Pesan Tiket dan Cari Tempat Wisata Menarik di Surabaya-Mojokerto

  • Indra Kurniawan
  • Nov 23, 2023
Pesan Tiket dan Cari Tempat Wisata Menarik di Surabaya-Mojokerto

Pengenalan

Surabaya dan Mojokerto adalah dua kota yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Kedua kota ini memiliki sejarah yang kaya dan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Surabaya, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur, menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Sementara itu, Mojokerto adalah kota kecil yang terkenal dengan peninggalan sejarahnya.

Surabaya memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Bungkul, taman yang terletak di pusat kota Surabaya. Taman ini merupakan tempat yang populer di kalangan warga setempat untuk bersantai dan beraktivitas. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau dan ada juga area tempat bermain bagi anak-anak. Tidak jauh dari Taman Bungkul, terdapat pula Monumen Kapal Selam, sebuah monumen yang menampilkan kapal selam bekas milik Angkatan Laut Indonesia.

Mojokerto juga memiliki daya tarik wisata yang unik. Salah satunya adalah Museum Trowulan, sebuah museum arkeologi yang berlokasi di kota Mojokerto. Museum ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta sejarah. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai artefak dan benda-benda bersejarah yang ditemukan di daerah sekitar Mojokerto.

Tidak hanya itu, Mojokerto juga dikenal dengan Candi Tikus. Candi Tikus adalah kompleks arkeologi yang tersembunyi di tengah hutan di Mojokerto. Candi ini diyakini merupakan tempat pemandian Kerajaan Majapahit. Meskipun kecil, Candi Tikus memiliki nilai sejarah yang sangat penting bagi Indonesia.

Surabaya dan Mojokerto juga terkenal dengan kuliner khasnya. Di Surabaya, pengunjung bisa mencicipi sate klopo, sate yang terbuat dari daging sapi dengan parutan kelapa kering yang disajikan sebagai bumbu. Sementara di Mojokerto, terdapat makanan khas yang disebut tahu tek, makanan yang terbuat dari tahu goreng yang dicampur dengan sayuran, tauge, kerupuk, dan saus kacang.

Dengan begitu banyak tempat wisata menarik dan kuliner khas yang bisa dinikmati, Surabaya dan Mojokerto merupakan tujuan yang sempurna bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Jawa Timur. Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah ajak keluarga dan teman-temanmu untuk merencanakan perjalanan ke Surabaya dan Mojokerto!

Transportasi

Untuk mencapai Mojokerto dari Surabaya, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan, antara lain kendaraan pribadi, angkutan umum, atau layanan taksi online.

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, perjalanan dari Surabaya ke Mojokerto bisa dilakukan dengan mudah. Anda dapat mengikuti jalan tol Surabaya-Mojokerto yang memiliki akses yang baik dan memakan waktu sekitar 30-45 menit tergantung pada lalu lintas. Namun, pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan dan mempersiapkan diri dengan baik.

Bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi, angkutan umum juga merupakan pilihan yang baik. Anda dapat menggunakan bus antarkota yang melayani rute Surabaya-Mojokerto. Bus ini biasanya tersedia di terminal atau halte bus kota. Perjalanan dengan bus akan memakan waktu lebih lama dibandingkan jika menggunakan kendaraan pribadi, namun biayanya lebih terjangkau.

Selain itu, layanan taksi online juga semakin populer sebagai sarana transportasi yang nyaman dan praktis. Anda dapat menggunakan aplikasi taksi online seperti Gojek atau Grab untuk memesan taksi yang akan membawa Anda dari Surabaya ke Mojokerto. Keuntungan menggunakan layanan taksi online adalah Anda dapat melihat estimasi biaya perjalanan sebelum memesan dan dapat menghindari negosiasi harga.

Apapun pilihan transportasi yang Anda pilih, pastikan untuk mempertimbangkan waktu perjalanan dan kondisi lalu lintas. Perjalanan dari Surabaya ke Mojokerto biasanya tidak memakan waktu terlalu lama, jadi Anda dapat menikmati liburan maupun keperluan bisnis Anda dengan lebih nyaman.

Tempat Wisata di Surabaya

Surabaya menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang cocok untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata yang direkomendasikan adalah Taman Bungkul. Taman ini merupakan salah satu taman kota terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 95 hektar. Taman Bungkul memiliki beragam fasilitas seperti area bermain untuk anak-anak, jogging track, taman bunga, dan area kuliner. Taman ini juga sering menjadi tempat untuk berbagai acara komunitas dan konser musik. Pengunjung dapat menikmati suasana segar dan hijau di tengah kota yang ramai.

Jembatan Merah juga merupakan tempat wisata populer di Surabaya. Jembatan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena pernah menjadi saksi bisu pertempuran sengit saat penobatan kemerdekaan Indonesia. Jembatan Merah merupakan simbol semangat perjuangan masyarakat Surabaya. Dari atas jembatan ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan indah Sungai Kalimas yang melintasi kota Surabaya. Bagi pecinta fotografi, Jembatan Merah juga menjadi salah satu spot foto yang menarik.

Mirota Batik adalah tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya dan Mojokerto. Toko ini menyediakan berbagai produk khas seperti batik Surabaya, kerajinan tangan, dan makanan tradisional. Mirota Batik juga memiliki koleksi batik yang indah dan beragam. Selain berbelanja, pengunjung juga dapat belajar tentang sejarah dan proses pembuatan batik. Mirota Batik merupakan tempat yang populer dikunjungi wisatawan karena terkenal dengan produk berkualitas dan harga yang terjangkau.

Dengan mengunjungi tempat wisata di Surabaya seperti Taman Bungkul, Jembatan Merah, dan Mirota Batik, liburan Anda akan menjadi lebih menyenangkan. Selain menikmati keindahan alam, Anda juga dapat belajar tentang sejarah dan budaya setempat. Kami menjamin pengalaman yang tak terlupakan selama berlibur di Surabaya dan Mojokerto.

Tempat Wisata di Mojokerto

Mojokerto juga memiliki tempat wisata yang menarik seperti Candi Tikus, Makam Majapahit, dan Kedung Ombo.

Candi Tikus

Salah satu tempat wisata yang menarik di Mojokerto adalah Candi Tikus. Candi Tikus merupakan situs candi yang tersembunyi di dalam kompleks perumahan. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-14 dan digunakan sebagai tempat pengorbanan dan upacara keagamaan. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan candi-candi besar di Jawa Tengah, Candi Tikus tetap memiliki nilai historis dan arkeologis yang tinggi. Saat ini, pengunjung dapat mengunjungi candi ini dan melihat reruntuhan serta artefak yang ditemukan selama proses penggalian.

Makam Majapahit

Mojokerto juga memiliki Makam Majapahit, tempat peristirahatan terakhir beberapa raja Majapahit. Makam ini menjadi tempat bersejarah yang penting bagi pecinta sejarah dan budaya Jawa. Saat mengunjungi Makam Majapahit, pengunjung dapat melihat kompleks makam yang indah dan dikelilingi oleh alam yang hijau. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan pedagang lokal yang menjual berbagai macam souvenir dan makanan khas Mojokerto.

Kedung Ombo

Kedung Ombo adalah sebuah danau buatan yang terletak di Mojokerto. Danau ini dibuat oleh warga setempat dengan maksud untuk menghemat air irigasi padi. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, Kedung Ombo menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Mojokerto. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau serta pemandangan alam sekitarnya. Terdapat juga aktivitas seru seperti perahu dayung dan berenang di danau.

Dengan keberagaman tempat wisatanya, Mojokerto menawarkan pengalaman yang menarik bagi para wisatawan. Mulai dari keindahan situs bersejarah seperti Candi Tikus dan Makam Majapahit hingga kegiatan rekreasi di Kedung Ombo, Mojokerto adalah destinasi yang layak dikunjungi saat berlibur di Indonesia.

Kuliner

Saat mengunjungi Surabaya dan Mojokerto, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner khas daerah, seperti Rujak Cingur dan Soto Ayam. Rujak Cingur adalah hidangan yang terkenal di Surabaya dan Mojokerto. Hidangan ini terdiri dari irisan daging dan hidung sapi rebus yang dihidangkan dengan sayuran segar, seperti kecambah, mentimun, tauge, dan kangkung. Semua bahan diatas kemudian dilumuri dengan saus rujak yang terbuat dari campuran petis, gula merah, air asam, dan bumbu rempah khas.

Selain itu, Soto Ayam juga merupakan makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Surabaya atau Mojokerto. Soto Ayam adalah sup ayam dengan tambahan mie, potongan daging ayam, telur rebus, dan garnis lainnya seperti daun seledri dan bawang goreng. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal dan kecap yang menambah citarasa yang khas.

Untuk menikmati kuliner khas Surabaya dan Mojokerto, Anda tidak perlu khawatir mencarinya. Di kedua kota ini, terdapat banyak warung dan restoran yang menyajikan Rujak Cingur dan Soto Ayam dengan cita rasa yang autentik. Anda bisa mencarinya di pusat kota, area wisata, atau daerah perbelanjaan yang ramai.

Tidak hanya Rujak Cingur dan Soto Ayam, Surabaya juga memiliki beragam makanan lain yang patut dicoba. Contohnya adalah Lontong Balap, sejenis makanan dengan bahan dasar nasi lontong, tahu goreng, taoge, dan lentho. Makanan ini biasa disajikan dengan kuah kacang yang menggugah selera. Selain itu, ada juga Rawon, sebuah hidangan dengan bahan dasar daging sapi yang dimasak dengan campuran bumbu khas seperti keluak sehingga memiliki rasa yang khas.

Jika Anda ingin mencoba kuliner tradisional Jawa Timur yang lebih unik, Anda bisa mencicipi Mie Kudusan. Mie ini merupakan mie khas Mojokerto yang terbuat dari tepung terigu. Rasanya yang unik dan teksturnya yang kenyal membuat Mie Kudusan menjadi hidangan yang sangat populer di daerah ini. Hidangan ini biasanya disajikan dengan kuah ayam, irisan daging ayam atau suiran ayam, irisan daun bawang, dan bawang goreng.

Dengan begitu banyak pilihan kuliner lezat di Surabaya dan Mojokerto, pastikan Anda menyempatkan waktu untuk mencoba makanan-makanan khas tersebut. Setiap hidangan memiliki citarasa yang berbeda-beda dan pasti akan memanjakan lidah Anda saat menjelajahi kota-kota ini.

Belanja

Ada banyak pusat perbelanjaan di Surabaya dan Mojokerto yang menawarkan berbagai macam produk dan barang-barang unik.

1. Tunjungan Plaza

Salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya adalah Tunjungan Plaza. Pusat perbelanjaan ini terdiri dari empat bagian, yaitu Tunjungan Plaza 1 hingga 4. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam toko dan merek ternama seperti H&M, Zara, dan Mango. Selain itu, Tunjungan Plaza juga memiliki pusat hiburan seperti bioskop dan pusat kebugaran.

2. Galaxy Mall

Galaxy Mall adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Kota Surabaya. Pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai macam toko dan restoran. Galaxy Mall juga sering menjadi tempat untuk mengadakan event-event seperti bazaar dan fashion show. Di sini, Anda juga dapat menemukan pusat kecantikan dan tempat bermain anak.

3. MERR Surabaya

MERR Surabaya adalah mal yang terletak di pusat Kota Surabaya. Mal ini menawarkan berbagai macam toko, mulai dari pakaian, aksesoris, elektronik, hingga makanan dan minuman. MERR Surabaya juga memiliki area food court yang menyajikan makanan lokal hingga internasional.

4. Ciputra World Surabaya

Ciputra World Surabaya adalah pusat perbelanjaan yang terletak di kawasan CBD Surabaya. Pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai macam toko dan restoran. Selain itu, Ciputra World Surabaya juga memiliki hotel bintang lima dan apartemen mewah.

5. City of Tomorrow (CITO) Surabaya

City of Tomorrow (CITO) Surabaya adalah pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai macam produk dengan harga terjangkau. Di sini, Anda dapat menemukan toko-toko pakaian, sepatu, dan aksesoris dengan diskon besar-besaran.

6. Mojokerto Town Square

Mojokerto Town Square adalah pusat perbelanjaan yang terletak di kota Mojokerto. Pusat perbelanjaan ini menawarkan berbagai macam toko, supermarket, dan restoran. Di sini, Anda juga dapat menemukan area bermain anak, tempat makan, dan bioskop. Mojokerto Town Square sering menjadi tempat berkumpulnya warga setempat untuk bersantai dan menikmati waktu luang.

Penginapan

Ketika berkunjung ke Surabaya dan Mojokerto, ada banyak pilihan penginapan mulai dari hotel berbintang hingga penginapan murah di sekitar kota.

1. Hotel Berbintang

Bagi Anda yang mencari pengalaman menginap yang mewah dan nyaman, ada banyak hotel berbintang di Surabaya dan Mojokerto yang bisa Anda pilih. Hotel-hotel ini menawarkan fasilitas lengkap seperti kolam renang, spa, restoran, dan layanan kamar 24 jam. Beberapa hotel berbintang terbaik di Surabaya adalah Hotel Majapahit, Hotel JW Marriott, dan Hotel Shangri-La. Di Mojokerto, Anda dapat memilih Hotel Lava View Bromo atau Hotel Trowulan.

2. Hotel Boutique

Bagi Anda yang mencari suasana yang lebih intim dan unik, Anda dapat mencoba menginap di hotel boutique. Hotel boutique umumnya memiliki jumlah kamar yang lebih sedikit, tetapi menawarkan desain yang indah dan suasana yang nyaman. Beberapa hotel boutique populer di Surabaya adalah Hotel Darmo, Opera Suite Hotel, dan Hotel 88 Embong Kenongo.

3. Homestay

Jika Anda mencari penginapan yang lebih murah dan ingin merasakan tinggal bersama penduduk setempat, homestay adalah pilihan yang tepat. Homestay biasanya berupa rumah atau kamar yang disewakan oleh penduduk setempat. Anda dapat menemukan homestay di berbagai daerah di Surabaya dan Mojokerto. Tinggal di homestay akan memberikan pengalaman yang lebih dekat dengan budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

4. Guesthouse

Guesthouse adalah penginapan yang lebih sederhana dan terjangkau dibandingkan dengan hotel atau homestay. Guesthouse umumnya memiliki kamar-kamar yang bersifat bersama, seperti hostel. Meskipun sederhana, guesthouse biasanya tetap memberikan fasilitas dasar seperti tempat tidur, kamar mandi bersama, dan dapur bersama. Guesthouse menjadi pilihan yang baik bagi para backpacker yang ingin menghemat biaya penginapan.

5. Villa atau Rumah Sewa

Bagi Anda yang ingin merasakan liburan yang lebih privat dan eksklusif, Anda dapat mencari villa atau rumah sewa di Surabaya dan Mojokerto. Villa atau rumah sewa biasanya dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti dapur, kolam renang pribadi, dan taman. Anda dapat menikmati kenyamanan seperti di rumah sendiri sambil menikmati keindahan alam sekitar.

6. Camping

Jika Anda mencari pengalaman petualangan yang berbeda, Anda dapat mencoba camping di Surabaya dan Mojokerto. Ada beberapa tempat khusus yang menyediakan fasilitas camping, baik di dalam kota maupun di daerah pedesaan. Camping akan memberikan pengalaman mendaki gunung, mengikuti kegiatan outdoor, dan tidur di tenda yang menyatu dengan alam.

7. Wisma

Bagi Anda yang mencari penginapan dengan harga yang lebih terjangkau, wisma bisa menjadi pilihan yang baik. Wisma adalah penginapan berskala kecil yang biasanya terdiri dari beberapa kamar dengan fasilitas sederhana seperti kamar mandi dalam atau luar kamar. Wisma biasanya terletak di pusat kota atau daerah yang strategis, sehingga memudahkan Anda untuk berkeliling dan menjelajahi Surabaya dan Mojokerto.

Dalam Berbagai pilihan penginapan di Surabaya dan Mojokerto, pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Pesanlah penginapan dengan cara yang mudah seperti melalui situs booking online atau langsung menghubungi penginapan yang Anda inginkan. Selamat berlibur dan selamat menikmati keindahan Surabaya dan Mojokerto!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *