Panduan Perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya

  • Indra Kurniawan
  • Dec 01, 2023
Panduan Perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya

Tentang Tulungagung

Tulungagung adalah sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, dengan pesona alam dan kekayaan budayanya yang luar biasa.

Sejarah Tulungagung

Tulungagung memiliki sejarah panjang yang mencakup berbagai periode. Kota ini telah ada sejak zaman prasejarah, sebagai daerah yang dihuni oleh suku bangsa megalitikum. Selanjutnya, pada zaman Hindu-Budha, Tulungagung menjadi bagian dari Kerajaan Kediri dan kemudian Kerajaan Singhasari.

Pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit, Tulungagung dikenal sebagai kawasan budaya yang makmur. Salah satu peninggalan dari era ini adalah candi yang ditemukan di wilayah Tulungagung, seperti Candi Kedung Jati dan Candi Selogriyo.

Pada masa kolonial, Tulungagung berada di bawah kekuasaan Belanda. Kota ini menjadi pusat perdagangan, terutama dalam sektor gula. Setelah kemerdekaan Indonesia, Tulungagung berkembang menjadi kota industri kecil yang menghasilkan produk-produk khas seperti batik Tulungagung dan tempe.

Pariwisata di Tulungagung

Tulungagung memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu atraksi utama adalah pantai-pantai yang indah, seperti Pantai Popoh dan Pantai Watu Ulo. Pantai-pantai ini menawarkan pemandangan yang spektakuler serta suasana yang tenang dan nyaman.

Bagi pecinta hiking, Gunung Wilis menjadi pilihan yang populer. Gunung ini menawarkan trekking yang menantang namun mempesona, dengan pemandangan alam yang menakjubkan di sepanjang perjalanan.

Tulungagung juga memiliki berbagai objek wisata budaya, seperti Taman Rekreasi Tugu Bakti dan Museum Adipura. Taman Rekreasi Tugu Bakti merupakan taman yang luas dengan berbagai wahana yang cocok untuk keluarga. Sedangkan Museum Adipura menyimpan berbagai koleksi sejarah dan budaya Tulungagung yang menarik untuk dipelajari.

Kuliner Khas Tulungagung

Selain pesona alam dan kebudayaannya, Tulungagung juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan adalah “sego tiwul”. Makanan ini terbuat dari singkong yang diolah menjadi bubur dengan serutan kelapa dan sambal khas.

Selain itu, ada juga “gado-gado klatak” yang sangat terkenal di Tulungagung. Gado-gado ini berbeda dari gado-gado pada umumnya karena menggunakan bumbu kacang yang lebih kental dan biasanya disajikan dengan petis.

Jika Anda mencari makanan ringan, “emping jengkol” adalah pilihan yang sempurna. Emping jengkol adalah keripik yang terbuat dari biji jengkol yang diolah secara khusus untuk menghasilkan rasa yang gurih.

Tulungagung ke Surabaya

Bagi yang ingin melakukan perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya, terdapat beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih.
Opsi pertama adalah menggunakan transportasi udara dengan naik pesawat. Anda dapat terbang dari Bandara Notohadinegoro di Tulungagung ke Bandara Internasional Juanda di Surabaya. Penerbangan ini memiliki waktu tempuh sekitar 30-45 menit tergantung dari kondisi cuaca dan jadwal penerbangan.

Alternatif lain adalah menggunakan transportasi darat dengan naik bus atau kereta api. Perjalanan darat dari Tulungagung ke Surabaya memiliki jarak sekitar 120 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam, tergantung dari kondisi lalu lintas.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Surabaya ketika Anda berada di Tulungagung. Nikmatilah pesona alam dan budaya Tulungagung sebelum melanjutkan perjalanan ke Surabaya yang juga memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi.

Informasi Umum Mengenai Surabaya

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia dan merupakan pusat bisnis dan perdagangan di Jawa Timur. Dengan populasi lebih dari 3 juta jiwa, Surabaya adalah salah satu kota metropolitan terpadat di Indonesia. Terletak di pesisir utara pulau Jawa, Surabaya adalah gerbang utama untuk berbagai destinasi wisata di Jawa Timur.

Surabaya memiliki sejarah yang kaya dan merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Kota ini didirikan pada abad ke-13 oleh para pemukim dari Kerajaan Singhasari. Seiring waktu, Surabaya berkembang menjadi pusat perdagangan penting di wilayah ini, dan hingga saat ini, kota ini tetap menjadi pusat aktivitas bisnis dan ekonomi di Jawa Timur.

Surabaya memiliki infrastruktur yang baik, termasuk bandara internasional, pelabuhan laut, dan jaringan transportasi yang luas. Bandara Internasional Juanda, yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota, adalah gerbang utama untuk penerbangan domestik maupun internasional. Pelabuhan Tanjung Perak adalah salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia dan melayani layanan kapal barang dan penumpang ke berbagai tujuan di dalam negeri maupun internasional.

Ketika datang ke pariwisata, Surabaya menawarkan berbagai atraksi menarik bagi wisatawan. Salah satu tempat wisata yang populer adalah Taman Bungkul, sebuah taman kota yang indah dan modern. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana relax dan berbagai fasilitas olahraga seperti jogging track dan lapangan bola. Taman Hiburan Bungkul juga menjadi tempat rekreasi yang populer di Surabaya, terutama untuk keluarga dengan anak-anak.

Bagi pecinta belanja, Surabaya juga memiliki berbagai pusat perbelanjaan modern. Salah satu yang terbesar adalah Tunjungan Plaza, yang menawarkan berbagai toko, restoran, dan bioskop. Ada juga banyak pasar tradisional di seluruh kota, tempat wisatawan dapat berbelanja barang-barang unik dan mencicipi kuliner khas Jawa Timur.

Surabaya juga memiliki sejumlah tempat bersejarah yang menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah Monumen Kapal Selam, sebuah kapal selam nyata yang dijadikan museum. Museum ini memberikan pengalaman edukatif tentang sejarah militer Indonesia. Monumen Perjuangan 10 November adalah tempat lain yang patut dikunjungi, yang menghormati perjuangan para pahlawan nasional Indonesia dalam peristiwa Suro dan Boyo pada tahun 1945.

Tidak hanya itu, Surabaya juga adalah pintu gerbang untuk menjelajahi destinasi wisata lain di Jawa Timur. Banyak wisatawan yang menggunakan Surabaya sebagai titik awal untuk mengunjungi Gunung Bromo, salah satu gunung berapi paling terkenal di Indonesia. Selain itu, kota Malang yang terkenal dengan keindahan alam dan arsitektur kolonial juga dapat dijangkau dengan mudah dari Surabaya.

Surabaya adalah kota yang penuh dengan kehidupan, dan memiliki segala sesuatu yang dapat membuat wisatawan merasa puas. Dari atraksi wisata yang menarik hingga belanja dan kuliner yang melimpah, Surabaya pasti tidak akan mengecewakan para pengunjungnya.

Pilihan Transportasi yang Tersedia

Bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya, terdapat beberapa pilihan transportasi yang dapat dipilih. Dengan adanya berbagai pilihan ini, anda dapat memilih yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut adalah beberapa pilihan transportasi yang dapat digunakan:

1. Bus

Salah satu pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya adalah menggunakan bus. Terdapat beberapa perusahaan bus yang melayani rute ini dengan jadwal keberangkatan yang teratur. Anda dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan harga tiket bus ini melalui situs resmi atau agen-agen perjalanan yang terpercaya.

2. Kereta Api

Jika anda lebih memilih menggunakan kereta api, anda juga dapat memilih opsi ini untuk perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya. Terdapat beberapa stasiun kereta api di Tulungagung yang melayani rute ini dengan jadwal keberangkatan yang cukup banyak. Anda dapat memilih jenis kereta api dan kelas yang sesuai dengan keinginan anda. Cek jadwal dan harga tiket kereta api ini melalui situs resmi atau aplikasi pemesanan tiket kereta api yang terpercaya.

3. Taksi atau Mobil Pribadi

Bagi mereka yang lebih nyaman menggunakan taksi atau mobil pribadi, opsi ini juga dapat dipertimbangkan untuk perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya. Anda dapat menyewa taksi atau menggunakan mobil pribadi untuk melakukan perjalanan ini. Pastikan anda mengetahui jalan yang harus ditempuh dan kondisi lalu lintas yang ada untuk mencapai Surabaya dengan aman dan nyaman.

Dengan berbagai pilihan transportasi yang tersedia, anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anda. Pastikan anda mempertimbangkan faktor-faktor seperti budget, kenyamanan, dan kecepatan perjalanan sebelum memilih transportasi yang akan digunakan. Selamat menikmati perjalanan anda dari Tulungagung ke Surabaya!

Penginapan di Surabaya

Surabaya memiliki berbagai pilihan penginapan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Berikut adalah empat pilihan penginapan di Surabaya yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Hotel Bintang 5

Bagi Anda yang menginginkan pengalaman menginap dengan kemewahan dan layanan berkualitas, Surabaya memiliki beberapa hotel bintang 5 yang terkenal diantaranya adalah Hotel Majapahit, JW Marriott, dan Sheraton Surabaya Hotel & Towers. Hotel-hotel ini menawarkan fasilitas lengkap mulai dari kolam renang, spa, hingga restoran yang menyajikan berbagai hidangan internasional. Meskipun harga kamar di hotel bintang 5 cukup tinggi, namun pengalaman menginap yang nyaman dan mewah akan menjadi nilai tambah.

2. Hotel Bintang 3

Jika Anda mencari penginapan dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang lebih terjangkau, hotel bintang 3 bisa menjadi pilihan ideal. Surabaya memiliki banyak hotel bintang 3 yang menawarkan kamar yang nyaman dan fasilitas lengkap seperti kolam renang, restoran, dan pusat kebugaran. Beberapa hotel bintang 3 yang terkenal di Surabaya antara lain Hotel Santika, Hotel Mercure, dan Hotel Ibis Surabaya City Center.

3. Guest House

Bagi para backpacker atau wisatawan dengan anggaran terbatas, guest house bisa menjadi alternatif penginapan yang ekonomis. Surabaya memiliki beberapa guest house yang terletak dekat dengan pusat kota dan tempat wisata populer seperti Taman Bungkul dan Monumen Kapal Selam. Meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak se lengkap hotel, namun guest house biasanya menawarkan kamar yang bersih dan nyaman dengan harga yang lebih terjangkau.

4. Home Stay

Jika Anda mencari pengalaman menginap yang lebih autentik dan ingin merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat lokal, home stay bisa menjadi pilihan yang menarik. Surabaya memiliki beberapa rumah penduduk yang menyewakan kamar-kamar mereka kepada wisatawan. Anda dapat merasakan suasana rumah tradisional Surabaya dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat. Home stay juga biasanya lebih terjangkau dibandingkan hotel atau guest house.

Itulah empat pilihan penginapan di Surabaya yang dapat Anda pertimbangkan selama liburan Anda ke kota ini. Apapun pilihan Anda, pastikan untuk mempertimbangkan lokasi, fasilitas, dan tentunya budget Anda agar dapat memiliki pengalaman menginap yang nyaman selama berada di Surabaya.

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Berlibur merupakan salah satu kegiatan yang dinantikan oleh banyak orang untuk menikmati waktu luang mereka. Jika Anda sedang berencana untuk berlibur ke Surabaya, ada beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang menarik di Surabaya.

Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu tempat wisata yang sangat populer di Surabaya. Taman ini terletak di tengah kota dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang. Anda dapat menikmati suasana yang tenang dan segar di sini. Selain itu, Taman Bungkul juga memiliki berbagai fasilitas, seperti area bermain anak, lapangan olahraga, dan tempat duduk yang nyaman. Banyak orang datang ke Taman Bungkul untuk berjalan-jalan, berolahraga, atau hanya duduk bersantai sambil menikmati hidangan ringan dari pedagang kaki lima yang ada di sekitar taman.

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam adalah monumen yang dibangun sebagai kenang-kenangan atas jasa-jasa para anggota TNI AL yang pernah bertugas di kapal selam. Monumen ini terletak di dekat pelabuhan Tanjung Perak. Anda dapat mengunjungi monumen ini untuk melihat bagaimana kehidupan di dalam kapal selam. Di dalamnya, terdapat berbagai replika ruang dan peralatan kapal selam yang dapat Anda jelajahi. Pengunjung juga dapat mempelajari sejarah perjalanan kapal selam di Indonesia melalui pameran yang ada di monumen ini.

Kota Tua Surabaya

Sebagai kota dengan sejarah yang kaya, Surabaya memiliki Kota Tua yang merupakan destinasi wisata yang populer. Di Kota Tua Surabaya, Anda dapat melihat bangunan bergaya kolonial Belanda yang masih terawat dengan baik. Selain itu, terdapat juga beberapa museum yang menampilkan koleksi artefak dan benda-benda bersejarah. Anda dapat menjelajahi area ini dengan berjalan kaki atau naik sepeda ontel yang menyewakan sepeda di sekitar Kota Tua. Jangan lupa mencoba beberapa kuliner khas Surabaya yang dapat Anda temui di sekitar Kota Tua.

Taman Safari Prigen

Untuk pengalaman wisata alam yang berbeda, Anda dapat mengunjungi Taman Safari Prigen. Taman ini merupakan taman safari yang terletak di Prigen, sekitar 50 kilometer dari Surabaya. Anda dapat melihat berbagai hewan dari berbagai jenis, termasuk hewan langka dan dilindungi, seperti harimau, jerapah, dan beruang panda merah. Selain itu, Taman Safari Prigen juga menawarkan berbagai wahana dan atraksi, seperti pertunjukan dengan hewan-hewan yang dilatih, serta kolam renang dan taman bermain yang cocok untuk keluarga.

Kampung Warna-Warni Jodipan

Salah satu tempat wisata yang unik di Surabaya adalah Kampung Warna-Warni Jodipan. Kampung ini adalah contoh yang nyata dari kekuatan seni dan kreativitas masyarakat setempat. Kampung Warna-Warni Jodipan dulunya adalah pemukiman kumuh yang kemudian diubah menjadi sebuah desa seni yang menakjubkan. Seluruh rumah di kampung ini dihias dengan warna-warni cerah yang mencolok. Anda dapat menjelajahi kampung ini sambil menikmati berbagai lukisan dan mural menarik yang menghiasi setiap sudutnya. Jangan lupa untuk berfoto di depan mural-mural keren di kampung ini!

Inilah beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Surabaya. Dari Taman Bungkul yang menenangkan hingga Kampung Warna-Warni Jodipan yang penuh dengan seni, setiap tempat menawarkan pengalaman berbeda yang patut Anda eksplorasi. Jadi, siapkan rencana perjalanan Anda dan nikmati indahnya Surabaya!

Kuliner Khas Surabaya yang Menggugah Selera

Jika Anda mengunjungi Surabaya, jangan lewatkan untuk mencoba beberapa kuliner khasnya, seperti Rawon, Rujak Cingur, dan Lontong Balap.

1. Rawon

Jika Anda mencari hidangan yang kaya akan cita rasa, tidak ada yang lebih sempurna daripada mencicipi Rawon Surabaya. Menyajikan potongan daging sapi yang lembut dan kuah yang pekat, hidangan ini wow banget! Biasanya disajikan dengan nasi putih dan emping, rawon adalah hidangan yang harus Anda coba saat berada di Surabaya. Jangan lupa tambahkan sedikit sambal dan jeruk nipis untuk meningkatkan cita rasanya yang khas.

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan sedap yang terkenal di Surabaya dan Jawa Timur. Terdiri dari sayuran segar seperti mentimun, kangkung, dan tauge yang dicampur dengan irisan cingur atau hidung sapi yang direbus dan dimakan dalam keadaan dingin. Ditambah sedikit saus kacang yang pedas dan gurih serta taburan kerupuk, rujak cingur adalah kombinasi rasa yang unik dan menggugah selera.

3. Lontong Balap

Apakah Anda penyuka makanan pedas? Jika ya, maka Lontong Balap adalah hidangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Menggunakan lontong sebagai base, hidangan ini ditambahkan dengan taoge, lentho, tahu goreng, kerupuk, dan sambal petis yang sangat pedas. Rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit manis akan membuat Anda ketagihan setelah mencicipinya.

4. Soto Ayam

Meskipun soto ayam dapat ditemukan di seluruh Indonesia, Soto Ayam Surabaya memiliki keunikan sendiri. Kuahnya yang gurih dan aroma rempah-rempahnya yang khas membuat soto ayam Surabaya begitu istimewa. Disajikan dengan potongan ayam yang lembut, telur rebus, dan lontong, hidangan ini adalah makanan yang sempurna untuk bersantap di Surabaya.

5. Semanggi Surabaya

Jika Anda penggemar makanan vegetarian, maka Semanggi Surabaya adalah pilihan yang tepat. Terbuat dari daun semanggi segar yang diolah dengan cara direbus dan disajikan dengan kuah yang lezat, Semanggi Surabaya adalah hidangan sehat yang dapat Anda nikmati di Surabaya.

6. Sate Klopo

Sate Klopo adalah hidangan yang unik dan menggugah selera yang berasal dari Surabaya. Terbuat dari daging sapi yang dibalut dengan kelapa parut yang kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus kacang, sate klopo memiliki cita rasa yang lezat dan sangat khas. Dapatkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan dengan mencicipi sate klopo saat Anda berada di Surabaya.

Kuliner Khas Tulungagung

Selama perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri mencicipi kuliner khas Tulungagung. Kawasan ini terkenal dengan makanan lezat dan unik yang patut dicoba. Salah satu makanan khas yang wajib dicicipi adalah tahu campur. Tahu campur merupakan hidangan yang terdiri dari tahu goreng, mie, dan irisan daging sapi yang dihidangkan dengan kuah yang khas serta beraneka ragam bumbu. Rasanya sangat lezat dan cocok sebagai sajian pembuka perjalanan ini.

Mengunjungi Tempat Wisata di Tulungagung

Sebelum berangkat ke Surabaya, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Tulungagung. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Air Dingin. Air terjun ini terkenal dengan airnya yang jernih dan segar. Anda juga bisa berenang atau bermain air di kolam yang ada di sekitar air terjun ini. Selain itu, ada juga Puncak Gunung Wilis yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Jangan lupa untuk mengabadikan foto-foto di lokasi tersebut sebagai kenang-kenangan selama perjalanan ini.

Transportasi yang Tersedia

Untuk perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya, terdapat beberapa pilihan transportasi yang dapat dipilih. Salah satu opsi yang paling populer adalah menggunakan bus. Terdapat banyak perusahaan bus yang melayani rute ini dengan jadwal yang teratur. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan layanan taksi atau menggunakan jasa rental mobil jika ingin lebih fleksibel dalam perjalanan. Pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai jadwal dan tarif transportasi yang dimiliki masing-masing pilihan.

Perjalanan Melalui Jalan Tol

Jika Anda ingin mencapai Surabaya dengan lebih cepat, Anda dapat menggunakan jalan tol. Rute dari Tulungagung ke Surabaya sudah terhubung dengan jalan tol sehingga perjalanan akan menjadi lebih lancar dan singkat. Anda dapat menggunakan kartu tol atau membayar tiket tol secara tunai di gerbang tol yang ada di sepanjang jalan tol. Pastikan untuk memperhatikan rambu-rambu dan aturan lalu lintas yang berlaku untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama perjalanan.

Pesona Kota Surabaya

Sampai di Surabaya, Anda akan disambut oleh pesona kota yang menarik dan beragam. Ada banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi di Surabaya, seperti Taman Bungkul, yang merupakan taman kota yang populer di kalangan warga Surabaya. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Monumen Kapal Selam, yang merupakan kapal selam militer yang telah diubah menjadi museum. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi kuliner khas Surabaya, seperti rawon dan soto ayam. Menikmati keindahan kota Surabaya akan menjadi penutup perjalanan yang tidak terlupakan.

Kesimpulan

Perjalanan dari Tulungagung ke Surabaya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dengan banyaknya hal menarik yang dapat dinikmati selama perjalanan. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Tulungagung dan mengunjungi beberapa tempat wisata sebelum sampai di Surabaya. Pilihlah transportasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan perhatikan rambu-rambu serta aturan lalu lintas saat melewati jalan tol. Nikmati pesona Kota Surabaya setelah perjalanan yang menyenangkan, dan jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen indah selama perjalanan ini.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *