Panduan Perjalanan ke Penang Malaysia

  • Indra Kurniawan
  • Dec 09, 2023
Panduan Perjalanan ke Penang Malaysia

Sejarah dan Budaya Penang

Penang memiliki sejarah yang kaya dan budaya yang beragam. Pulau ini pertama kali dijelajahi oleh bangsa Melayu pada abad ke-16. Kemudian, pada abad ke-18, Penang menjadi pelabuhan yang penting bagi pedagang dari seluruh dunia, seperti orang Tiongkok, India, dan Eropa. Para imigran ini membawa serta budaya mereka sendiri dan berkontribusi dalam membentuk budaya unik Penang yang ada saat ini.

Banyak bangunan bersejarah yang dapat ditemui di Penang, seperti Kek Lok Si, salah satu kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara, dan Fort Cornwallis, sebuah benteng peninggalan kolonial Britania Raya. Selain itu, ada juga George Town, kota tua yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Di sini, pengunjung dapat menjelajahi jalan-jalan yang dipenuhi dengan seni jalanan dan kedai-kedai tradisional yang menjual makanan dan barang-barang antik.

Makanan Penang yang Terkenal

Makanan adalah salah satu daya tarik utama Penang. Pulau ini terkenal dengan hidangan khasnya yang lezat dan beragam. Salah satu hidangan yang paling terkenal adalah char kway teow, mi goreng yang digoreng dengan berbagai bumbu hingga menghasilkan cita rasa yang khas. Selain itu, ada juga asam laksa, sejenis sup asam pedas yang menggunakan ikan mackerel dan bumbu-bumbu segar.

Jalan-jalan di Penang juga penuh dengan gerai makanan jalanan yang menawarkan hidangan lezat dengan harga terjangkau. Pengunjung dapat mencoba nasi kandar, hidangan nasi dengan pilihan berbagai lauk khas India, atau cendol, minuman manis yang terbuat dari santan, gula merah, dan es serut.

Tempat Wisata di Penang

Penang menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang paling populer adalah Bukit Bendera, yang merupakan tertinggi di pulau ini. Pengunjung dapat naik kereta gantung atau trekking untuk mencapai puncaknya dan menikmati pemandangan indah Pulau Penang dari atas.

Tempat wisata lainnya termasuk Taman Negara Pulau Pinang, sebuah taman yang luas dengan berbagai jenis flora dan fauna. Di sini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan, bersepeda, atau mengamati burung. Selain itu, Kebun Binatang Pulau Pinang juga merupakan tempat yang populer dikunjungi, terutama untuk keluarga dengan anak-anak.

Keindahan Pantai dan Pesta Malam

Penang juga terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik. Pantai Batu Ferringhi merupakan salah satu pantai yang paling terkenal dan populer di pulau ini. Pengunjung dapat bersantai di pasir putihnya, berenang di air yang jernih, atau melakukan berbagai aktivitas air seperti banana boat atau jetski.

Penang juga menawarkan kehidupan malam yang beragam dan menyenangkan. Terdapat banyak bar, klub, dan restoran yang menawarkan hiburan malam yang berbeda-beda. Pengunjung dapat menikmati musik live, menari di club, atau hanya menikmati makan malam romantis di tepi pantai.

Penutup

Penang, Malaysia adalah destinasi wisata yang menarik di Asia Tenggara. Dengan sejarah dan budayanya yang kaya, makanan yang lezat, tempat wisata yang menarik, serta pantai yang indah, Penang menawarkan pengalaman wisata yang lengkap bagi pengunjung. Jadi, jika Anda mencari destinasi liburan yang menggabungkan keindahan alam, budaya, dan kulinernya, jangan lewatkan Penang dalam daftar Anda!

Jelajahi Keindahan Arsitektur Kolonial dan Budaya Multikultural

Penang adalah tempat yang tepat bagi Anda yang mengagumi arsitektur kolonial yang indah dan beragam budaya multikultural. Kota ini memiliki banyak bangunan bersejarah yang terawat dengan baik, saksi bisu dari masa lalu yang mempesona. Selama berada di Penang, pastikan Anda mengunjungi beberapa tempat ikonik yang memperlihatkan kekayaan arsitektur dan budaya yang dimiliki kota ini.

Menyelusuri Jalan Georgetown

Jalan Georgetown adalah sebuah permata bagi para pecinta arsitektur dan budaya. Kota ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2008, dan menyematkan sejumlah bangunan kolonial yang menakjubkan. Anda dapat menghabiskan waktu berjalan-jalan di sepanjang Jalan Lebuh Armenian yang terkenal dengan kedai-kedai antik dan seni, yang memperlihatkan kebudayaan dan sejarah orang-orang Armenia yang pernah tinggal di sini pada abad ke-19. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi Pasar Chowrasta yang berusia lebih dari 100 tahun dan menikmati suasana tradisional serta keanekaragaman produk pasar.

Menikmati Keindahan Kapal Pelni

Penang tidak hanya menawarkan pemandangan arsitektur kolonial, tetapi juga keindahan alamnya. Salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Kapal Pelni, sebuah kapal bekas yang telah diubah menjadi kafe dan bar yang melayani hidangan penutup yang lezat dan minuman segar. Kapal Pelni terletak di George Town dan menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam. Anda dapat bersantai sambil menikmati hidangan penutup yang lezat serta minuman favorit sambil menikmati pemandangan indah sekitar.

Menjelajahi Bangunan Colonial British

Penang memiliki sejumlah bangunan kolonial bergaya Britania yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Rumah Tuhan yang berlokasi di Jalan Mesjid Kapitan Keling, sebuah gereja anglikan yang dibangun pada tahun 1801. Bangunan ini memiliki gaya arsitektur Gothic dan merupakan salah satu simbol penting dari kehadiran Inggris di Malaysia. Selain Rumah Tuhan, Anda juga dapat mengunjungi The Suffolk House, sebuah rumah kolonial yang indah dan sekarang berfungsi sebagai restoran tempat Anda dapat menikmati hidangan Inggris dan Peranakan yang lezat.

Merayakan Kebudayaan Peranakan

Budaya Peranakan adalah warisan penting yang ada di Penang dan perlu untuk dijelajahi. Komunitas ini berasal dari keturunan campuran antara etnis Cina dan Melayu, dengan sedikit pengaruh dari budaya Portugis dan Belanda. Salah satu tempat terbaik untuk mengenal lebih dekat Peranakan adalah di Rumah Terbuka Peranakan di Jalan Dato’ Keramat. Di sini, Anda dapat melihat arsitektur Peranakan yang khas, pakaian tradisional, serta menikmati masakan Peranakan yang lezat. Tak lupa, Anda dapat mempelajari sejarah dan tradisi Peranakan yang terpelihara dengan baik.

Dengan begitu banyaknya keindahan arsitektur kolonial dan keragaman budaya di Penang, wisatawan pasti akan merasa terpesona dan terhibur selama berada di sini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat menarik ini saat mengunjungi Penang, Malaysia.

Menikmati Hidangan Makanan yang Menggugah Selera

Penang terkenal dengan makanannya yang lezat dan beragam, seperti Char Kuey Teow, Laksa Penang, dan Cendol yang memanjakan lidah para wisatawan.

1. Char Kuey Teow

Salah satu hidangan yang wajib dicoba ketika mengunjungi Penang adalah Char Kuey Teow. Hidangan ini terbuat dari mie kering yang digoreng dengan berbagai bahan seperti udang, tauge, kerang, dan telur. Rasanya yang pedas dan gurih, ditambah dengan aroma wangi dari racikan bumbunya, membuat Char Kuey Teow menjadi favorit para wisatawan.

Hidangan ini sering dijajakan di pinggir jalan atau di warung makan lokal dengan harga yang terjangkau. Jika Anda ingin mencoba Char Kuey Teow yang terkenal, kunjungilah Restoran Padang Kota Lama yang terletak di George Town, Penang.

2. Laksa Penang

Laksa Penang adalah hidangan mi kuah khas Penang yang terkenal dengan rasa kuah yang gurih dan pedas. Kuahnya terbuat dari bahan-bahan seperti ikan, udang, bawang merah, bawang putih, belacan, dan rempah-rempah lainnya. Biasanya disajikan dengan mi tebal, tauge, telur rebus, irisan bawang merah, daun kesum, dan serutan ikan kecil.

Anda bisa menikmati hidangan Laksa Penang di banyak tempat makan di Penang, namun salah satu tempat yang terkenal adalah Restoran Joo Hooi yang terletak di Lebuh Keng Kwee, George Town. Sajikan hidangan ini dengan segelas Teh Tarik yang manis dan nikmat.

3. Cendol

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Penang tanpa mencoba Cendol. Cendol adalah minuman penutup yang terdiri dari campuran santan, gula merah cair, es serut, dan butiran tepung hijau. Rasanya yang manis dan segar, serta butiran tepung hijau yang kenyal, membuat Cendol menjadi hidangan penutup yang disukai banyak orang.

Salah satu tempat terkenal untuk menikmati Cendol di Penang adalah Penang Road Famous Teochew Chendul yang terletak di Jalan Penang. Nikmati Cendol ini sebagai penutup setelah menikmati hidangan lezat lainnya di Penang.

Dengan Ragam hidangannya yang lezat dan beragam, Penang merupakan destinasi wisata kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan. Jangan lupa cicipi Char Kuey Teow, Laksa Penang, dan Cendol yang menggugah selera ini saat mengunjungi Penang!

Wisata Sejarah dan Budaya di Georgetown

Jelajahi situs bersejarah UNESCO di Georgetown, seperti Kapten Keling Mosque dan Kek Lok Si Temple, serta nikmati aksi seni jalanan yang kreatif.

Georgetown, ibu kota negara bagian Penang di Malaysia, adalah tujuan wisata yang kaya akan sejarah dan budaya. Kota ini terkenal karena arsitektur kolonialnya yang indah, yang mencerminkan campuran budaya dari berbagai suku bangsa yang pernah tinggal di sini. Dari peninggalan kolonial hingga kuil-kuil bersejarah, Georgetown adalah surga bagi para pecinta sejarah dan budaya.

Salah satu situs bersejarah yang wajib dikunjungi di Georgetown adalah Kapten Keling Mosque. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Malaysia dan memiliki arsitektur yang memukau. Dibangun pada tahun 1801 oleh Kapten Keling, seorang pedagang India, masjid ini menjadi pusat ibadah bagi masyarakat Muslim di wilayah ini.

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Kek Lok Si Temple, salah satu kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Kuil ini terkenal dengan pagoda tujuh tingkatnya yang menakjubkan. Selain itu, Anda juga dapat menjelajahi taman dan area persembahan di sekitar kuil ini, yang menawarkan pemandangan spektakuler.

Georgetown juga terkenal dengan seni jalannya yang kreatif. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam mural dan instalasi seni jalanan yang menghiasi dinding dan sudut-sudut kota. Jalan Armenian dan Jalan Penang adalah area yang paling terkenal untuk melihat seni jalanan ini. Ikutlah tur berjalan kaki atau naik sepeda untuk menikmati pengalaman yang lebih dekat dengan seni jalanan ini.

Di samping seni jalanan, Georgetown juga memiliki berbagai museum dan galeri seni yang menarik untuk dikunjungi. Contohnya adalah Pinang Peranakan Mansion, sebuah rumah peranakan yang telah diubah menjadi museum yang menampilkan kehidupan dan budaya kaum peranakan. Selain itu, Cheong Fatt Tze Mansion, sebuah mansion bersejarah yang telah diubah menjadi hotel butik, juga menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung.

Tidak hanya itu, Georgetown juga menyelenggarakan berbagai festival yang menampilkan budaya dan seni setempat. Salah satu festival terbesar adalah George Town Festival, yang diadakan setiap tahun pada bulan Agustus. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan seni, konser musik, pameran, dan banyak lagi. Ini adalah waktu yang sempurna untuk merasakan kehidupan budaya Georgetown.

Jadi, jika Anda mencari wisata sejarah dan budaya yang menarik, Georgetown di Penang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Dengan situs bersejarah yang menakjubkan, seni jalanan yang kreatif, museum dan galeri seni yang menarik, serta festival budaya yang meriah, Georgetown pasti akan memukau Anda.

Bersantai di Pantai-Pantai Indah Penang

Penang adalah destinasi yang sempurna untuk para pencinta pantai. Pulau ini menawarkan sejumlah pantai yang menakjubkan seperti Batu Ferringhi dan Teluk Bahang yang menyediakan berbagai kegiatan air dan pemandangan yang indah.

Pantai Batu Ferringhi adalah salah satu pantai paling terkenal di Penang. Terletak di sebelah barat laut Pulau Penang, pantai ini menawarkan pasir halus dan air jernih yang sempurna untuk berjemur atau bermain air. Bagi para penggemar olahraga air, pantai ini juga menawarkan beberapa kegiatan seperti jet ski, parasailing, dan banana boat. Terdapat juga pasar malam yang terkenal di sepanjang pantai ini, di mana Anda dapat menemukan berbagai macam makanan lezat, kerajinan tangan, dan pakaian.

Teluk Bahang juga merupakan destinasi populer di Penang dengan pantainya yang indah. Terletak di sebelah barat daya Pulau Penang, pantai ini menawarkan suasana yang tenang dan nyaman. Anda dapat menikmati pemandangan indah sambil bersantai di pasir putihnya yang lembut. Jika Anda menyukai aktivitas air, Anda dapat mencoba berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, atau bahkan mendayung perahu kayu tradisional.

Selain menawarkan keindahan alam, pantai-pantai di Penang juga memiliki berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung. Terdapat kafe dan restoran tepi pantai yang menawarkan berbagai hidangan lokal dan internasional. Anda dapat mencoba makanan khas Penang seperti nasi kandar, laksa, atau cendol yang segar. Selain itu, terdapat juga tempat penyewaan perlengkapan pantai seperti payung, kursi pantai, dan pelampung.

Tidak hanya itu, pantai-pantai di Penang juga terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya. Menikmati matahari terbenam di pantai adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Penang. Anda dapat duduk di pantai sambil menikmati keindahan langit berubah menjadi warna oranye dan merah yang spektakuler. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah ini dengan kamera Anda.

Jadi, jika Anda mencari destinasi liburan yang menawarkan keindahan pantai yang memukau, Penang adalah pilihan yang tepat. Dengan pantai-pantainya yang indah seperti Batu Ferringhi dan Teluk Bahang, liburan Anda di Penang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk mencoba berbagai kegiatan air yang ditawarkan di pantai-pantai ini dan menikmati hidangan lezat yang ditawarkan oleh kafe dan restoran tepi pantai. Selamat berlibur!

Menikmati Malam di Penang Hill

Nikmati pemandangan malam yang spektakuler dari Penang Hill dan rasakan suasana romantis di atas bukit yang indah ini.

Penang Hill, juga dikenal sebagai Bukit Bendera, adalah salah satu destinasi wisata yang paling populer di Penang, Malaysia. Terletak sekitar 6 kilometer dari pusat Georgetown, Penang Hill menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya, terutama saat malam hari.

Dengan ketinggian lebih dari 800 meter di atas permukaan laut, Penang Hill menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan segar yang sulit dijumpai di daerah perkotaan. Bagi pasangan yang ingin menghabiskan malam romantis bersama, Penang Hill adalah tempat yang sempurna. Suasana yang tenang dan sejuk serta pemandangan malam yang spektakuler menjadikan pengalaman ini sangat berkesan.

Saat malam tiba, Penang Hill menjadi semakin magis dengan cahaya lampu yang menyelimuti kota di bawahnya. Jalan-jalan dipenuhi lampu-lampu yang berkilauan, menciptakan suasana yang cantik dan romantis. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya langit malam yang jauh dari polusi cahaya kota.

Untuk naik ke Penang Hill pada malam hari, pengunjung dapat menggunakan Funicular Train yang beroperasi hingga pukul 11 malam. Kereta ini akan membawa Anda ke puncak dengan aman dan nyaman, sambil menikmati pemandangan malam yang menakjubkan di sepanjang perjalanan. Setelah tiba di puncak, jangan lupa untuk menikmati suasana yang tenang dan menikmati pemandangan dari Sky Deck.

Jika Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Penang Hill, ada beberapa tempat menarik lainnya yang dapat dikunjungi saat malam hari. Salah satunya adalah The David Brown’s Restaurant and Tea Terraces, sebuah restoran yang terkenal dengan pemandangan malamnya. Di sini, Anda dapat menikmati hidangan lezat sambil menikmati pemandangan Kota Georgetown yang bercahaya di malam hari.

Tak hanya itu, Penang Hill juga memiliki Owl Museum yang menarik untuk dijelajahi pada malam hari. Museum ini menampilkan berbagai macam patung burung hantu yang dipajang dengan cahaya yang indah, menciptakan suasana yang mistis dan menyenangkan.

Jika Anda ingin menghabiskan malam di Penang Hill, tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Terdapat beberapa penginapan yang nyaman dan ramah di sekitar Penang Hill yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Mainkan keajaiban Penang dengan mengunjungi Penang Hill pada malam hari. Rasakan keindahan malam yang spektakuler, nikmati suasana romantis, dan jadikan perjalanan Anda di Penang menjadi tak terlupakan.

Belanja dan Berburu Oleh-Oleh Khas Penang

Jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja dan mencari oleh-oleh khas Penang, seperti tambang dan kerajinan tangan unik yang dapat Anda temukan di pasar-pasar tradisional.

1. Pasar Bazaar Pulau Tikus
Pasar Bazaar Pulau Tikus terletak di Jalan Burma, Georgetown. Pasar ini terkenal dengan beraneka ragam makanan, seperti tau kwa pau, kuih bakul, dan banyak lagi. Selain makanan, pasar ini juga menjual berbagai pakaian, aksesori, dan barang-barang antik. Anda dapat menemukan barang-barang unik yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

2. Batu Ferringhi Night Market
Jika Anda mengunjungi Penang dan mencari pengalaman berbelanja yang unik, datanglah ke Batu Ferringhi Night Market. Pasar malam ini menawarkan berbagai barang, seperti pakaian, perhiasan, aksesori, mainan, dan cenderamata khas Pulau Pinang. Pastikan Anda putar tawar-menawar untuk mendapatkan harga yang terbaik.

3. Chowrasta Market
Chowrasta Market merupakan pasar tertua di George Town, Penang. Pasar ini menawarkan berbagai kebutuhan harian, seperti buah-buahan segar, daging, ikan, sayuran, dan juga makanan lokal seperti cendol dan laksa. Selain itu, pasar ini juga menjual tekstil, bunga, rempah-rempah, dan oleh-oleh khas Penang lainnya.

4. Little India
Little India adalah sebuah kawasan di George Town yang dihuni oleh komunitas India. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai toko yang menjual sari, kain sutra, perhiasan, makanan India, dan barang-barang khas India lainnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan India autentik dan berbelanja oleh-oleh yang unik.

5. Penang Road Famous Teochew Chendul
Penang Road Famous Teochew Chendul adalah tempat yang wajib dikunjungi jika Anda mencari oleh-oleh kuliner khas Penang. Di sini, Anda dapat menikmati es campur segar yang terdiri dari chendul, jagung manis, kacang merah, dan santan. Rasanya yang lezat membuatnya menjadi pilihan oleh-oleh favorit bagi wisatawan.

6. Armenian Street
Armenian Street adalah tempat yang tepat untuk mencari oleh-oleh seni dan kerajinan tangan. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai galeri seni, toko kerajinan tangan, dan kedai vintage yang menjual barang-barang antik. Para seniman lokal juga sering mengadakan pameran seni di sepanjang Armenian Street.

7. Jalan Penang
Jalan Penang adalah jalan utama di George Town yang dikenal dengan pusat perbelanjaannya. Di sepanjang Jalan Penang, Anda dapat menemukan berbagai toko dan mall yang menawarkan berbagai barang, seperti pakaian, aksesori, elektronik, dan oleh-oleh khas Penang. Jalan ini adalah tempat yang sempurna untuk memuaskan hasrat belanja Anda.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *