Panduan Perjalanan dari Sampit ke Palangka Raya

  • Indra Kurniawan
  • Nov 19, 2023
Panduan Perjalanan dari Sampit ke Palangka Raya

Pengenalan tentang Sampit dan Palangka Raya

Sampit adalah kota yang terletak di Kalimantan Tengah, sementara Palangka Raya adalah ibu kota provinsi tersebut.

Sampit, yang terletak di pesisir barat Kalimantan Tengah, adalah salah satu kota penting di provinsi ini. Dikelilingi oleh alam yang indah, Sampit menawarkan berbagai daya tarik budaya dan alamiah yang menarik bagi wisatawan.

Salah satu atraksi paling populer di Sampit adalah Taman Nasional Sebangau. Terletak di pedalaman Kalimantan Tengah, taman nasional ini merupakan rumah bagi satu-satunya populasi orangutan liar di provinsi ini. Wisatawan dapat melakukan trekking melalui hutan hujan tropis yang indah ini dan mengamati satwa liar seperti orangutan, monyet, dan burung endemik.

Sampit juga memiliki tempat-tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kompleks Istana Kuning, yang dulunya merupakan kediaman raja Banjar. Kompleks ini memiliki arsitektur yang indah dan lukisan-lukisan yang menggambarkan sejarah dan kebudayaan masyarakat Banjar.

Tidak jauh dari Sampit, terletak kota Palangka Raya yang merupakan ibu kota Kalimantan Tengah. Meskipun tidak sebesar kota-kota lain di Indonesia, Palangka Raya memiliki pesona sendiri yang menarik bagi para wisatawan.

Salah satu atraksi terkenal di Palangka Raya adalah Taman Budaya Paramasan. Taman ini menampilkan berbagai kegiatan budaya Dayak, suku asli Kalimantan Tengah. Wisatawan dapat menyaksikan tarian tradisional, mendengarkan musik khas suku Dayak, dan mempelajari kebiasaan dan adat istiadat mereka.

Ada juga Taman Bakau yang menawarkan pengalaman ekowisata yang unik. Terletak di delta Sungai Kahayan, taman ini memiliki hutan bakau yang luas dan laut yang indah. Wisatawan dapat menjelajahi hutan bakau dengan perahu tradisional dan mengamati keanekaragaman hayati yang khas.

Palangka Raya juga memiliki Museum Balanga, yang merupakan museum etnografi yang menggambarkan budaya dan kehidupan masyarakat Dayak. Di sini, wisatawan dapat melihat koleksi seni, alat tradisional, dan artefak sejarah yang mengungkapkan warisan budaya suku Dayak.

Sampit dan Palangka Raya menawarkan pengalaman wisata yang berbeda namun seru di Kalimantan Tengah. Dengan alam yang indah, budaya yang kaya, dan keramahan penduduk setempat, keduanya merupakan destinasi yang layak dikunjungi bagi para pelancong yang mencari petualangan dan pengetahuan tentang Kalimantan Tengah.

Transportasi ke Sampit dan Palangka Raya

Untuk mencapai kota Sampit dan Palangka Raya, terdapat beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih. Baik melalui penerbangan dari kota-kota besar di Indonesia, maupun dengan menggunakan transportasi darat.

Penerbangan: Kota Sampit dan Palangka Raya memiliki bandara yang melayani penerbangan domestik. Beberapa maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink menyediakan penerbangan langsung ke kota ini dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Durasi penerbangan biasanya sekitar 1-2 jam tergantung dari bandara asal.

Transportasi Darat: Selain menggunakan penerbangan, Sampit dan Palangka Raya juga dapat dicapai melalui transportasi darat. Anda dapat menggunakan bus atau mobil pribadi untuk mencapai kedua kota tersebut.

Bus: Terdapat bus antarkota yang menghubungkan Sampit dan Palangka Raya dengan kota-kota besar lainnya di Kalimantan Tengah dan sekitarnya. Beberapa perusahaan bus seperti Sempati Star, Gunung Mulia, dan Kurnia menawarkan layanan perjalanan ke kedua kota tersebut. Waktu tempuh perjalanan bus tergantung dari jarak dan kondisi jalan, namun rata-rata dapat memakan waktu antara 4-8 jam.

Mobil Pribadi: Jika Anda lebih memilih berkendara dengan mobil pribadi, Anda dapat mengikuti rute jalan melalui jalan tol atau jalan nasional. Dalam perjalanan menuju Sampit dan Palangka Raya, Anda akan melewati pemandangan alam yang indah seperti hutan tropis dan sungai yang mempesona. Namun, pastikan untuk melakukan perawatan kendaraan sebelum perjalanan, membawa peta atau menggunakan aplikasi GPS, dan berhati-hati dalam mengemudi agar perjalanan Anda aman dan nyaman.

Sebelum memilih opsi transportasi, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti waktu tempuh, kebutuhan mobilitas, dan preferensi pribadi. Jika Anda mencari kenyamanan dan kecepatan, penerbangan mungkin merupakan opsi terbaik. Namun, jika Anda ingin menikmati perjalanan panjang yang menawarkan pemandangan alam yang memukau, transportasi darat menjadi pilihan yang tepat.

Tetap patuhi aturan dan regulasi yang berlaku selama perjalanan. Pastikan juga untuk melakukan reservasi tiket secara terlebih dahulu jika memilih penerbangan atau menggunakan transportasi darat untuk memastikan ketersediaan dengan waktu yang diinginkan.

Hutan Lindung Bukit Raya

Hutan Lindung Bukit Raya merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Sampit. Hutan ini merupakan salah satu dari sedikit area hutan yang masih terjaga dengan baik di Kalimantan Tengah. Dengan luas sekitar 800.000 hektar, Hutan Lindung Bukit Raya menawarkan panorama alam yang memukau serta keanekaragaman hayati yang kaya.

Saat mengunjungi Hutan Lindung Bukit Raya, pengunjung dapat menjelajahi hutan yang lebat dengan beragam flora dan fauna. Beberapa binatang langka seperti orangutan, harimau, dan berbagai jenis burung dapat ditemukan di tempat ini. Pengalaman trekking di hutan ini juga sangat menarik, dengan pemandangan pegunungan yang indah dan menghirup udara segar.

Tidak hanya itu, Hutan Lindung Bukit Raya juga memiliki beberapa air terjun yang menakjubkan. Salah satunya adalah Air Terjun Buluhala, yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini diapit oleh dinding batu-batu tinggi yang menjadikannya pemandangan yang sangat indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berendam di kolam yang dihasilkan oleh derasnya aliran air terjun.

Bagi pecinta alam dan petualangan, Hutan Lindung Bukit Raya adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi saat berada di Sampit. Pengalaman berada di tengah hutan yang alami dan memukau akan memberikan kenangan tak terlupakan.

Air Terjun Tegulung

Destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi di Sampit adalah Air Terjun Tegulung. Terletak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Sampit, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Air Terjun Tegulung terkenal dengan ketinggian air terjunnya yang mencapai sekitar 60 meter. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan, yang masing-masing menawarkan keunikan dan pesona tersendiri. Pengunjung dapat menikmati panorama alam yang hijau dan segar, serta mendengarkan suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian.

Untuk mencapai Air Terjun Tegulung, pengunjung harus melakukan sedikit trekking menyusuri jalur alami yang dikelilingi oleh pepohonan dan sungai kecil. Namun, perjalanan ini akan sebanding dengan pemandangan dan pengalaman yang akan didapatkan.

Di sekitar Air Terjun Tegulung juga terdapat beberapa area piknik yang disediakan oleh pengelola. Pengunjung dapat membawa bekal dan menikmati makan siang sambil menikmati panorama alam yang indah. Juga terdapat fasilitas camping untuk pengunjung yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu menikmati keindahan alam di sekitar air terjun.

Tidak ada kata yang dapat menggambarkan betapa menakjubkannya Air Terjun Tegulung. Keindahan alam yang alami dan segar akan membuat setiap pengunjung terkesan dan kembali dengan kenangan tak terlupakan.

Destinasi Wisata di Palangka Raya

Palangka Raya juga memiliki berbagai tempat menarik untuk dikunjungi, termasuk Danau Tahai dan Museum Tjilik Riwut.

1. Danau Tahai

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Palangka Raya adalah Danau Tahai. Terletak sekitar 5 kilometer dari pusat kota, Danau Tahai menjadi tempat yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Danau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, dengan air yang jernih dan pepohonan hijau yang menjulang di sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan menyewa perahu tradisional atau melakukan aktivitas seperti memancing dan berenang.

Selain itu, di sekitar Danau Tahai juga terdapat area piknik, kolam renang, restoran, dan penginapan. Jadi, pengunjung bisa menghabiskan waktu yang lama di sini dan menikmati fasilitas yang disediakan.

2. Museum Tjilik Riwut

Museum Tjilik Riwut adalah museum yang didedikasikan untuk mengenang jasa Gubernur Kalteng pertama, Tjilik Riwut. Terletak di pusat kota Palangka Raya, museum ini memiliki koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang terkait dengan perkembangan Kalimantan Tengah.

Pengunjung dapat melihat berbagai jenis artefak seperti senjata tradisional, alat-alat pertanian tradisional, dan pakaian adat suku-suku di Kalimantan Tengah. Selain itu, terdapat juga foto-foto dan dokumentasi mengenai sejarah dan budaya daerah ini.

Museum Tjilik Riwut juga memiliki taman yang indah, area café, dan toko suvenir. Pengunjung dapat bersantai di taman setelah mengunjungi museum atau membeli suvenir sebagai kenang-kenangan.

3. Destinasi Wisata Lainnya

Selain Danau Tahai dan Museum Tjilik Riwut, Palangka Raya juga memiliki destinasi wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Balai Adat Kaharingan, pusat kebudayaan dari suku Dayak Kaharingan.

Di sini, pengunjung dapat melihat dan mengenal lebih dekat budaya dan tradisi suku Dayak, seperti rumah adat, tarian tradisional, dan upacara adat. Pengunjung juga dapat membeli kerajinan tangan suku Dayak sebagai oleh-oleh.

Selain itu, Palangka Raya juga memiliki Taman Wisata Bukit Batu, yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan trekking di hutan tropis. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai petualangan dan kegiatan di alam bebas.

4. Tempat Makan dan Kuliner Khas

Ketika berkunjung ke Palangka Raya, jangan lupa mencoba makanan dan kuliner khas daerah ini. Salah satu makanan yang terkenal adalah Soto Banjar, hidangan sup khas Kalimantan Selatan. Soto Banjar memiliki rasa yang gurih dan lezat, terutama jika disantap dengan nasi hangat.

Di Palangka Raya, Anda juga dapat mencoba kuliner nasi kuning, sate khas Kalimantan, dan ikan bakar segar. Ada banyak warung makan dan restoran yang menawarkan masakan tradisional yang lezat dan harga terjangkau.

Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas Palangka Raya saat mengunjungi destinasi wisata di kota ini.

Palangka Raya memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang dapat dijelajahi oleh para pengunjung. Dengan adanya Danau Tahai, Museum Tjilik Riwut, serta destinasi wisata lainnya, membuat kota ini cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan yang mencari pengalaman baru dan mengagumi keindahan alam serta budaya Kalimantan Tengah.

Kuliner Khas Sampit dan Palangka Raya

Ketika berkunjung ke Sampit dan Palangka Raya, jangan lupa mencicipi kuliner khas seperti pakanai dan sagu lempeng.

Kuliner khas Sampit dan Palangka Raya menawarkan berbagai hidangan lezat yang kaya akan cita rasa. Salah satu kuliner khas yang wajib Anda coba adalah pakanai. Pakanai merupakan makanan tradisional Kalimantan yang terbuat dari ikan asin yang diolah dengan bumbu rempah khas. Hidangan ini memiliki rasa gurih dan pedas yang menggugah selera. Nikmati pakanai yang lezat ini dengan nasi hangat dan sayur-sayuran segar.

Selain itu, jangan lewatkan juga sagu lempeng, makanan ringan yang terbuat dari sagu. Sagu lempeng memiliki tekstur kenyal dan rasanya yang manis. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan kelapa parut sebagai pelengkap. Rasakan sensasi unik dari sagu lempeng yang meleleh di mulut dan nikmati kelezatannya sebagai pendamping secangkir kopi atau teh hangat.

Bagi pecinta makanan pedas, Anda juga bisa mencoba sambal bilis, hidangan khas Sampit dan Palangka Raya yang terbuat dari ikan bilis yang digoreng kering dan dicampur dengan bumbu pedas. Sambal bilis memiliki rasa pedas yang mantap dan nikmatnya semakin terasa ketika disantap dengan nasi hangat.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati hidangan khas lainnya seperti nasi kuning atau ayam penyet. Nasi kuning adalah nasi yang diolah dengan kunyit sehingga memberikan aroma yang khas. Hidangan ini umumnya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, telur, atau ikan. Sedangkan ayam penyet adalah hidangan ayam goreng yang dihaluskan dengan menggunakan ulekan dan disajikan dengan sambal pedas dan lalapan segar.

Tidak hanya hidangan utama, Sampit dan Palangka Raya juga menawarkan berbagai jajanan tradisional yang lezat. Salah satu jajanan tradisional yang terkenal adalah kue pancong. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula kelapa yang dipanggang hingga matang. Rasakan kelezatan kue pancong yang renyah di bagian luar dan lembut di bagian dalam.

Dalam menjaga cita rasa asli dari kuliner khas Sampit dan Palangka Raya, para penjual dan rumah makan menggunakan bahan-bahan lokal yang segar dan alami. Hal ini membuat hidangan-hidangan khas tersebut memiliki rasa yang autentik dan unik.

Jadi, saat Anda mengunjungi Sampit dan Palangka Raya, jangan lupa untuk mencoba kuliner khas seperti pakanai, sagu lempeng, sambal bilis, nasi kuning, ayam penyet, dan kue pancong. Nikmati kelezatan hidangan-hidangan ini sambil menikmati keindahan alam dan budaya Kalimantan Tengah yang kaya dan beragam.

Hotel Mewah di Sampit dan Palangka Raya

Untuk para wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang mewah dan eksklusif, terdapat banyak hotel mewah yang tersedia di Sampit dan Palangka Raya. Hotel-hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang prima untuk memastikan kenyamanan para tamu.

Salah satu contoh hotel mewah di Sampit adalah Hotel XYZ. Terletak di pusat kota, hotel ini menawarkan kamar-kamar yang luas dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti kolam renang, spa, dan restoran mewah. Para tamu dapat menikmati pemandangan indah dari balkon kamar mereka yang menghadap laut.

Di Palangka Raya, Hotel ABC merupakan salah satu pilihan yang populer bagi para wisatawan yang mencari pengalaman menginap yang mewah. Hotel ini menyediakan berbagai fasilitas termasuk pusat kebugaran, ruang pertemuan, dan restoran dengan menu internasional. Kamar-kamar yang elegan dan staf yang ramah membuat pengalaman menginap di hotel ini tak terlupakan.

Penginapan Budget di Sampit dan Palangka Raya

Bagi para wisatawan dengan anggaran terbatas, terdapat juga banyak pilihan penginapan budget di Sampit dan Palangka Raya yang menawarkan harga terjangkau namun tetap menyediakan fasilitas dasar yang dibutuhkan.

Salah satu contoh penginapan budget di Sampit adalah Losmen XYZ. Penginapan ini terletak di pusat kota dan menawarkan kamar-kamar yang sederhana namun bersih dan nyaman. Para tamu dapat menikmati fasilitas umum seperti dapur bersama dan ruang tamu.

Di Palangka Raya, Guest House ABC adalah salah satu pilihan penginapan budget yang cukup populer. Penginapan ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dengan harga terjangkau. Para tamu dapat menikmati fasilitas parkir gratis dan akses Wi-Fi gratis selama menginap di sini.

Pilihan Lainnya di Sampit dan Palangka Raya

Selain hotel mewah dan penginapan budget, terdapat juga pilihan-pilihan lainnya di Sampit dan Palangka Raya yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan para wisatawan.

Contoh lain dari penginapan di Sampit adalah homestay XYZ. Penginapan ini menawarkan pengalaman menginap di rumah tradisional Kalimantan dengan fasilitas yang sederhana namun nyaman. Tamu-tamu dapat berinteraksi dengan penduduk setempat dan belajar tentang budaya lokal.

Di Palangka Raya, ada juga beberapa villa yang dapat disewa untuk penginapan singkat. Villa-villa ini menawarkan privasi dan kenyamanan yang lebih, serta dilengkapi dengan dapur lengkap sehingga tamu dapat memasak sendiri.

Conclusion

Sampit dan Palangka Raya menawarkan beragam pilihan tempat penginapan bagi para wisatawan. Mulai dari hotel mewah hingga penginapan budget, semua tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi para tamu. Tetapkan anggaran dan cari penginapan yang cocok untuk memastikan pengalaman menginap yang optimal dalam perjalanan Anda ke Sampit dan Palangka Raya.

Tips dan Saran untuk Liburan ke Sampit dan Palangka Raya

Berlibur ke Sampit dan Palangka Raya adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari pengalaman liburan yang tak terlupakan di Indonesia. Dua kota ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan keragaman budaya yang unik. Sebelum Anda memulai perjalanan, berikut adalah beberapa tips dan saran penting untuk memastikan liburan Anda berjalan lancar.

Menentukan Waktu yang Tepat

Sebelum Anda merencanakan perjalanan ke Sampit dan Palangka Raya, penting untuk mempertimbangkan waktu yang tepat. Kedua kota ini memiliki cuaca tropis sepanjang tahun, tetapi musim kemarau adalah waktu terbaik untuk mengunjungi. Musim ini biasanya berlangsung dari Mei hingga Oktober, ketika curah hujan lebih sedikit dan cuaca lebih cerah. Hindari datang selama musim hujan karena curah hujan yang tinggi dapat mengganggu agenda liburan Anda.

Menggunakan Jasa Tour Guide

Jika Anda belum pernah ke Sampit dan Palangka Raya sebelumnya, disarankan untuk menggunakan jasa tour guide lokal. Mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang tempat-tempat wisata terbaik, budaya setempat, dan dapat membantu mengatur itinerary liburan Anda. Tour guide juga dapat membantu Anda berkomunikasi dengan penduduk setempat dan memahami tradisi dan adat istiadat setempat.

Memilih Akomodasi yang Tepat

Sampit dan Palangka Raya menawarkan berbagai pilihan akomodasi untuk wisatawan. Sebelum memesan akomodasi, pastikan Anda menentukan budget dan preferensi Anda. Baik di Sampit maupun Palangka Raya terdapat hotel dan penginapan yang sesuai dengan setiap anggaran. Jika Anda mencari pengalaman yang lebih autentik, pertimbangkan untuk menginap di homestay atau resort yang terletak di tengah alam. Ini akan memberikan nuansa liburan yang lebih dekat dengan alam dan budaya setempat.

Menikmati Alam dan Wisata Budaya

Sampit dan Palangka Raya dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Nikmati wisata alam dengan mengunjungi Taman Nasional Sebangau, Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, atau melihat orangutan liar di Pulau Kaja. Selain itu, jangan lewatkan juga wisata budaya yang menampilkan tradisi dan adat istiadat setempat. Anda dapat mengunjungi Desa Betang di Palangka Raya yang memiliki rumah tradisional suku Dayak, atau menyaksikan pertunjukan tari tradisional di berbagai acara budaya.

Menikmati Kuliner Lokal

To be added…

Transportasi dan Perjalanan

To be added…

Keamanan dan Kesehatan

To be added…

Berbelanja Oleh-Oleh Khas

To be added…

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *