Panduan Perjalanan ke London

  • Indra Kurniawan
  • Nov 18, 2023
Panduan Perjalanan ke London

Mengapa Mengunjungi London Menarik?

London menawarkan berbagai atraksi menarik, seperti landmark terkenal, museum yang mengagumkan, dan kehidupan malam yang sibuk.

1. Sejarah dan Budaya yang Kaya

London memiliki sejarah yang kaya dan kebudayaan yang beragam. Anda dapat mengunjungi landmark terkenal seperti Big Ben, Menara London, dan Buckingham Palace. Melihat langsung landmark ikonik ini akan memberikan Anda pengalaman yang mempesona dan memperkaya pengetahuan sejarah Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi museum-museum terkenal di London, seperti British Museum dan Natural History Museum, yang menampilkan koleksi seni, artefak sejarah, dan peninggalan dunia yang menakjubkan.

2. Pengalaman Belanja yang Luar Biasa

London merupakan surganya para shopaholic. Anda dapat menemukan berbagai pusat perbelanjaan mewah seperti Oxford Street, Bond Street, dan Knightsbridge. Jika Anda mencari butik mewah, London tepat bagi Anda. Tidak hanya itu, terdapat juga pasar-pasar tradisional yang menawarkan barang-barang unik dan handmade. Borough Market adalah salah satu pasar terkenal di London yang menjual makanan lezat dan bahan-bahan segar. Pengalaman belanja di London akan memuaskan hasrat belanja Anda.

3. Pertunjukan Seni yang Mengagumkan

London dikenal sebagai salah satu pusat seni dunia. West End di London menawarkan berbagai pertunjukan teater musikal yang termasyhur, seperti The Phantom of the Opera, Les Misérables, dan The Lion King. Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni lainnya, seperti konser musik, ballet, opera, dan pertunjukan drama di berbagai gedung teater di London. Jika Anda pecinta seni, mengunjungi London adalah pilihan yang tepat untuk merasakan pengalaman seni yang tak terlupakan.

4. Gastronomi Internasional

London adalah tempat yang sempurna untuk para pecinta kuliner. Kota ini memiliki beragam restoran dengan masakan dari berbagai belahan dunia. Anda dapat mencicipi masakan Inggris tradisional, seperti pie, fish and chips, hingga hidangan internasional seperti sushi, pizza, dan makanan Asia. London juga menjadi rumah bagi beberapa restoran terkenal dunia dengan bintang Michelin. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kelezatan gastronomi London yang memikat lidah!

5. Taman dan Ruang Hijau yang Indah

Meskipun merupakan kota besar, London memiliki banyak taman yang indah dan ruang terbuka hijau. Hyde Park, Regents Park, dan Kensington Gardens adalah beberapa taman terkenal yang dapat Anda kunjungi untuk bersantai, piknik, atau bahkan bersepeda. Anda juga dapat menikmati pemandangan Thames River sambil berjalan-jalan di sepanjang South Bank yang indah. Taman-taman ini memberikan kesempatan untuk bersantai sejenak dari keramaian kota.

Jadi, tidak heran mengapa mengunjungi London sangat menarik. Sejarah dan budaya yang kaya, pengalaman belanja yang luar biasa, pertunjukan seni yang mengagumkan, gastronomi internasional, serta taman dan ruang hijau yang indah menjadi beberapa alasan utama mengapa London harus menjadi tujuan perjalanan Anda berikutnya.

Kapan Sebaiknya Berkunjung ke London?

London memiliki cuaca yang relatif sejuk sepanjang tahun, tetapi musim panas adalah waktu yang ideal untuk berkunjung karena cuaca yang hangat dan lebih banyak kegiatan di luar ruangan.

Meskipun London sering digambarkan dengan cuaca yang gloomy, sebenarnya terdapat banyak hal yang bisa dinikmati selama musim panas. Mulai dari berjalan-jalan di taman yang indah seperti Hyde Park, Regents Park, atau Hampstead Heath, hingga menikmati pemandangan kota dari London Eye atau The Shard.

Selain itu, musim panas juga merupakan waktu sejumlah festival musik dan acara olahraga. Banyak musisi terkenal yang akan mengadakan konser di London, seperti di O2 Arena atau Wembley Stadium. Jadi, bagi para pecinta musik, musim panas adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan pengalaman konser yang tak terlupakan.

Bagi penggemar olahraga, musim panas juga merupakan waktu yang tepat untuk menyaksikan beberapa acara olahraga terbesar di dunia. Wimbledon, turnamen tenis terkenal, diadakan setiap bulan Juli di London. Selain itu, ada juga maraton London yang mengundang ribuan pelari dari seluruh dunia untuk ikut serta.

Selain acara-acara besar, musim panas juga memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam di sekitar London yang lebih subur dan hijau. Anda bisa mengunjungi taman-taman nasional seperti Richmond Park atau Kew Gardens, atau menjelajahi sungai Thames dengan naik kapal pesiar.

Jadi, jika Anda ingin menjelajahi dan menikmati segala yang London tawarkan, datanglah pada musim panas. Tidak hanya cuacanya yang hangat, tetapi juga ada lebih banyak kegiatan dan acara yang bisa Anda nikmati di luar ruangan. Pastikan Anda mempersiapkan pakaian yang nyaman dan siap untuk berjalan-jalan di kota yang tidak pernah tidur ini.

Bagaimana Cara Mengatur Transportasi di London?

London memiliki sistem transportasi yang luas, termasuk kereta bawah tanah yang efisien dan bus yang dapat membawa Anda ke berbagai lokasi di kota.

Jika Anda ingin menjelajahi London dengan menggunakan transportasi umum, Anda dapat membeli Oyster Card, kartu pintar yang dapat digunakan untuk membayar perjalanan menggunakan kereta bawah tanah, bus, dan kereta komuter di wilayah London. Oyster Card dapat dibeli di stasiun-stasiun kereta bawah tanah atau toko-toko convenience yang telah ditunjuk sebagai tempat pembelian. Dengan menggunakan Oyster Card, Anda akan mendapatkan tarif yang lebih murah daripada membeli tiket perjalanan tunggal.

Jika Anda tidak ingin menggunakan Oyster Card, Anda juga dapat menggunakan kartu debit atau kartu kredit dengan fitur contactless payment untuk membayar perjalanan Anda. London memiliki sistem pembayaran contactless di transportasi umum, yang memungkinkan Anda untuk membayar dengan hanya menempelkan kartu Anda pada mesin pembayaran yang telah disediakan di pintu masuk dan keluar stasiun kereta bawah tanah atau bus.

Transportasi paling terkenal di London adalah kereta bawah tanah, atau yang biasa dikenal dengan “Tube”. London Underground memiliki beberapa jalur yang mencakup hampir seluruh kota London. Jalur-jalur tersebut dikodekan dengan warna dan nama yang berbeda, sehingga memudahkan Anda untuk mengenali rute yang ingin Anda tuju. Selain itu, kereta bawah tanah juga dilengkapi dengan peta rute yang sangat informatif dan tersedia di stasiun-stasiun kereta.

Jika Anda lebih suka menggunakan bus untuk berkeliling London, Anda akan menemukan bahwa bus juga adalah pilihan yang baik. London memiliki jaringan bus yang luas dan beragam, dengan rute-rute yang mencakup hampir seluruh kota. Anda dapat mencari rute bus tertentu dan jadwal keberangkatannya melalui situs Transport for London atau menggunakan aplikasi Transport for London yang dapat diunduh di smartphone Anda.

Selain kereta bawah tanah dan bus, London juga memiliki sistem kereta komuter yang menghubungkan kota ini dengan daerah-daerah di sekitarnya. Jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat di luar London, seperti Windsor, Oxford, atau Cambridge, Anda dapat menggunakan kereta komuter untuk mencapai tujuan Anda. Tiket kereta komuter dapat dibeli secara online atau di stasiun kereta.

London juga memiliki sepeda untuk disewa, yang dikenal dengan sebutan “Boris Bikes” atau Santander Cycles. Anda dapat menyewa sepeda di berbagai stasiun yang telah ditentukan dan menikmati menjelajahi kota London dengan cara yang berbeda. Untuk menggunakan sepeda ini, Anda perlu mendaftar sebagai anggota dan membayar biaya sewa yang sesuai dengan lama penggunaan.

Jadi, ketika Anda berkunjung ke London, Anda tidak perlu khawatir tentang transportasi. Dengan sistem kereta bawah tanah yang efisien, jaringan bus yang luas, dan berbagai opsi lainnya seperti kereta komuter dan sepeda sewa, Anda dapat dengan mudah mengatur transportasi Anda di kota ini.

Apa Saja Tempat Wisata Terkenal di London?

Terdapat landmark ikonik seperti Menara London, Big Ben, dan Istana Buckingham yang menjadi atraksi utama bagi para wisatawan yang mengunjungi London. Namun, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata terkenal lainnya yang patut dikunjungi.

1. British Museum

British Museum adalah salah satu museum paling terkenal di dunia. Museum ini memiliki koleksi seni dan artefak sejarah yang sangat beragam. Pengunjung dapat melihat mumia Mesir Kuno, ukiran kuno dari Yunani, dan berbagai harta karun lainnya. British Museum juga memiliki koleksi yang unik, seperti batu Rosetta, yang menjadi kunci untuk memahami tulisan hieroglif Mesir Kuno.

2. Taman Hyde Park

Taman Hyde Park adalah taman publik yang terkenal di London. Taman yang luas ini menawarkan pemandangan yang indah dan atmosfer yang tenang di tengah kesibukan kota. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang danau Serpentine, menyewa perahu dayung, atau hanya duduk-duduk santai di bawah pohon-pohon rindang. Taman Hyde Park juga sering menjadi lokasi berbagai acara dan konser musik besar.

3. Menara London

Menara London adalah salah satu ikon terkenal di kota ini. Bangunan yang indah ini memiliki sejarah yang kaya dan sering digunakan sebagai penjara, istana, dan bahkan tempat penyiksaan di masa lalu. Saat ini, Menara London adalah salah satu tujuan wisata paling populer di London. Pengunjung dapat menjelajahi ruang bawah tanah dan melihat krown dan permata kerajaan yang berharga. Juga, jangan lewatkan pertunjukan Beefeater, penjaga resmi Menara London, yang memberikan cerita menarik tentang sejarah bangunan ini.

4. Istana Buckingham

Istana Buckingham adalah tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II. Bangunan megah ini menawarkan pemandangan yang spektakuler, terutama saat adanya pergantian penjaga yang terkenal. Pengunjung dapat menyaksikan upacara ini di depan gerbang istana. Selain itu, dalam hal ini, menyaksikan pengibaran bendera Ratu menandakan bahwa Ratu di dalam istana. Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Istana Buckingham pada bulan Agustus dan September, ketika Ratu sedang berada di Balmoral dan bagian-bagian tertentu dari istana dibuka untuk umum.

Inilah beberapa tempat wisata terkenal di London yang patut dikunjungi. Dengan landmark ikonik dan beragam atraksi budaya, London menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan. Tidak heran jika kota ini menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di dunia.

Aktivitas Apa yang Bisa Dilakukan di London?

London adalah kota yang penuh dengan berbagai aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Dari mengunjungi museum-museum dunia hingga menikmati pertunjukan teater, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di ibu kota Inggris ini. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda coba saat berada di London.

1. Menjelajahi Museum-Museum Dunia

Jika Anda pecinta seni dan sejarah, mengunjungi museum-museum di London adalah pilihan yang tepat. British Museum adalah salah satu museum paling terkenal di dunia yang menampung berbagai koleksi seni dan arkeologi yang mencakup ribuan tahun sejarah. National Gallery juga menjadi tempat yang populer untuk melihat karya seni besar dari berbagai periode. Anda dapat menikmati keindahan karya-karya seni yang luar biasa ini sambil belajar lebih banyak tentang sejarah.

2. Menikmati Pertunjukan Teater di West End

West End di London terkenal dengan panggung-panggung teaternya yang megah. Ada banyak pertunjukan menarik yang dapat Anda saksikan di sini, mulai dari musikal, drama, hingga komedi. Teater-teater terkenal seperti The Globe Theatre dan Royal Opera House juga menjadi destinasi favorit para penggemar seni pertunjukan. Menonton pertunjukan di West End adalah pengalaman yang tak terlupakan dan dapat membuat Anda terpesona dengan bakat-bakat yang luar biasa.

3. Menikmati Jalan-Jalan di Taman-Taman Indah

London memiliki banyak taman-taman yang indah yang cocok untuk berjalan-jalan atau bersantai. Salah satu taman yang terkenal adalah Hyde Park. Dengan luas lebih dari 140 hektar, taman ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan fasilitas rekreasi yang lengkap. Anda dapat menyewa sepeda atau perahu dan menikmati waktu bersantai di tengah hijaunya taman ini. Taman lainnya seperti Regents Park dan Greenwich Park juga patut dikunjungi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

4. Berbelanja di Pasar Tradisional

Jika Anda suka berbelanja, London menawarkan banyak pasar tradisional yang menarik untuk dikunjungi. Borough Market adalah pasar makanan yang terkenal dengan berbagai hidangan lezat. Anda dapat mencoba makanan lokal, seperti fish and chips atau pie, atau membeli bahan makanan segar untuk dimasak di akomodasi Anda. Camden Market juga merupakan destinasi belanja yang populer, dengan berbagai barang unik dan vintage yang bisa Anda temukan di sini.

5. Mengunjungi Istana dan Landmark Terkenal

Tidak lengkap rasanya mengunjungi London tanpa melihat istana dan landmark terkenalnya. Istana Buckingham adalah tempat kediaman resmi Ratu Inggris yang memiliki arsitektur yang indah. Anda dapat menyaksikan pergantian penjaga atau menjelajahi taman indah di sekitarnya. Tower of London juga menjadi daya tarik turis dengan sejarah yang kaya dan Menara London yang ikonik. Jangan lupa mengambil foto di depan ikon London lainnya, seperti Big Ben dan London Eye.

London adalah kota yang memiliki segalanya. Dari seni dan sejarah hingga hiburan dan keindahan alam, ada banyak aktivitas yang dapat Anda nikmati saat berada di sini. Jangan ragu untuk menjelajahi museum-museum dunia, menikmati pertunjukan teater, atau berbelanja di pasar tradisional. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di depan istana dan landmark terkenalnya. Selamat menikmati liburan Anda di London!

Kuliner Apa yang Harus Dicoba di London?

Jika Anda berkunjung ke London, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan-hidangan khas Inggris yang lezat. Kota ini menawarkan berbagai kuliner yang dapat memanjakan lidah Anda dengan rasa autentik. Berikut adalah beberapa hidangan yang harus dicoba saat berada di London.

Ikan Goreng dengan Kentang

Hidangan ikan goreng dengan kentang adalah salah satu kuliner tradisional Inggris yang terkenal di seluruh dunia. Biasanya dihidangkan dengan saus tartar dan potongan lemon, ikan goreng dengan kentang merupakan makanan yang wajib dicoba saat berada di London. Ada banyak restoran dan pub yang menyajikan hidangan ini dengan resep turun-temurun yang sudah teruji selama bertahun-tahun. Rasakan kenikmatannya dengan mencicipi ikan goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta kentang yang gurih dan pulen.

Scones dengan Teh Krim

Tak lengkap rasanya mengunjungi London tanpa mencicipi scones dengan teh krim. Hidangan ini merupakan tradisi teh khas Inggris yang populer di London. Scone adalah roti kecil yang biasanya disajikan saat makan siang atau teh sore. Roti tersebut biasanya dipotong menjadi dua bagian dan dilengkapi dengan selai stroberi dan krim kocok. Anda bisa menemukan scones dengan teh krim di berbagai tearoom atau restoran yang terkenal di London. Nikmati kelezatannya sambil menyeruput teh panas yang segar.

Pie dan Mash

Saat berada di London, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi pie dan mash, hidangan tradisional yang terbuat dari potongan daging yang dimasak dalam saus dengan bahan-bahan segar, seperti daging sapi atau ayam. Pie tersebut kemudian dilengkapi dengan mashed potato yang lezat. Rasakan kombinasi rasa gurih pada potongan daging yang lembut dan kenikmatan dari mashed potato yang creamy.

Curry

London juga terkenal dengan restoran curry yang bervariasi. Anda dapat menemukan berbagai hidangan curry dari masakan India, Pakistan, Bangladesh, dan Sri Lanka. Rasakan kelezatan rempah-rempah yang kaya dengan rasa dan aroma yang menggugah selera. Jelajahi berbagai restoran curry di London dan temukan curry favorit Anda.

Pudding Yorkshire

Pudding Yorkshire adalah hidangan penutup tradisional Inggris yang lezat. Roti panggang yang besar ini biasanya disajikan bersama dengan daging panggang, kentang panggang, dan saus penyerta. Rasakan kelezatan roti yang renyah di luar dan lembut di dalam, serta saus yang kaya rasa yang melengkapi hidangan ini. Pudding Yorkshire merupakan hidangan yang paling baik disantap pada hari Minggu atau saat perayaan Natal di keluarga Inggris.

Kesimpulan

London adalah surganya para pecinta makanan. Kota ini menawarkan berbagai kuliner khas Inggris yang memikat selera. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hidangan-hidangan tradisional seperti ikan goreng dengan kentang, scones dengan teh krim, pie dan mash, curry, pudding Yorkshire, dan masih banyak lagi. Selamat menikmati kuliner di London!

Tips Hemat untuk Mengunjungi London

Agar perjalanan ke London lebih terjangkau, Anda dapat memanfaatkan beberapa tips hemat berikut ini.

Manfaatkan Oyster Card

Satu cara yang sangat efektif untuk menghemat biaya transportasi di London adalah dengan menggunakan Oyster Card. Kartu ini adalah kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membayar perjalanan dengan bus, kereta api, dan underground di London. Oyster Card dapat dibeli di berbagai stasiun kereta api dan pusat informasi di seluruh kota. Dengan menggunakan Oyster Card, Anda akan mendapatkan tarif yang lebih murah dibandingkan dengan membeli tiket perjalanan secara langsung.

Anda juga dapat mengisi ulang Oyster Card sesuai kebutuhan, sehingga dapat mengontrol pengeluaran transportasi Anda dengan lebih baik. Selain itu, Oyster Card juga memiliki batas maksimum pengeluaran harian, yang berarti setelah mencapai batas tersebut, Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan lagi untuk perjalanan selanjutnya di hari yang sama.

Cari Promo Tiket Pesawat

Jika Anda ingin mengunjungi London dengan pesawat, sebaiknya rajin memantau promo tiket pesawat. Banyak maskapai penerbangan yang seringkali menawarkan diskon atau promo khusus untuk penerbangan ke London. Anda dapat mengikuti akun media sosial maskapai penerbangan tersebut, berlangganan newsletter mereka, atau menggunakan situs web perbandingan harga tiket pesawat untuk mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah.

Jangan ragu untuk mencari promo tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan Anda. Dengan begitu, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan tiket dengan harga terbaik dan dapat mengatur rencana perjalanan ke London dengan lebih baik.

Pesan Akomodasi Melalui Situs Web Pemesanan Online

Untuk mendapatkan akomodasi dengan harga yang lebih terjangkau di London, Anda dapat memesan melalui situs web pemesanan online yang menawarkan diskon atau penawaran khusus. Ada banyak situs web yang menyediakan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari hotel, apartemen, hingga hostel. Dengan memanfaatkan fitur pencarian dan perbandingan harga yang disediakan oleh situs-situs tersebut, Anda dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Sebelum memesan, pastikan untuk membaca ulasan dari tamu sebelumnya untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang kualitas dan fasilitas akomodasi yang dipilih. Selain itu, untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda juga dapat mencari akomodasi di luar pusat kota London. Meskipun mungkin perlu sedikit lebih lama untuk mencapai tujuan wisata, tapi Anda bisa menghemat uang untuk keperluan lainnya.

Dengan menerapkan tips hemat di atas, Anda dapat menjelajahi London dengan anggaran yang lebih terjangkau. Tetaplah mencari kesempatan dan diskon yang tersedia, dan jangan ragu untuk mengatur rencana perjalanan Anda dengan lebih baik. Selamat menikmati liburan di London!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *