Panduan Perjalanan dari Situbondo ke Malang

  • Indra Kurniawan
  • Nov 30, 2023
Panduan Perjalanan dari Situbondo ke Malang

Tujuan Wisata di Situbondo

Di wilayah Situbondo, terdapat beberapa destinasi wisata yang populer dan wajib dikunjungi. Keindahan alam, budaya, dan sejarah yang dimiliki oleh daerah ini membuatnya menarik bagi para wisatawan. Berikut adalah beberapa tujuan wisata populer di Situbondo:

Kawasan Pantai Pasir Putih

Kawasan Pantai Pasir Putih, yang terletak di Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di daerah ini. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang jernih. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah, bermain air di pantai, atau sekedar bersantai di tepi pantai. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba berbagai aktifitas seperti snorkeling, jetski, atau berlayar menggunakan perahu tradisional.

Kawasan Wisata Air Terjun Sigolo Golo

Tersembunyi di hutan yang rindang, terletaklah Air Terjun Sigolo Golo. Destinasi wisata alam ini menawarkan pesona alam yang memukau. Air terjun yang deras dan jatuh dari tebing tinggi, menciptakan panorama indah yang memukau mata. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berenang atau mandi di kolam alami yang ada di bawah air terjun. Selain itu, terdapat juga jalur hiking yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan alam lainnya sepanjang perjalanan menuju air terjun.

Makam Sunan Panji

Makam Sunan Panji, yang terletak di Desa Kraton, Kecamatan Panji, Situbondo, merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang menarik di daerah ini. Sunan Panji adalah seorang tokoh ulama dan penyebar agama Islam di Jawa Timur pada abad ke-15. Makamnya dianggap suci dan banyak dikunjungi oleh para peziarah setiap tahunnya. Selain mengunjungi makam, pengunjung juga dapat mempelajari sejarah dan kebudayaan Islam di daerah Situbondo.

Desa Wisata Lengket

Desa Wisata Lengket, yang terletak di Kecamatan Jangkar, Situbondo, merupakan destinasi wisata budaya yang menarik. Desa ini terkenal dengan tradisi khas yang masih dilestarikan oleh penduduk setempat. Pengunjung dapat melihat dan ikut serta dalam berbagai kegiatan tradisional seperti menenun, membuat kerajinan tangan, atau belajar memasak makanan khas Jawa Timur. Selain itu, pengunjung juga dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan merasakan nuansa pedesaan yang khas.

Kawasan Hutan Anggrek

Terletak di Desa Lekok, Kecamatan Jangkar, Situbondo, Kawasan Hutan Anggrek menawarkan keindahan alam yang menawan. Hutan ini merupakan tempat tumbuhnya berbagai jenis anggrek langka dan dilindungi. Pengunjung dapat mengelilingi hutan dan melihat berbagai macam anggrek yang berwarna-warni dan cantik. Selain itu, tersedia juga tempat penangkaran anggrek yang dapat dikunjungi oleh pengunjung.

Situbondo memiliki beragam tujuan wisata yang menarik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Dari keindahan pantai, air terjun, situs sejarah, wisata budaya, hingga keindahan alamnya yang memukau, Situbondo memiliki segala yang dibutuhkan untuk membuat perjalanan wisata Anda menjadi tak terlupakan.

Cara Menuju Situbondo dari Malang

Berbagai opsi transportasi yang bisa digunakan untuk perjalanan dari Malang ke Situbondo.

Kereta Api

Salah satu cara populer untuk mencapai Situbondo dari Malang adalah dengan kereta api. Anda dapat naik kereta dari Stasiun Malang ke Stasiun Situbondo, dengan waktu perjalanan sekitar 4-5 jam tergantung pada jenis kereta yang Anda pilih. Terdapat beberapa pilihan kereta api seperti eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Sebaiknya periksa jadwal dan harga tiket terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Bus

Jika Anda lebih suka naik bus, terdapat berbagai perusahaan bus yang melayani rute Malang-Situbondo. Waktu perjalanan dengan bus diperkirakan sekitar 3-4 jam tergantung pada lalu lintas dan kecepatan bus. Anda dapat naik bus di Terminal Arjosari atau Terminal Gadang Malang. Pastikan untuk memilih bus dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mobil Pribadi

Jika Anda memiliki mobil pribadi, Anda dapat mengemudi dari Malang ke Situbondo. Rute yang dapat diikuti adalah dengan mengambil jalan Tol Surabaya-Gempol-Jatirogo-Situbondo. Waktu tempuh perjalanan dengan mobil pribadi sekitar 2-3 jam tergantung pada lalu lintas dan kecepatan Anda. Sebaiknya perhatikan kondisi jalan dan pastikan untuk membawa peta atau menggunakan GPS agar tidak tersesat.

Ojek Online

Bagi Anda yang ingin perjalanan lebih fleksibel dan cepat, Anda dapat menggunakan layanan ojek online. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ojek online, seperti Gojek atau Grab, dan memesan ojek untuk perjalanan dari Malang ke Situbondo. Perjalanan dengan ojek online biasanya memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan. Pastikan untuk memeriksa tarif yang berlaku sebelum memesan ojek online.

Travel

Alternatif lain adalah menggunakan layanan travel. Terdapat beberapa perusahaan travel yang melayani rute Malang-Situbondo. Waktu perjalanan dengan travel diperkirakan sekitar 2-3 jam tergantung pada lalu lintas. Anda dapat memesan tiket travel melalui agen travel terdekat atau melalui situs-situs penyedia layanan travel online. Pastikan untuk mengatur jadwal perjalanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa opsi transportasi yang bisa Anda pilih untuk perjalanan dari Malang ke Situbondo. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat menikmati perjalanan Anda!

Wisata Kuliner di Situbondo

Saat mengunjungi Situbondo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai makanan khas yang memanjakan lidah. Kota ini memiliki banyak kuliner yang patut diperhitungkan, dan berikut adalah beberapa di antaranya yang wajib dicoba:

Kerupuk Terbuat dari Ikan Tongkol

Salah satu makanan khas Situbondo yang sangat populer adalah kerupuk terbuat dari ikan tongkol. Dibuat dengan menggunakan ikan segar yang diolah dengan bumbu khas, kerupuk ini memiliki rasa gurih yang khas. Sangat cocok sebagai camilan atau pendamping makanan.

Ayam Bakar Taliwang

Tak hanya Lombok yang terkenal dengan ayam bakar Taliwangnya, Situbondo juga memiliki versi sendiri yang tak kalah lezat. Ayam bakar Taliwang Situbondo memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan nikmat. Daging ayam yang empuk dan bumbu khasnya membuat makanan ini menjadi salah satu kuliner favorit di daerah ini.

Soto Ayam Situbondo

Bagi pecinta soto, cobalah Soto Ayam Situbondo yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan beraroma sedap. Soto ayam khas Situbondo ini memiliki mie, potongan ayam rebus, serta berbagai pelengkap seperti tauge, telur, dan jeruk nipis. Rasanya yang khas dan bergizi membuat soto ayam Situbondo menjadi hidangan yang cocok untuk sarapan atau makan siang.

Nasi Pecel

Salah satu makanan tradisional yang bisa Anda temui di Situbondo adalah nasi pecel. Nasi ini disajikan dengan berbagai sayur yang direbus seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan lain-lain. Toppingnya adalah sambal pecel yang memiliki rasa pedas yang kuat. Makanan ini juga biasanya disajikan dengan tempe goreng, tahu goreng, dan rempeyek.

Sate Madura

Meski bukan makanan khas Situbondo, Sate Madura tetap menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung. Sate yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dibakar ini memiliki rasa gurih dan manis yang lezat. Sate Madura bisa Anda temukan di berbagai tempat makan di Situbondo dan menjadi hidangan favorit banyak orang.

Dengan begitu banyak pilihan kuliner yang lezat, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencoba makanan khas Situbondo saat berkunjung. Selamat menikmati!

Tempat Menginap di Situbondo

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Situbondo, tidak perlu khawatir tentang akomodasi yang nyaman dan terjangkau. Kota kecil ini menawarkan berbagai pilihan penginapan untuk memenuhi kebutuhan travel Anda. Berikut adalah beberapa tempat menginap yang direkomendasikan di Situbondo.

Hotel Boedjangan

Hotel Boedjangan adalah salah satu hotel terbaik di Situbondo. Dengan lokasi yang strategis di pusat kota, hotel ini menawarkan akses mudah ke berbagai atraksi wisata di sekitarnya. Kamar-kamar yang nyaman dan layanan yang ramah membuat pengalaman menginap di hotel ini sangat menyenangkan.

Losmen Bukit Kapur

Jika Anda mencari penginapan yang nyaman dengan harga yang terjangkau, Losmen Bukit Kapur adalah pilihan yang tepat. Terletak di kawasan perbukitan yang indah, Losmen Bukit Kapur menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Kamar-kamar sederhana namun bersih dan nyaman membuat Anda merasa seperti di rumah.

Guesthouse Simpang Makam

Guesthouse Simpang Makam adalah pilihan yang bagus bagi yang mencari penginapan dengan suasana yang tenang dan damai. Terletak di dekat Taman Makam Pahlawan, guesthouse ini menawarkan pengalaman menginap yang unik dan berbeda dari hotel-hotel lainnya. Kamar-kamar yang bersih dan luas serta suasana yang hangat membuat Anda betah tinggal di sini.

Homestay Kraton

Homestay Kraton adalah akomodasi yang sempurna untuk Anda yang ingin merasakan kehidupan lokal di Situbondo. Terletak di lingkungan tradisional, homestay ini menawarkan kenyamanan seperti di rumah sendiri. Pemilik homestay yang ramah dan perhatian akan membuat Anda merasakan keramahan orang Situbondo.

Itulah beberapa pilihan penginapan yang nyaman dan terjangkau di Situbondo. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat menjelajahi Situbondo!

Destinasi Wisata di Malang

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alam dan berbagai tempat wisata menarik. Berlibur ke Malang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan karena keindahan alamnya yang spektakuler. Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di Malang.

1. Jatim Park

Jatim Park adalah tempat wisata yang sangat populer di Malang. Di sini, Anda bisa menikmati berbagai wahana seru dan edukatif. Salah satu wahana yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Museum Satwa, di mana Anda dapat melihat berbagai koleksi satwa dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, terdapat juga wahana permainan air yang cocok untuk keluarga seperti Water Adventure.

Di Jatim Park juga terdapat Museum Angkut yang menampilkan berbagai jenis kendaraan dari masa lalu hingga masa kini. Anda bisa berfoto dengan latar belakang replika Eiffel, Colosseum, dan bangunan ikonik dunia lainnya. Tak hanya itu, terdapat juga Museum Musik Dunia yang menampilkan koleksi alat musik dari berbagai negara di dunia.

2. Bromo

Bromo merupakan destinasi wisata ikonik di Jawa Timur yang wajib dikunjungi. Gunung bromo terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya yang memukau. Untuk bisa mencapai puncak gunung Bromo, Anda harus melakukan perjalanan dengan jeep dan menaiki beberapa anak tangga. Namun, setiap lelah yang Anda rasakan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang luar biasa dari puncak Bromo.

Di sekitar gunung Bromo juga terdapat lautan pasir yang luas yang disebut “Whispering Sands” atau Pasir Berbisik. Lautan pasir yang menjulang tinggi ini menjadi spot foto yang populer. Anda juga dapat menyewa kuda untuk menjelajahi area sekitar dan menikmati keindahan alam yang memikat.

3. Selecta

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan taman bunga dan hiburan keluarga, Selecta adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Taman bunga ini memiliki berbagai macam tanaman hias yang menawan. Anda juga dapat naik kereta gantung untuk menikmati pemandangan indah sekitar.

Terdapat juga wahana permainan yang seru dan cocok untuk anak-anak, seperti kolam renang dan taman bermain. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Malang yang tersedia di kawasan Selecta.

4. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular adalah tempat wisata malam yang menawarkan berbagai wahana menarik. Anda dapat menikmati berbagai pertunjukan lampu dan suara yang spektakuler di sini. Selain itu, juga terdapat wahana permainan yang seru seperti roller coaster dan bioskop 4D.

Anda juga dapat menikmati kuliner lokal di area Batu Night Spectacular. Terdapat berbagai jenis makanan khas Jawa Timur yang dapat Anda coba. Jangan lewatkan juga market di malam hari yang menjual berbagai oleh-oleh khas Malang.

5. Coban Rondo

Coban Rondo adalah air terjun yang terletak di lereng Gunung Panderman. Keindahan alamnya yang memukau membuat tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Selain air terjun yang indah, di Coban Rondo juga terdapat Taman Panderman, yang merupakan taman yang luas dan penuh dengan berbagai jenis pepohonan dan bunga yang cantik.

Anda bisa menikmati suasana segar dan sejuk di sini sambil menikmati pemandangan alam yang tak terlupakan. Di Coban Rondo juga terdapat area bermain anak dan spot foto yang Instagramable. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman karena tempat ini cocok untuk melakukan piknik bersama keluarga atau teman-teman Anda.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di Malang. Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik sehingga Anda bisa menikmati segala keindahan dan keseruan yang ditawarkan oleh kota ini.

Cara Menuju Malang dari Situbondo

Situbondo dan Malang merupakan dua kota yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Jarak antara kedua kota ini adalah sekitar 121 kilometer, dan terdapat beberapa opsi transportasi yang dapat digunakan untuk perjalanan dari Situbondo ke Malang.

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, perjalanan dari Situbondo ke Malang dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan tersebut. Rute yang dapat dilalui adalah melalui jalan raya Surabaya-Banyuwangi. Perjalanan dengan kendaraan pribadi dapat memberikan kebebasan dan fleksibilitas dalam menentukan waktu berangkat dan berhenti.

2. Menggunakan Bus Antar Kota

Bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda dapat memilih untuk menggunakan bus antar kota yang menghubungkan Situbondo dan Malang. Terdapat beberapa perusahaan bus yang menyediakan layanan ini, seperti Patas, Lorena, dan Gunung Harta. Anda dapat menemukan terminal bus di Situbondo dan Malang untuk memulai perjalanan Anda.

3. Menggunakan Kereta Api

Jika Anda ingin mencoba pengalaman perjalanan dengan kereta api, Anda dapat memilih opsi ini untuk perjalanan dari Situbondo ke Malang. Terdapat beberapa stasiun kereta api di sekitar Situbondo, seperti Stasiun Jember dan Stasiun Probolinggo, yang dapat digunakan sebagai titik keberangkatan. Anda dapat membeli tiket kereta api ke Stasiun Malang untuk mencapai tujuan akhir Anda.

4. Menggunakan Ojek Online

Jika Anda mencari opsi transportasi yang lebih fleksibel dan cepat, Anda dapat menggunakan layanan ojek online seperti Gojek atau Grab. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi di ponsel Anda, dan memesan ojek untuk perjalanan dari Situbondo ke Malang. Opsi ini cocok untuk perjalanan singkat atau jika Anda ingin sampai ke tempat tujuan dengan lebih cepat.

5. Menggunakan Jasa Travel

Jasa travel atau travel shuttle juga merupakan opsi transportasi yang dapat Anda gunakan untuk perjalanan dari Situbondo ke Malang. Anda dapat mencari jasa travel yang terpercaya dan menghubungi mereka untuk memesan tempat. Keuntungan menggunakan jasa travel adalah Anda tidak perlu repot mencari transportasi umum, dan biasanya mereka menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

6. Menggunakan Pesawat Terbang

Jika Anda memiliki anggaran dan waktu yang cukup, Anda dapat memilih opsi perjalanan yang lebih cepat dan nyaman dengan menggunakan pesawat terbang. Anda dapat terbang dari Bandar Udara Blimbingsari di Banyuwangi ke Bandar Udara Abdul Rachman Saleh di Malang. Namun, pastikan untuk memeriksa jadwal penerbangan dan memesan tiket sesuai dengan rencana perjalanan Anda.

Aktivitas Menarik di Malang

Malang adalah kota yang memiliki banyak atraksi dan aktivitas menarik untuk dinikmati oleh para pengunjung. Dari wisata alam hingga wisata budaya, ada begitu banyak pilihan yang dapat memanjakan Anda selama berada di kota ini. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Malang.

1. Wisata Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu daya tarik utama di Malang. Terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan, Gunung Bromo menawarkan pengalaman pemandangan alam yang spektakuler. Anda dapat menyaksikan keindahan gunung tersebut dengan naik jeep atau trekking menuju puncaknya. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah ini.

2. Menjelajahi Kawasan Kota Tua

Kawasan Kota Tua Malang merupakan peninggalan sejarah Belanda yang masih terjaga dengan baik. Anda dapat mengunjungi bangunan bersejarah seperti Gereja Katedral dan Jalan Ijen yang dipenuhi dengan rumah kolonial. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kuliner khas Malang di sekitar kawasan ini, seperti bakso Malang dan sate kambing.

3. Mengunjungi Museum Angkut

Museum Angkut adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta otomotif dan transportasi. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam koleksi kendaraan, mulai dari mobil antik hingga pesawat terbang. Selain itu, terdapat juga wahana permainan yang menarik seperti bioskop 4D dan roller coaster mini.

4. Melihat Air Terjun Coban Rondo

Bagi pecinta alam, Coban Rondo adalah destinasi yang sempurna untuk dikunjungi. Air terjun yang indah ini terletak di daerah pegunungan Malang. Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan sambil menikmati segarnya air terjun. Di sekitar Coban Rondo juga terdapat berbagai tempat makan yang menyajikan hidangan lezat.

5. Bermain di Jatim Park

Jatim Park merupakan taman rekreasi yang terkenal di Malang. Di dalamnya terdapat berbagai wahana dan atraksi menarik. Anda dapat menikmati wahana air, bermain permainan interaktif, atau bahkan melihat berbagai koleksi hewan di Jatim Park 2. Ini adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

6. Belanja Oleh-Oleh di Pasar Bunga Selecta

Pasar Bunga Selecta adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan oleh-oleh khas Malang. Anda akan menemukan berbagai macam tanaman hias, bunga, dan buah segar di pasar ini. Selain itu, terdapat juga banyak toko yang menjual kerajinan tangan dan makanan khas Malang.

7. Wisata Kuliner Malang

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Malang tanpa mencoba kuliner khasnya. Ada banyak makanan lezat yang dapat Anda cicipi di kota ini, seperti bakso Malang, rujak cingur, nasi pecel, dan banyak lagi. Jangan lupa untuk mencoba juga jajan pasar tradisional seperti onde-onde dan lemper. Nikmati sensasi kuliner yang menggugah selera di Malang!

Dengan begitu banyak aktivitas menarik yang ditawarkan, tak heran jika Malang menjadi tujuan wisata yang populer di Indonesia. Siapkan waktu Anda untuk menjelajahi keindahan dan keunikan kota ini saat berlibur ke Malang!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *