tekstur yang kenyal. Anda juga dapat menambahkan mie, pangsit, atau tahu goreng untuk menambah cita rasa bakso Malang. Tidak sulit menemukan penjual bakso Malang di Malang, dan harga yang ditawarkan juga terjangkau.

3. Sate Klopo

Jika Anda pecinta sate, jangan lewatkan untuk mencoba sate klopo. Sate klopo adalah sate ayam khas Malang yang dibalut dengan serutan kelapa parut sebelum dibakar. Kelapa parut tersebut memberikan aroma yang khas dan menambah kelezatan sate klopo. Anda dapat menemukan sate klopo di berbagai warung makan di Malang dengan harga yang terjangkau.

4. Nasi Pecel

Untuk penggemar nasi, Anda harus mencicipi nasi pecel yang merupakan kuliner khas Malang. Nasi pecel terdiri dari nasi panas yang disajikan dengan beragam sayur seperti kacang panjang, kangkung, dan tauge, serta ditambah dengan bumbu kacang yang lezat. Rasanya yang gurih dan segar akan membuat lidah Anda bergoyang. Anda dapat menemukan nasi pecel di banyak warung makan di Malang, dan harganya sangat terjangkau.

5. Ronde Jahe

Jika Anda mengunjungi Malang pada malam hari, Anda bisa mencoba ronde jahe yang menjadi hidangan penutup yang populer. Ronde jahe terdiri dari bola-bola tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau dan disajikan dengan kuah jahe hangat. Rasanya yang manis dan hangat sangat cocok untuk menemani malam di Malang yang sejuk. Anda dapat menikmati ronde jahe di warung-warung atau kafe-kafe yang menyediakan hidangan ini dengan harga yang terjangkau.

6. Mie Setan

Tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi mie setan saat berkunjung ke Malang. Mie setan adalah mie pedas yang merupakan salah satu makanan ikonik Malang. Mienya yang kenyal disajikan dengan topping pedas yang menggugah selera. Tidak hanya pedas, mie setan juga memiliki nama yang unik dan menarik perhatian wisatawan. Anda dapat menemukan mie setan di berbagai tempat makan di Malang, sebagian besar dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Dengan berbagai kuliner lezat dan terjangkau, Malang menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik bagi para pelancong. Jika Anda sedang berlibur di Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba beberapa kuliner khas yang telah disebutkan di atas. Selamat menikmati!

Wisata Budaya di Malang: Menikmati Keindahan dan Sejarah

Wisata budaya di Malang menawarkan pengalaman yang unik, mulai dari mengunjungi candi, museum, hingga menikmati acara seni dan budaya tradisional. Kota Malang memiliki beragam destinasi wisata budaya yang memperkaya pengetahuan kita tentang sejarah dan kebudayaan Indonesia. Berikut adalah beberapa tempat wisata budaya di Malang yang patut dikunjungi:

1. Candi Jago

Candi Jago merupakan salah satu candi Hindu yang terletak di Desa Tumpang, Kabupaten Malang. Candi ini memiliki keunikan arsitektur dan ukiran yang menarik. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks candi ini sambil mempelajari sejarahnya. Di sekitar candi juga terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai suvenir khas Malang.

2. Museum Malang Tempo Doeloe

Bagi pecinta sejarah, Museum Malang Tempo Doeloe merupakan destinasi wisata yang menarik. Di museum ini, pengunjung dapat melihat koleksi benda-benda antik yang menggambarkan kehidupan di Malang pada zaman kolonial Belanda. Ada juga foto-foto dan artefak lain yang memperlihatkan perkembangan kota Malang dari masa ke masa.

3. Jatim Park 3 (Museum Angkut)

Jatim Park 3 atau yang lebih dikenal sebagai Museum Angkut adalah tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Selain memiliki berbagai replika kendaraan klasik dan modern, museum ini juga menyajikan pertunjukan seni budaya yang menghibur. Pengunjung dapat merasakan sensasi berada di dalam mobil antik atau bahkan naik perahu kano seperti di Venesia.

4. Taman Budaya Jawa Timur

Taman Budaya Jawa Timur merupakan pusat seni dan budaya di Malang. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional Jawa Timur, seperti tarian, musik, dan wayang kulit. Selain itu, terdapat juga pasar malam dengan berbagai kuliner khas Jawa Timur yang bisa dinikmati.

5. Batu Night Spectacular

Jika Anda berkunjung ke Malang bersama keluarga, jangan lewatkan Batu Night Spectacular. Tempat ini menawarkan berbagai wahana dan atraksi, mulai dari pertunjukan air mancur menari, menonton film di bioskop 4D, hingga bermain roller coaster. Di sini juga terdapat pasar malam dengan berbagai makanan dan kerajinan tangan.

6. Sengkaling

Sengkaling adalah kawasan wisata rekreasi yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di sini terdapat taman bermain, kolam renang, dan wahana permainan lainnya. Selain itu, Sengkaling juga memiliki pusat aktivitas tradisional seperti senam kuda lumping dan wayang golek.

7. Kampung Warna-warni Jodipan

Kampung Warna-warni Jodipan adalah sebuah pemukiman yang telah diubah menjadi objek wisata. Dengan cat warna-warni yang cerah, pemukiman ini menjadi tempat yang instagramable. Di sini, pengunjung dapat mengambil foto-foto yang unik dengan latar belakang rumah-rumah berwarna-warni. Terdapat juga mural-mural yang indah di dinding-dinding pemukiman ini.

Pengunjung dapat menjelajahi beragam wisata budaya di Malang dan menikmati keindahan serta sejarahnya. Dari candi kuno hingga kampung berwarna-warni, setiap tempat menawarkan pengalaman yang berbeda. Jadi, siapkanlah waktu Anda untuk menjelajahi kekayaan budaya kota Malang.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *