Tips dan Panduan Travelling ke Thailand

  • Indra Kurniawan
  • Dec 05, 2023
Tips dan Panduan Travelling ke Thailand

Pengantar tentang Perjalanan ke Thailand

Thailand merupakan salah satu tujuan liburan yang populer di Asia Tenggara dengan berbagai atraksi wisata yang menarik. Negara ini menawarkan segudang pengalaman seru, mulai dari menjelajah kota-kota yang ramai dengan kehidupan malam yang vibrannya tinggi, hingga menikmati pemandangan alam yang memesona di pantai-pantai eksotis.

Perjalanan ke Thailand adalah pilihan yang tepat untuk para pemburu petualangan dan pecinta budaya. Negara ini menawarkan keanekaragaman budaya yang unik, mulai dari bangunan bersejarah yang megah, kuil-kuil yang indah, dan tarian tradisional yang mengagumkan. Selain itu, Thailand juga terkenal dengan masakan lezatnya, seperti Tom Yum dan Pad Thai, yang memanjakan lidah para wisatawan.

Ketika berkunjung ke Thailand, jangan lewatkan peluang untuk menjelajahi ibukota Bangkok. Kota ini dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit yang modern, kuil-kuil yang megah, serta pasar tradisional yang meriah. Nikmati juga kehidupan malam yang memikat di kawasan Khao San Road, di mana terdapat beragam bar dan klub malam yang ramai dikunjungi wisatawan.

Jika Anda mencari pengalaman alam yang tak terlupakan, kunjungi pulau-pulau di Thailand. Pulau Phuket adalah destinasi favorit dengan pantai-pantai yang indah, seperti Patong Beach dan Kata Beach. Nikmati kegiatan menyelam dan snorkeling di pulau-pulau terpencil seperti Kepulauan Similan yang menawarkan terumbu karang yang memukau. Jika Anda mencari ketenangan, kunjungi pulau-pulau seperti Koh Phi Phi atau Koh Samui yang menawarkan pantai-pantai yang tenang dan pemandangan alam yang memesona.

Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi sejarah dan budaya Thailand dengan mengunjungi kota Ayutthaya. Kota ini menjadi pusat kerajaan Thailand pada abad ke-14 dan memiliki banyak candi dan bangunan bersejarah yang menjadikannya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Bagi pecinta belanja, Thailand merupakan surga belanja dengan beragam opsi yang ditawarkan. Kunjungi pasar malam terkenal seperti Chatuchak Market di Bangkok, di mana Anda dapat menemukan berbagai macam produk lokal dan menjajal makanan jalanan yang lezat. Jelajahi juga pusat perbelanjaan modern seperti Siam Paragon dan CentralWorld untuk mencari produk-produk merek terkenal dunia.

Sebelum pergi ke Thailand, pastikan Anda telah mengurus persyaratan perjalanan seperti visa dan imigrasi. Selain itu, selalu patuhi aturan dan budaya setempat untuk menjaga pengalaman Anda tetap menyenangkan serta menghormati budaya dan tradisi Thailand.

Dalam mengeksplorasi Thailand, pastikan Anda mengatur rencana perjalanan dengan baik dan mempersiapkan segala kebutuhan perjalanan Anda. Dengan begitu, Anda akan dapat menikmati liburan yang luar biasa di negeri yang menakjubkan ini.

Akomodasi Menarik di Thailand

Thailand menyediakan berbagai macam pilihan akomodasi mulai dari hotel mewah, resor pantai, hingga penginapan tradisional yang unik. Jika Anda merencanakan perjalanan ke Thailand, berikut adalah beberapa pilihan akomodasi yang menarik untuk dipertimbangkan:

1. Hotel Mewah

Thailand terkenal dengan hotel-hotel mewahnya yang menawarkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Dari kawasan Bangkok yang modern hingga pulau-pulau eksotis di seluruh Thailand, Anda dapat menemukan hotel mewah dengan fasilitas lengkap dan pemandangan spektakuler. Beberapa contoh hotel mewah terkenal di Thailand termasuk Mandarin Oriental di Bangkok, Rayavadee di Krabi, dan Banyan Tree di Phuket.

2. Resort Pantai

Thailand memiliki pantai-pantai yang memesona, dan menginap di resor pantai adalah pilihan yang sempurna untuk menikmati keindahan alamnya. Anda dapat menemukan resor pantai dengan pantai pribadi, vila-vila eksklusif, dan fasilitas yang memanjakan di pulau-pulau seperti Phuket, Krabi, dan Koh Samui. Setiap resor biasanya menawarkan aktivitas seperti snorkeling, menyelam, dan berjemur di pantai. Beberapa resor pantai yang terkenal di Thailand antara lain Phi Phi Island Village Beach Resort di pulau Phi Phi dan Anantara Rasananda di pulau Koh Phangan.

3. Penginapan Tradisional

Jika Anda ingin merasakan pengalaman menginap yang unik dan autentik, Anda dapat mencoba menginap di penginapan tradisional Thailand. Beberapa contoh penginapan tradisional yang menarik termasuk rumah panggung di Chiang Mai, rumah terapung di Bangkok, atau bungalow tradisional di tengah hutan di kawasan Khao Sok. Menginap di penginapan tradisional akan memberikan Anda kesempatan untuk merasakan budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat Thailand dengan lebih dekat.

4. Hostel dan Guesthouse

Bagi Anda yang mencari akomodasi yang lebih budaya backpacker, Thailand juga memiliki banyak hostel dan guesthouse yang ramah di kantong. Hostel dan guesthouse umumnya menawarkan kamar dormitory atau kamar pribadi dengan harga terjangkau. Mereka biasanya terletak di lokasi strategis, seperti dekat dengan pusat kota atau tempat-tempat wisata populer. Beberapa hostel terkenal di Thailand termasuk Lub D Bangkok Silom di Bangkok dan Slumber Party Hostel di Koh Phangan.

Jadi, apapun preferensi dan anggaran perjalanan Anda, Thailand memiliki pilihan akomodasi yang sesuai. Segera rencanakan perjalanan ke Thailand Anda dan nikmati pengalaman menginap yang tak terlupakan!

Kuliner Thailand yang Menggugah Selera

Makanan Thailand terkenal di dunia dengan cita rasa yang khas seperti Tom Yum, Pad Thai, dan Green Curry.

Jika Anda sedang berada di Thailand, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai kuliner yang menggugah selera ini. Di setiap sudut kota, Anda akan menemukan warung makan dan restoran yang menawarkan berbagai jenis masakan Thailand yang lezat dan unik.

1. Tom Yum

Tom Yum adalah hidangan sup pedas khas Thailand yang terkenal dengan rasa asam dan pedasnya yang menyegarkan. Sup ini biasanya diisi dengan udang, ayam, atau ikan, dan bumbu-bumbunya terdiri dari cabai, serai, daun jeruk, dan rempah-rempah lainnya. Rasanya yang segar dan pedas membuat Tom Yum menjadi hidangan yang sempurna untuk menghangatkan tubuh dan menyegarkan lidah.

2. Pad Thai

Pad Thai adalah mie goreng khas Thailand yang terkenal di seluruh dunia. Mie digoreng dengan telur, kacang tanah, tauge, dan udang atau daging ayam. Rasanya yang gurih dan sedikit manis membuat Pad Thai menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang. Anda juga dapat menambahkan saus cabai atau sedikit sari jeruk nipis untuk menambah cita rasa pada hidangan ini.

3. Green Curry

Green Curry atau gulai hijau adalah hidangan kari khas Thailand yang menggunakan santan dan cabai hijau sebagai bahan utamanya. Biasanya, hidangan ini diisi dengan daging ayam atau daging sapi, serta berbagai sayuran seperti terong, labu siam, dan kacang panjang. Green Curry memiliki rasa yang kaya dan pedas yang lezat, dan cocok disantap dengan nasi hangat.

Tidak hanya itu, Thailand juga terkenal dengan berbagai hidangan pembuka yang lezat, seperti Som Tam (salad papaya), Satay (sate ayam), dan Miang Kham (daun betel dengan berbagai bahan isi). Anda juga dapat mencoba hidangan penutup tradisional Thailand seperti Mango Sticky Rice dan Banana Roti.

Bagi pecinta kuliner, menjelajahi makanan-makanan Thailand yang menggugah selera adalah pengalaman tak terlupakan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai hidangan lezat ini saat Anda sedang berada di Thailand!

Tempat Wisata Terkenal di Thailand

Thailand memiliki begitu banyak tempat wisata yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari kuil kuno hingga pantai indah, setiap sudut negara ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata terkenal di Thailand yang tidak boleh dilewatkan:

Kuil Wat Arun

Salah satu ikon terkenal di Thailand adalah Kuil Wat Arun, yang juga dikenal sebagai Kuil Fajar. Terletak di tepi Sungai Chao Phraya di Bangkok, kuil ini menonjol dengan menara menjulang yang indah. Ketika matahari terbenam, Wat Arun terlihat sangat memukau dengan kilauan dari ribuan ubin keramik yang berwarna cerah. Pengunjung dapat naik ke bagian atas menara untuk menikmati pemandangan yang spektakuler.

Pantai Phi Phi

Pantai Phi Phi merupakan surga bagi para pecinta pantai. Terletak di Kepulauan Phi Phi di Laut Andaman, pantai ini dikenal karena keindahannya yang luar biasa. Air jernih berwarna turquoise, pantai berpasir putih, dan karang yang menakjubkan menjadikan pantai ini salah satu destinasi wisata terbaik di dunia. Para pengunjung dapat snorkeling, menyelam, atau hanya bersantai di tepi pantai yang menawan.

Pattaya Floating Market

Jika Anda ingin menikmati kehidupan pasar tradisional Thailand yang unik, maka Pattaya Floating Market adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Terletak di Pattaya, pasar ini menawarkan berbagai macam barang dan makanan di atas perahu-perahu tradisional. Anda dapat berjalan-jalan melintasi aliran sungai dan berbelanja atau mencoba makanan lokal yang lezat. Pattaya Floating Market adalah pengalaman yang berbeda dari pasar biasa dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Itulah beberapa tempat wisata terkenal di Thailand yang tidak boleh dilewatkan. Dari keindahan arsitektur kuil hingga pantai yang menakjubkan dan pengalaman unik di pasar terapung, setiap tempat ini menawarkan sesuatu yang berbeda dan akan mengesankan para wisatawan. Jadi, jangan lupa untuk menyertakan tempat-tempat ini dalam itinerary perjalanan Anda ke Thailand!

Tradisi dan Budaya Thailand

Thailand kaya akan tradisi dan budaya yang unik, seperti Festival Songkran dan tarian tradisional “khon”.

Tradisi dan budaya Thailand merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut. Festival Songkran adalah salah satu tradisi yang paling terkenal di Thailand. Merayakan tahun baru Thailand, Festival Songkran dilaksanakan pada bulan April dengan menyemprotkan air satu sama lain sebagai simbol pembersihan dan rejeki yang baru. Turis dari berbagai belahan dunia mengunjungi Thailand untuk ikut serta dalam perayaan kemeriahan Festival Songkran.

Tidak hanya Festival Songkran, tarian tradisional “khon” juga menjadi bagian tak terpisahkan dari kekayaan budaya Thailand. Tarian ini merupakan tarian maskot yang menggambarkan cerita-cerita dari Ramayana, salah satu epos Hindu yang populer di Asia Tenggara. Dengan gerakan yang anggun dan kostum yang menakjubkan, tarian “khon” berhasil memukau para penonton dan memberikan pengalaman budaya yang unik bagi wisatawan yang menyaksikannya.

Tidak hanya itu, terdapat pula tradisi unik lainnya di Thailand yang patut diperhatikan oleh wisatawan yang berkunjung ke negara ini. Salah satunya adalah menghormati tempat suci seperti kuil dan patung Buddha. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha, Thailand memiliki banyak kuil dengan arsitektur yang indah dan penuh kekaguman. Para wisatawan diharapkan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan menjaga sikap yang menghormati saat mengunjungi tempat-tempat suci ini.

Budaya makanan Thailand juga merupakan aspek budaya yang menarik untuk dinikmati oleh para wisatawan. Kelezatan makanan Thailand terkenal di seluruh dunia. Rasa pedas yang khas, campuran bumbu yang lezat, serta penggunaan bahan-bahan segar menjadikan makanan Thailand selalu dinantikan oleh para pecinta kuliner. Wisatawan dapat mencoba berbagai hidangan seperti tom yum, pad thai, dan som tam yang merupakan hidangan populer di Thailand.

Selain itu, terdapat juga pasar malam yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sosial masyarakat Thailand. Para wisatawan dapat mengunjungi pasar malam yang berlokasi di berbagai kota di Thailand untuk mencicipi makanan jalanan, mencari oleh-oleh unik, dan merasakan suasana lokal yang ramai dan meriah.

Dengan adanya tradisi dan budaya Thailand yang kaya dan beragam, para wisatawan dapat merasakan pengalaman yang tak terlupakan saat berkunjung ke negara ini. Mengikuti Festival Songkran, menonton tarian tradisional “khon”, mengunjungi kuil dan menjaga sopan santun, menikmati kuliner Thailand yang lezat, serta menjelajahi pasar malam, adalah beberapa kegiatan yang dapat membuat kunjungan ke Thailand semakin berkesan dan menyenangkan.

Tips dan Trik Liburan ke Thailand

Thailand adalah salah satu tujuan liburan yang populer di Asia Tenggara. Negara ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, budaya yang kaya, dan makanan lezat. Sebelum Anda memulai petualangan Anda di Thailand, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda merencanakan perjalanan yang lancar.

Persiapan sebelum Berangkat

Sebelum berangkat ke Thailand, pastikan Anda memiliki paspor yang masih berlaku selama setidaknya enam bulan. Anda juga perlu memeriksa apakah Anda memerlukan visa untuk memasuki Thailand. Jika iya, pastikan Anda sudah mengurusnya sebelum keberangkatan.

Periksa juga vaksinasi yang diperlukan sebelum perjalanan. Beberapa vaksin seperti Hepatitis A dan Tifoid disarankan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Thailand.

Cuaca dan Musim Liburan

Sebelum Anda memesan tiket pesawat ke Thailand, ada baiknya Anda memeriksa cuaca dan musim liburan di sana. Thailand memiliki iklim tropis dengan dua musim utama, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau biasanya berlangsung antara November hingga April, sedangkan musim hujan terjadi antara Mei hingga Oktober.

Jika Anda ingin menghindari keramaian dan memperoleh harga yang lebih terjangkau, sebaiknya hindari musim liburan di Thailand seperti Tahun Baru Cina atau Songkran Festival. Cobalah untuk mengunjungi pada musim kemarau jika Anda ingin menikmati pantai dan aktivitas outdoor.

Bahasa dan Budaya

Bahasa resmi di Thailand adalah Bahasa Thai, namun sebagian besar penduduk di kota-kota wisata juga bisa berbahasa Inggris. Mempelajari beberapa frasa dasar dalam Bahasa Thai seperti “terima kasih” atau “tolong” akan sangat membantu saat berinteraksi dengan penduduk setempat.

Ingatlah bahwa Thailand adalah negara yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Saat mengunjungi kuil atau tempat-tempat suci lainnya, pastikan Anda mengenakan pakaian yang sopan dan menghormati aturan yang berlaku. Juga, hindari menginjak-injak gambar Raja atau menghina simbol-simbol keagamaan.

Transportasi dan Akomodasi

Di Thailand, transportasi umum seperti taksi, bus, dan kereta api adalah pilihan yang baik untuk berkeliling. Namun, jika Anda ingin lebih fleksibel dan menjelajahi tempat-tempat terpencil, Anda bisa menyewa sepeda motor atau mobil. Pastikan Anda memiliki SIM internasional dan mematuhi aturan lalu lintas setempat ketika berkendara.

Thailand menawarkan berbagai jenis akomodasi mulai dari hotel bintang lima hingga penginapan budget. Akan bijaksana untuk memesan akomodasi sebelumnya terutama jika Anda mengunjungi tempat-tempat populer seperti Bangkok atau Phuket.

Keamanan dan Kesehatan

Meskipun Thailand relatif aman untuk dikunjungi, tetap penting untuk menjaga keselamatan Anda. Hindari membawa banyak uang tunai dan perhatikan barang-barang berharga Anda. Waspadalah terhadap kegiatan penipuan dan jangan mudah percaya pada tawaran yang terlalu baik untuk menjadi kenyataan.

Bawa obat-obatan pribadi dan asuransi kesehatan yang mencakup perjalanan ke luar negeri. Juga, pastikan Anda menjaga kebersihan dan menghindari makanan yang tidak higienis agar terhindar dari masalah kesehatan seperti keracunan makanan.

Wisata Kuliner Thailand

Thailand terkenal dengan makanan lezatnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba hidangan khas Thailand seperti Tom Yum Goong, Pad Thai, dan Som Tam. Cobalah juga makanan jalanan yang terkenal seperti mango sticky rice atau roti pisang goreng.

Ingatlah untuk mengonsumsi air minum yang aman seperti air kemasan dan hindari es batu yang tidak jelas asalnya.

Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda akan dapat merencanakan perjalanan yang menyenangkan dan lancar ke Thailand. Nikmati keindahan negara ini dan temukan pengalaman tak terlupakan selama liburan Anda!

Ke Thailand? Ini Dia Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Saat mengunjungi Thailand, tak hanya menikmati keindahan alam dan budaya yang kaya, tapi juga ada banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kamu coba. Yuk, simak aktivitas-aktivitas menarik berikut ini!

1. Snorkeling di Pulau-Pulau Thailand

Jika kamu pecinta kegiatan bawah laut, Thailand memiliki banyak pulau-pulau yang indah dengan kehidupan laut yang menakjubkan. Kamu bisa melakukan snorkeling di pulau-pulau seperti Phuket, Pulau Similan, Koh Phi Phi, atau Koh Tao. Airnya jernih dan terumbu karangnya rupanya, membuat pengalaman snorkelingmu semakin mengesankan.

2. Belajar Memasak Thai Food

Siapa bilang mencicipi makanan Thailand hanya cukup sampai di restoran? Kamu juga bisa mencoba belajar memasak Thai Food langsung dari tempat asalnya. Ada banyak sekolah memasak yang menawarkan kelas memasak bagi turis di Bangkok dan Chiang Mai. Selain belajar resep-resep khas Thailand, kamu juga akan mendapatkan pengalaman berharga tentang bagaimana menggunakan berbagai rempah-rempah khas di masakan Thailand.

3. Jelajahi Pasar Malam

Saat malam tiba, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pasar malam di Thailand. Mulai dari makanan khas, tekstil, aksesoris, hingga aneka souvenir, semua bisa kamu temukan di pasar malam. Salah satu pasar malam yang terkenal adalah Chatuchak Market di Bangkok, yang merupakan pasar terbesar di Thailand. Jangan lupa bernegosiasi harga agar bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

4. Mendaki ke Wat Arun

Wat Arun, atau juga dikenal sebagai “Kuil Fajar”, adalah salah satu objek wisata terkenal di Bangkok. Selain keindahan arsitektur yang khas, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman seru dengan mendaki ke atas candi ini. Dari puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan panorama kota Bangkok yang memukau. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen seru ini!

5. Rafting di Sungai Mae Taeng

Bagi pecinta olahraga ekstrem, kamu bisa mencoba rafting di Sungai Mae Taeng yang terletak di Chiang Mai. Rasakan getaran adrenalin saat melewati jeram-jeram yang menantang, sambil menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Tapi, pastikan untuk menggunakan peralatan keselamatan yang memadai dan mengikuti instruksi dari pemandu rafting agar bisa menjaga keselamatanmu selama perjalanan.

6. Bermain dengan Gajah di Elephant Nature Park

Di Chiang Mai, kamu bisa merasakan pengalaman unik dengan bermain bersama gajah di Elephant Nature Park. Park ini adalah tempat perlindungan dan penyelamatan bagi gajah-gajah yang telah disiksa atau diperlakukan tidak baik sebelumnya. Kamu bisa memandikan, memberi makan, dan berinteraksi dengan gajah-gajah tersebut, sehingga kamu dapat merasakan kebahagiaan dan keakraban dengan hewan yang luar biasa ini.

7. Menyaksikan Pertunjukan Muay Thai

Salah satu aktivitas yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menyaksikan pertunjukan Muay Thai, seni bela diri khas Thailand. Kamu bisa menemukan pertunjukan ini di berbagai stadion di seluruh Thailand, seperti Lumpinee Boxing Stadium di Bangkok atau Patong Boxing Stadium di Phuket. Saksikan kehebatan para petarung Muay Thai memamerkan keterampilan mereka yang luar biasa, serta rasakan atmosfer yang seru dan penuh semangat saat pertandingan berlangsung.

Jadi, saat berlibur ke Thailand, jangan lupa mencoba aktivitas-aktivitas seru ini. Dijamin, pengalamanmu di Thailand akan menjadi lebih berkesan dan tak terlupakan!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *